3 Pakan Alami Burung Cucak Rawa yang Tepat dan Berkhasiat
Burung Cucak Rawa

3 Pakan Alami Burung Cucak Rawa yang Tepat dan Berkhasiat

Posted on

KICUIT.com – Burung cucak rawa termasuk salah satu jenis burung yang paling banyak dijadikan peliharaan. Dalam pertumbuhannya, pakan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan pemberian jenis pakan yang tepat, maka pertumbuhan cucak rawa dapat lebih maksimal dan burung bisa mengeluarkan suara-suara terbaiknya yang akan membuat anda sebagai pemilik menjadi semakin menyukai burung peliharaan anda tersebut.

Perlu diketahui bahwa secara umum burung juga membutuhkan nutrisi harian sebagaimana manusia untuk proses metabolisme tubuh dan menjaga kesehatannya secara umum. Kebutuhan nutrisi dapat dilengkapi dengan pemberian pakan yang berkualitas. Selain itu, pakan juga sebaiknya bervariasi agar cucak rawa tidak merasa bosan. Ada setidaknya 3 jenis pakan alami yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian cucak rawa. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pakan Terbaik untuk Burung Cucak Rawa

Kelabang

Jenis pakan pertama yang tepat untuk cucak rawa adalah kelabang. Mungkin beberapa orang merinding dengan hewan yang satu ini. Namun, ternyata, kelabang merupakan salah satu pakan tambahan yang sangat baik untuk burung cucak rawa terutama untuk meningkatkan performa kicauannya. Ada cukup banyak manfaat yang akan didapatkan oleh cucak rawa dengan pemberian kelabang sebagai pakannya.

Kelabang akan memberikan manfaat yang tepat untuk cucak rawa seperti mengatasi masalah suara yang akan menurunkan performa dari cucak rawa ketika anda menggunakannya dalam lomba. Selain itu, kelabang juga bisa digunakan sebagai tambahan untuk cucak rawa yang kurang berahi. Untuk menjadikan kelabang sebagai pakan dari burung cucak rawa, anda bisa mencari kelabang yang masih muda dan memotongnya. Hindari pemberian bagian kepala dan ekor karena beracun.

Cacing Tanah

Jenis pakan kedua yang cocok untuk cucak rawa adalah cacing tanah. Cacing tanah memang sudah lama dijadikan pakan tambahan terbaik untuk burung ini. Hal ini dikarenakan cacing memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga nutrisi harian dari cucak rawa akan terpenuhi dengan baik. Dengan manfaatnya tersebut, tidak salah jika anda memberikan cacing sebagai pakan tambahan cucak rawa dengan teratur.

Sebelum menjadikan cacing sebagai pakan tambahan dari cucak rawa, tentu saja cacing harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara membilasnya menggunakan air. Dalam hal ini, jangan memberikan cacing yang sudah mati atau berbau karena akan menyebabkan masalah pada pencernaan cucak rawa. Pemberian secara teratur akan mampu merangsang cucak rawa untuk memiliki suara yang lebih bagus.

Pepaya

Pepaya dapat juga diberikan sebagai salah satu pakan terbaik untuk burung cucak rawa. Buah yang satu ini memang menjadi salah satu buah yang cukup sering dijadikan komoditas pakan cucak rawa. Pemilihan pepaya sebagai pakan cucak rawa tentu saja cukup beralasan. Hal ini dikarenakan pepaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C tersebut dapat menjadi penguat daya tahan tubuh sehingga burung tidak mudah terinfeksi.

Pemberian pepaya bisa dilakukan disela pemberian cacing ataupun kelabang. Dalam hal ini, pepaya yang dijadikan pakan cucak rawa sebaiknya pepaya yang sudah matang dengan sempurna. Hal ini cukup beralasan karena cucak rawa akan lebih mudah untuk melakukan pencernaan dengan buah yang sudah matang.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa jenis pakan tambahan yang cukup tepat diberikan untuk burung cucak rawa. Dalam hal ini, pakan utama yang diberikan sebaiknya tetap voer. Selain itu, pemberian pakan tambahan harus secara teratur agar manfaat yang akan didapatkan cucak rawa menjadi lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *