Janis Burung Ciblek
Burung Ciblek

7 Jenis Burung Ciblek Yang Bisa Kita Pelihara

Posted on

KICUIT.com – Burung ciblek biasanya punya suara yang rapat. Banyak orang menyebut suaranya dengan suara tembakan atau ngebren sehingga dengan suara uniknya ini maka ia pun seringkali dijadikan dalam ajang lomba ataupun pemasateran. Untuk jenisnya, ada kurang lebih 7 Jenis Burung Ciblek yang bisa kita pilih untuk dipelihara.

Sebagian besar orang suka memelihara ciblek gunung karena suara khas ciblek yang seperti suara tembakan dimilikinya. Suara ini digunakan sebagai pemasteran maksudnya yaitu digunakan untuk memancing suara burung lain dengan didekatkan. Biasanya hal ini dilakukan saat burung lainnya mogok berbunyi.

Perlu diketahui bawah suara burung ciblek ini bisa digunakan sebagai pemancing bunyi atau audio terapi. Sebenarnya nama asli burung ciblek yaitu bukan nama asli. Ini hanya nama yang sering digunakan kebanyakan orang. Nama asli burung ini adalah perenjak dari genus Prinia. Burung ciblek atau perenjak ini memang sangat luas sekali persebarannya di Indonesia maupun di dunia. Karena itulah jenisnya beragam termasuk beberapa diantaranya jenis-jenis 7 Jenis Burung Ciblek.

Tentunya dari berbagai jenis burung ciblek ini memiliki jenis bahkan suara yang berbeda-beda. Namun tetap saja dari burung Ciblek ini banyak yang mencarinya karena bisa dijadikan burung untuk memancing burung lain agar berbunyi. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis burung ciblek ini, simak ulasan sebagai berikut.

Jenis-jenis Burung Ciblek Yang Bisa Dipelihara

Ciblek Sawah / Perenjak Klik Klik

Untuk jenis ciblek yang pertama adalah ciblek sawah atau disebut juga perenjak klik klik. Ciblek ini dinamakan ciblek sawah karena banyak ditemukan di areal persawahan. Disebut klik-klik juga kadang-kadang karena bunyinya yang terdengar seperti klik klik yang menjadi ciri khasnya.

Ciblek Kebun

Jenis burung ciblek berikutnya yaitu ciblek kebun. Untuk ciblek kebun ini punya kepala dengan warna orange yang khas. Selain itu pada bagian sayapnya, ia memiliki warna hijau muda. Burung ciblek kebun ini memiliki satu mitor yaitu jika burung ini berkiacu di di depan rumah, maka konon merupakan tanda rumah tersebut akan kedatangan tamu.

Ciblek Gunung

Salah satu jenis ciblek dari 7 Jenis Burung Ciblek yaitu cibek gunung. Dinamakan demikian karena memang habitatnya ada di gunung alias daerah pegunungan.

Ciblek Alang Alang

Jenis burung ciblek berikutnya yaitu ciblek alang-alang. Burung ciblek yang satu ini bentuknya hampir sama dengan ciblek gunung namun postur tubuh ciblek alang-alang lebih kecil dari ciblek gunung.

Ciblek Atas / Ciblek Abu

Jenis burung ciblek yang berikutnya yaitu ciblek atas atau ciblek abu. Untuk jenis ciblek yang satu ini memiliki ciri khas yaitu suara yang sangat nyaring. Ciri khas berikutnya yaitu memiliki warna abu-abu pada bulu bagian dada sehingga terkadang disebut dengan nama ciblek abu.

Ciblek Putih / Ciblek Jawa

Untuk jenis burung ciblek berikutnya dari 7 Burung Ciblek yaitu ciblek jawa atau ciblek putih. Burung ciblek yang satu ini memiliki dada abu-abu dan bagian atas abu-abu serta sayap berwarna  putih yang khas sekali.

Ciblek Coklat / Ciblek Tebu

Jenis burung ciblek yang terakhir adalah burung ciblek cokelat atau burung ciblek tebu. Untuk jenis burung ciblek yang satu ini punya ciri khas yaitu memiliki warna putih kekuningan pada bagian dada.

Demikian beberapa Jenis Burung Ciblek yang bisa menjadi pilihan bagi yang ingin memeliharanya. Burung ini kebanyakan makan belalang atau ulat serta aneka serangga kecil lainnya yang biasanya ada di semak, daun, atau ranting dan pohon. Dalam beraktivitas, burung ciblek ini juga suka bergerombol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *