Awas! Penularan Penyakit Flu Pada Kucing
Awas! Penularan Penyakit Flu Pada Kucing

Awas! Penularan Penyakit Flu Pada Kucing

Posted on

KICUIT.com – Flu pada kucing, penyakit yang satu ini disebabkan oleh virus yang seringkali menyerang kucing, kucing yang belum diberi vaksin mudah sekali terserang dan juga menularkan virus pada kucing yang lainnya.

Pada kucing dewasa, penyakit flu ini jarang menyebabkan kematian, tapi pada anak kucing atau pun kitten, penyakit yang satu ini akan berakibat fatal. Meskipun tidak berakibat fatal ada kucing dewasa, tetapu penyakit flu pada kucing bisa berlangsung lama dengan adanya gejala penyakit seperti pilek dan juga bersin-bersin.

Sehingga hal yang seperti ini bisa membuat lemah daya tahan kucing itu sendiri. Oleh sebab itulah tindakan terbaik adalah melakukan vaksinasi secara rutin untuk mencegah penyakit flu pada kucing. Flu pada kucing ini adalah suatu penyakit yang menyerang pada kucing yang disebabkan oleh adanya infeksi satu atau pun kombinasi dari beberapa virus, seperti virus feline herpes virus atau pun feline calicivirus.

Bahkan bukan itu saja, penyebab lain dari penyakit flu pada kucing ini juga dikarenakan terserangnya bakteri yakni bakteri bordetella bronchiseptica.Awas! Penularan Penyakit Flu Pada Kucing

Lantas, Bagamana Cara Penularan Penyakit Flu Pada Kucing?

Sama halnya seperti penyakit flu yang terjadi pada manusia, flu pada kucing ini juga bisa menyebar melalui air liur, cairan bersin, atau pun droplet yang mengandung virus. Penularan dari penyakit flu pada kucing ini dapat dengan kontak secara langsung atau pun tidak langsung, melalui peralatan kucing, seperti tempat makanan, minuman, kandang, yang sudah tercemar oleh virus.

Buruknya lagi… manusia pun juga bisa menjadi carrier atau pun pembawa penyakit, oleh sebab itu  untuk mencegah penularan flu pada kucing yang lain, silakan cuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik setelah memegang kucing sakit, supaya tidak menulari flu pada kucing yang lain.

Inkubasi penyakit yang satu ini bisa mencapai 3 minggu lamanya, yang artinya sejak virus tersebut menyerang pada kucing, kucing dapat saja tidak menunjukkan gejala sakit flu hingga 3 minggu, dan walaupun kucing tidak terlihat sakit, tapi kucing dapat menularkan virus kepada kucing lainnya.

Ini Tanda-Tanda Kucing Terserang Flu

Pada beberapa kasus, salah satu penyakit flu pada kucing ini bisa disebabkan oleh semacam sariawan pada mulut yang menyebabkan kucing kesakitan saat makan. Tapi, gejala flu pada kucing ini, umumnya mirip sekali seperti gejala flu pada manusia, seperti :

  • Diawali dengan bersin-bersin yang berkelanjutan,
  • Batuk-batuk,
  • Mata berwarna merah dan berair,
  • Demam,
  • Nafsu makan yang berkurang bahkan dapat hilang sama sekali,
  • Lemah dan lesu.

Tanda-tanda dari penyakit flu pada kucing ini, umumnya mulai berkurang setelah 1 minggu dan akan kembali lagi ke kondisi semula dalam 2 hingga 3 minggu.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda tentang penularan penyakit flu pada kucing di atas, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *