Bulu Kucing Rontok ? Ketahui Penyebabnya Di Sini
Bulu Kucing Yang Bagus

Bulu Kucing Rontok ? Ketahui Penyebabnya Di Sini

Posted on

KICUIT.com – Bulu kucing rontok memang seringkali membuat kita khawatir, bagaiman jika hal yang seperti ini terjadi pada kucing kesayangan kita? Pastinya sangat memprihatinkan, bukan?

Lantas, apa sih yang menjadi penyebab bulu kucing rontoh secara keseluruhan atau pun bulu rontoh hanya pada bagian-bagian tertentu saja, d bawah ini akan kami perjelas secara lebih detailnya tentang penyebab bulu kucing rontok.

Bulu kucing yang rontok ini bisa disebut dengan alopesia atu pun lepasnya bulu dari kulit yang terjadi secara berlebihan, alopesia ini adalah sebuah gejala dan bukanlah sebuah penyakit.

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab bulu kucing rontok, salah satunya bisa dikarenakan oleh gejala suatu penyakit, atau pun bisa dikarenakan ketidak seimbangannya hormon tiroid dan juga hormon yang lainnya, bahkan bisa juga dikarenakan oleh parasit.

Penyebab Bulu Kucing Mengalami Kerontokan

Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab dari kerontokan bulu kucing ini akan kami informasikan selengkapnya untuk Anda, diantaranya : terjadinya alergi yang dikarenakan oleh infeksi kulit yang disebabkan kutu flea, alergi saat menghirup asap rokok, alergi makanan kucing, stres, efek samping dari obat-obatan, infeksi jamur ringworm, terlalu lamanya berjemur juga bisa mengakibatkan bulu kucing mengalami kerontokan, ear mites, demodicosis atau pun demodectic mange yang disebabkan oleh tungau, dan notoedric mange.

Bahkan bukan itu saja, penyebab lain dari rontoknya bulu kucing ini seperti adanya pyderma yakni suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pyogenic, hipertiroid atau pun kelebihan hormon tiroid, hipotiroid, siklus pergantian bulu kucing, dan masih ada banyak lagi penyebab bulu kuving rontok yang lainnya.

Bulu Kucing Rontok ? Ketahui Penyebabnya Di Sini
Bulu Kucing Rontok Bukan Penyakit?

Bulu Kucing Rontok Bukan Penyakit?

Bulu kucing yang rontok adalah suatu gejala bukan penyakit, jika sudah diketahui apa penyebabnya akan lebih memfokuskan dalam penanganannya, lantas bagaimanakah cara untuk mendiagnosa penyebab bulu kucing rontok tersebut?

Diagnosa dapat dimulai dengan cara dilakukannya pemeriksaan secara langsung pada bulu kucing, apakah terdapat kutu, jamur, atau pun parasit lainnya yang dapat terlihat oleh mata, tetapi jika tidak terlihat apa penyebabnya, ada baiknya Anda konsultasikan ke dokter hewan untuk diagnosa lebih lanjut apa yang menjadi penyebab bulu kucing mengalami kerontokan.

Atau jika memang Anda khawatir akan terjadinya kerontokan pada bulu kucing kesayangan Anda, bisa melakukan pencegahan dari sekarang sebelum bulu kucing kesayangan Anda mengalami kerontokan, yakni dengan cara memberikan asupan vitamin bulu kucing yang sudah tersedia di toko-toko yang menjual makanan kucing.

Nah, itulah tadi beberapa ulasan yang dapat kami informasikan kepada Anda semuanya, tentang penyebab bulu kucing rontok yang harus Anda ketahui, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *