5 Cara Mudah Perawatan Burung Parkit Australia atau Cockatiel
Burung Parkit Australia

5 Cara Mudah Perawatan Burung Parkit Australia atau Cockatiel

Posted on

KICUIT.com – Burung parkit australia atau yang sering disebut dengan burung cockatiel adalah salah satu jenis burung yang termasuk dalam jenis paruh bengkok dengan fisik yang begitu indah. Bukan hanya karena suara dan bulu burung nya yang unik, namun burung ini punya keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis burung parkit yang lainnya.

Sebenarnya ini bukan burung yang berasal dari Indonesia. Tapi burung ini berasal dari Australia, Amerika dan juga Belanda. Nama asli dari burung ini sebenarnya adalah Budgerigar yang mempunyai makna enak dimakan. Burung parkit Australia ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu mudah dijinakkan dan dilatih. Seperti yang kita tahu bahwa parkit australia mempunyai warna-warni yang cantik. Ada beberapa warna dominan yang sering dimiliki yaitu warna biru kuning dan juga abu-abu.

Cara Merawat Burung Parkit Australia

Parkit australia juga sering disebut sebagai burung kakak tua mini. Memang burung ini mempunyai paruh bengkok dan jambul seperti burung kakak tua. Saat hidup di habitat liar, warna burung yang umum ditemui adalah abu-abu. Burung ini memiliki ukuran tubuh 12-14 inci. Burung ini memerlukan interaksi sosial, oleh sebab itu jika anda memelihara 1 ekor burung saja maka dia akan mudah dekat dengan pemiliknya. Namun bila pemilik burung jarang di rumah sebaiknya diberikan seekor teman supaya burung tidak kesepian.

Di bawah ini merupakan cara perawatan harian untuk jenis burung parkit australia. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan rutin supaya burung anda bisa semakin indah tampilannya dan semakin jinak berada dibawah peliharaan anda.

Burung Parkit Australia
Burung Parkit Australia

1. Pemberian makanan yang cukup

Dalam perawatan burung jenis parkit australia, anda harus memberikan asupan makanan dan minuman yang cukup. Dengan demikian, tidak ada sisa makanan yang berada di wadahnya dan akhirnya menjadi basi. Efek makanan yang basi dapat menyebabkan berbagai macam penularan penyakit yang ada pada sisa makanan basi tersebut.

2. Menjaga kebersihan kandang burung parkit

Saat memelihara parkit australia anda harus selalu membersihkan sangkarnya. Mulai dari kotorannya, tempat makan, serta tempat minumnya. Semuanya yang ada di dalam sangkar penting sekali untuk dibersihkan supaya tidak mengganggu kesehatan burung. Karena jika kandang tidak dibersihkan, burung akan mudah sakit dan akhirnya burung bahkan bisa mati.

3. Lakukan aktivitas pemandian

Tujuan dari dilakukannya pemandian adalah supaya menyegarkan tubuh burung agar lebih sehat. Pemandian burung ini bisa anda lakukan setiap 2 hari sekali. Parkit australia yang selesai dimandikan tubuhnya bisa lebih segar dan lebih aktif dalam bergerak. Sehingga burung tidak malas-malasan untuk mengeluarkan kicauan merdu nya. Proses dalam memandikan burung sebaiknya selalu melihat kondisi burung terlebih dahulu. Sebab bila cuaca mendung dan terjadi hujan, maka sebaiknya tidak dimandikan karena itu tidak akan baik bagi kondisi burung.

4. Jemur burung di pagi hari

Setelah anda selesai memandikan burung parkit, anda bisa melakukan perawatan selanjutnya yaitu menjemur parkit australia yang baru selesai dimandikan. Tempat penjemuran dapat dilakukan di tempat yang terdapat sedikit sinar matahari dan angin yang sejuk. Sehingga tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

5. Lakukan pemasteran

Untuk proses perawatan yang terakhir, anda harus melakukan pemasteran burung parkit australia yang anda miliki. Aktivitas seperti ini bisa membantu burung untuk jadi burung yang lebih berkualitas dalam mengeluarkan suara burung atau kicauan yang bervariasi. Waktu yang baik untuk pemasteran dapat dilakukan pada waktu sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *