Burung Cucak Ijo
Burung Cucak Ijo

Cara Beternak Burung Cucak Ijo yang Praktis dan Mudah

Posted on

KICUIT.com – Burung cucak ijo merupakan salah satu burung yang sangat digemari oleh para pecinta burung. Burung cucak ijo memiliki bulu berwarna hijau serta memiliki kicauan yang sangat merdu. Hal inilah yang membuat burung cucak ijo ini sangat digemari oleh banyak orang. Cucak ijo juga memiliki nilai jual yang lumayan tinggi sehingga banyak orang yang mencoba untuk berbisnis ternak burung cucak ijo ini.

Cara Beternak Burung Cucak Ijo yang Praktis dan Mudah

Bagi anda yag ingin memcoba beternak burung cucak ijo, dibawah ini akan kami sajikan untuk anda cara beternak burung cucak ijo yang praktis dan mudah. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga :
Cara Mudah Budidaya Burung Ciblek Bagi Pemula
Tips Memilih Jenis Pakan Untuk Ikan Lele

Memilih indukan cucak ijo

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam memulai beternak cucak ijo adalah memilih indukan. Untuk indaukan cucak ijo memiliki kualitas yang bagus, agar anakan yang dihasilkan nanti akan memuaskan dan bisa mendatagkan keuntungan yang lebih besar. Usia cucak ijo yang ideal untuk bisa dikawinkan adalah indukan jantan sudah berumur 2 tahun dan indukan betina berumur 1 tahun. Selai itu, indukan harus sehat dan tidak cacar. Khusus untuk induka jantan, anda bisa memilih yang rajin gacor.

Perjodohan cucak ijo

Untuk proses perjodohan, anda bisa meletakkan kedua burung pada kandang yang berbeda, namun saling berdekatan. Hal ini dilakukan agar kedua indukan bisa saling mengenal. Ketika sudah berjodoh, anda bisa meletakkan kedua indukan tersebut pada satu kandang. Untuk mengetahui kedau indukan berjodoh atau tidak, biasanya indukan jantan akan sering berkicau, sedangkan induka betina akan meresponnya. Jika demikian, berarti kedau indukan bisa dikatakan berjodoh.

Kandang cucak ijo

Untuk kandang cucak ijo ini, anda bisa menggunakan yang agak luas agar kedua indukan lebih nyaman saat tinggal di kandang tersebut. kandang yang ideal untuk cucak ijo memiliki tinggi sekitar 2,5 meter, sedangkan untuk lebar sekitar 3 meter. Didalam kandang, harus tersedia tampat makan dan minum, tempat mandi burung, tangkringan, serta sarang.

Proses pengeraman dan penetasan

Setelah proses perjodohan, biasanya indukan betina aka mulai bertelur. Setelah itu, indukan betina akan mengerami telurnya tersebut. Untuk proses pengeraman ini biasanya akan berlangsung sekitar 2 minggu. Seelah menetas sebaiknya anda jangan langsung mengambilnya, biarkan dulu indukan betina merawanya hingga anakan berusaia 10 sampai 12 hari. Baru setelah lebih dari masa tersebut, anda bisa memisahkannya dari indukan.

Itulah tadi Cara Mudah Beternak Burung Cucak Ijo yang bisa anda coba seniri dirumah, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *