Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan dan Betina
Cucak Ijo

Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan dan Betina

Posted on

KICUIT.com – Burung Cucak Ijo memang cukup digemari untuk dipelihara. Untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina dari burung ini mudah jika sudah dewasa, bahkan meski yang melihat pemula dalam bidang pemeliharaan burung. Hal ini dikarenakan burung yang sudah dewasa lebih memiliki perbedaan yang cukup jelas antara betina dan jantan ini.

Untuk Cucak ijo jantan dewasa biasanya memiliki warna hitam pada bagian muka sampai leher bagian depan yang juga sering dinamakan topeng atau nopeng. Dan untuk Cucak Ijo betina tidak memilikinya. Sayangnya hal ini tidak berlaku untuk Cucak ijo yang masih muda atau yang disebut trotolan. Untuk pemula, membedakan jenis kelamin burung satu ini cukup sulit.

Namun meski demikian untuk membedakan jantan atau betina dari Burung Cucak Ijo muda atau trotolan ini ada beberapa hal yang bisa diperhatikan secara seksama. Dengan demikian saat membeli burung ini tidak akan salah jenis kelamin. Hal ini dikarenakan mental burung, tipe suara, hingga berbagai jenis kontes atau lomba burung jantan dan betina berbeda.

Untuk mendapatkan suara burung Cucak Ijo yang indah, maka yang harus dipilih adalah burung dengan jenis kelamin jantan. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antan dan betina, simak ulasan berikut.

Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan dan Betina

Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Pupil Mata

Cara membedakan Burung Cucak Ijo jantan dan betina, hal yang pertama kita lakukan adalah dengan melihat matanya. Asal memperhatikan dengan cermat, pada mata burung ini ada sebuah lingkaran gelap di bola mata burung.

Hal ini merupakan salah satu hal yang bisa digunakan untuk membedakan jenis kelamin burung ini. Untuk cucak Ijo betina, pupil miliknya kebanyakan warnanya adalah hitam kecokelatan. Untuk cucak ijo jantan warna pupilnya hitam jernih.

Lingkar Mata

Hal kedua yang bisa digunakan untuk membedakan Burung Cucak Ijo adalah lingkar mata. Hal ini biasanya jelas bedanya jika usia burung satu ini sudah cukup dewasa atau tua. Untuk Burung Cucak Ijo jantan biasanya punya lingkar mata berwarna kuning tegas, sedangkan yang betinanya biasanya memiliki lingkar mata yang tampak berwarna putih.

Paruh Bawah

Hal berikutnya yang bisa membedakan burung cucak ijo jantan dan betina yaitu paruh bagian bawahnya. Untuk cucak ijo betina, paruh bagian bawahnya biasanya berwarna putih bersih. Sedangkan untuk Cucak Ijo Jantan paruh bawahnya akan memiliki warna cokelat gelap.

Leher

Hal keempat yang bisa digunakan untuk membedakan cucak ijo jantan dan betina yaitu warna leher. Untuk bisa membedakan jenis kelamin berdasarkan leher, ini hanya bisa dilakukan sejak burung memasuki usia 4 hingga 6 bulan. Untuk cucak ijo betina, warna lehernya awalnya memang terlihat kuning tetapi kemudian akan berubah perlahan menjadi putih atau kehijauan.

Sedangkan untuk cucak ijo dengan jenis kelamin jantan, maka lehernya akan terlihat kuning awalnya seperti betina, namun perubahannya justru menjadi hitam secara perlahan, bukan putih atau kehijauan.

Tulang Supit / Supit Urang

Hal berikutnya yang bisa membedakan Cucak Ijo jantan atau betina adalah tulang supit atau disebut juga supit urang. Untuk burung yang berjenis kelamin jantan biasanya punya tulang supit yang keras dan kaku. Lalu untuk yang betina bisanya punya tulang supit yang sedikit agak lentur. Selain itu pada betina juga tulang supitnya seperti bergeser ke kiri atau ke kanan.

Sisik Kaki

Hal terakhir yang bisa membedakan Burung Cucak Ijo jantan dan betina yaitu sisik kaki. Hal ini bisa dilihat karena burung yang sudah remaja akan memiliki kaki yang bersisik. Untuk Cucak Ijo jantan memiliki trotol atau bintik hitam, lalu untuk yang betina jika sudah memiliki sisik, maka ia tak akan punya bintik hitam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *