Cara Memelihara Musang Pandan Agar Jinak
Cara Memelihara Musang Pandan Agar Jinak

Cara Memelihara Musang Pandan Agar Jinak

Posted on

KICUIT.com – Cara Memelihara musang pandan memang tidaklah terlalu sulit alias mudah. Musang pandan adalah salah satu binatang pemakan segala jenis dari buah-buahan, meskipun musang pandan juga doyan makan daging-dagingan. Cara memelihara musang luwak. Musang pandan atau luwak adalah jenis musang yang mudah ditemukan, karena populasinya yang masih bagus dan bisa hidup berdampingan bersama dengan manusia dibandingkan dari atau dengan jenis musang lainnya.

Cara memelihara musang pandan bisa di katakan hampir sama dengan Cara memelihara musang bulan dan Cara memelihara musang akar. Ketiganya sama-sama pemakan buah-buahan sehingga membuat kotoran musang tidak bau seperti kotoran binatang lainnya seperti kucing. Memelihara musang pandan membutuhkan ketelatenan, waktu luang dan keberanian. Ada 4 hal penting dalam memelihara musang pandan, seperti dibawah ini.

Cara Memelihara Musang Pandan Agar Jinak.

Cara menjinakkan musang galak bisa anda lihat di artikel sebelumnya – Baca : Cara Menjinakkan Musang Dengan Cara Yang Benar Dan Efektif
Atau Baca Artikel tentang Musang Lainnya: Ciri-Ciri Musang Jinak Total

Ada 4 hal penting yang harus diperhatikan dalam memelihara musang pandan, diantaranya.

1. Makanan Musang Pandan

Berikan musang pakan buah-buahan, karena memang makanan utama musang pandan adalah buah-buahan seperti pisang, pepaya dll, beri makan musang 2 kali sehari pagi dan sore hari. Berikan juga musang makanan tambahan sebagai sumber protein, seperti daging ayam rebus, ikan rebus atau telor rebus. Berikan minimal 1 minggu sekali. Sediakan air minum untuk musang, bisa air putih biasa ataupun air susu.

2. Memandikan Musang Pandan

Mandikan musang setiap 2 hari sampai 1 minggu sekali. Agar musang tetap bersih ketika diajak main dan terhindar dari penyakit musang, seperti kutuan. Semakin sering musang dimandikan akan membuat musang semakin jinak.

3. Kebersihan Kandang Musang Pandan

Bersihkan kandang musang pandan dari kotoran musang setiap hari. Agar musang terhindar dan penyakit, cuci kandang musang minimal 1 minggu sekali.

4. Mengajak Musang Pandan Bermain

Ajak main musang peliharaan anda setiap hari, minimal 15 menit perhari untuk mensosialisasikan dan mengajak main musang, baik itu didalam rumah maupun diluar rumah. Jika musang pandan peliharaan anda dicuekkan begitu saja dan tidak pernak diajak main, kemungkinan besar sifat musang akan kembali seperti semula yaitu buas dan galak.

Cara Memelihara Musang Pandan Umur 2 Bulan

Musang pandan umur 2 bulan, kalau saya biasa menyebutnya adalah bahan atau cikalbakal musang jinak. Memelihara musang pandan umur 2 bulan sangatlah mudah, cara memelihara musang pandan umur 2 bulan hampir sama dengan Cara Memelihara Musang Pandan Agar Jinak diatas.

  1. Beri pakan anakan musang pandan umur 2 bulan dengan buah-buahan seperti pisang atau pepaya yang dipotong potong kecil, untuk mempermudah musang memakannya. Anda juga bisa mencampurkannya dengan potongan buah-buahan kedalam bubur bayi tersebut. Tambahkan juga vitamin scott emulsion kedalam makanannya, agar musang tumbuh sehat. Sediakan air minum, bisa air putih biasa ataupun air susu.
  2. Mandikan musang 1 minggu sekali. Kemudian jemur lah musang di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, cukup 15 menit saja. setelah bulu musang kering, bisa dikasihkan bedak bayi ke bulu musang tujuannya untuk mencegah iritasi pada kulit musang dan juga kutuan yang menyebabkan rontoknya bulu musang.
  3. Ajak main musang umur 2 bulan setiap hari, baik didalam rumah maupun diluar rumah. Biasakan musang ditempatkan yang ramai. Dan susui musang menggunakan air susu yang ditaruh di dot bayi atau botol cuka tujuannya untuk membuat musang jinak dan bonding kepada pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *