Memilih Bakalan Burung Lovebird
Memilih Bakalan Burung Lovebird

Cara Memilih Bakalan Burung Lovebird yang Bagus

Posted on

KICUIT.com – Burung lovebird merupakan burung yang berasal dari Afrika. Burung ini bisa berkicau dalam durasi yang cukup panjang, yakni bisa mencapai tiga menit. Kicauan burung lovebird biasanya disebut dengan ngekek. Selain kicauannya yang panjang lovebird juga memiliki bentuk tubuh dan bulu yang indah, sehingga banyak para pecinta burung yang mencarinya.

Tingkah laku burung ini juga tergolong unik, seperti cara berjalannya yang berbeda dari jenis burung lainnya. Disebut dengan lovebird karena kesetiaannya pada pasangan, dalam hidupnya lovebird hanya memiliki satu pasangan saja dan tidak mau mencari pasangan lain. Bagi Anda yang hendak memelihara lovebird dan akan mencari bakalannya maka bisa memperhatikan hal-hal dibawah ini.

Cara Memilih Bakalan Burung Lovebird yang Bagus

Perhatikan Bentuk Paruhnya

Dalam memilih bakalan atau paud dari burung lovebird sebaiknya pilih yang memiliki paruh kokoh, kuat, tebal, besar, dan ukurannya agak panjang. Pilihlah burung lovebird yang memiliki pangkal paruh lebar dan tidak terlalu tipis agar terlihat lebih panjang dan kokoh. Dengan memiliki paruh yang kuat akan membuat burung lovebird terlihat lebih sehat dan perkasa.

Bentuk Kepala Lovebird

Anda juga harus memilih bakalan burung lovebird yang memiliki ukuran kepala besar. Ukuran kepala yang besar pada lovebird menandakan bahwa burung tersebut memiliki mental yang lebih baik. Lovebird dengan kepala yang besar akan sangat baik diikutsertakan dalam perlombaan burung.

Bentuk Leher

Bakalan burung lovebird yang bagus memiliki bentuk leher yang panjang namun berisi. Dengan leher yang panjang dan berisi akan membuat burung tersebut bisa menghasilkan suara dengan power yang bagus. Saat diadukan dengan burung lainnya lovebird tersebut bisa mengeluarkan suara yang lebih panjang.

Lovebird Muka Merah

Bentuk Tubuh

Saat mencari bakalan burung lovebird perhatikan juga bentuk tubuhnya. Burung lovebird yang bagus memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu gemuk namun sedang. Selain bentuk tubuh, Anda juga harus memperhatikan bentuk kakinya. Lovebird dengan bentuk kaki yang mencengkeram kuat menandakan bahwa burung tersebut kuat dan dalam kondisi yang sehat. Batang kakinya juga tidak cacat dan mulus.

Untuk bulunya juga harus diperhatikan dengan baik. Bakalan burung lovebird yang bagus memiliki sayap dan bulu ekor yang mengapit rapat. Jika bulu ekor dan sayapnya mekar berarti lovebird tersebut kurang baik atau kondisinya tidak begitu sehat.

Bola Mata

Bakalan burung lovebird yang bagus juga memiliki bola mata yang besar dan cerah. Bola mata yang cerah dari burung ini bisa dilihat dari cahaya matanya yang masih bersih. Sorot mata lovebird juga tidak berair, tajam serta tidak memiliki belek. Burung dengan bola mata besar dan cerah akan menguntungkan karena memiliki prospek yang bagus dan maju untuk kedepannya.

Perhatikan Nafsu Makan

Dalam memilih bakalan burung lovebird Anda juga bisa memperhatikan nafsu makan yang dimiliki. Untuk memilih bakalan lovebird yang bagus Anda harus memilih bakalan dengan nafsu makan yang tinggi. Selain nafsu makan yang tinggi juga harus diimbangi dengan keagresifannya yang lincah. Burung dengan nafsu makan tinggi dan lincah merupakan ciri burung dengan mental baik.

Trah Burung

Trah juga merupakan hal yang penting dalam memilih bakalan burung lovebird yang bagus. Trah burung atau biasa disebut darah burung memiliki kaitan yang penting. Seekor indukan burung lovebird yang bagus maka kemungkinan 50% akan menurun ke anaknya. Dalam memilih bakalan burung lovebird yang bagus Anda harus memilih induk yang memiliki kicauan panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *