Cara Menjinakan Kacer
Kacer

Langkah Mudah Cara Menjinakan Kacer Bagi Pemula

Posted on

KICUIT.com – Kebanyakan burung kacer yang senang berkicau adalah burung kacer yang jinak. Jika burung kacer masih giras dan grabakan bila didekati itu artinya burung masih liar. Burung kacer liar hanya berkicau di tempat yang sepi sebab terbiasa berkicau di hutan oleh sebab itu, bila anda membawanya ke rumah pasti akan tidak mau berkicau dengan merdu. Lalu bagaimana cara menjinakan kacer bagi pemula?

Banyak yang menanyakan apakah ada cara menjinakan kacer dalam waktu singkat. Sebenarnya singkat atau tidaknya membuat burung kacer menjadi jinak, tergantung dari cara melatih dan merawat burung. Bila anda memberikan pelatihan dan perawatan secara rutin, tentunya burung kacer yang tadinya giras bisa menjadi jinak dalam waktu yang singkat.

Begini Cara Menjinakan Kacer

Beberapa hal yang direkomendasikan dalam cara untuk menjinakan burung kacer yang baru akan kami sampaikan secara lengkap di bawah ini:

Biarkan burung kelaparan sementara

Anda bisa melatih burung dengan cara membuatnya lapar. Langkah ini terbilang sadis dan menyedihkan. Tapi dengan membiarkan burung kacer merasa lapar, burung bisa jinak dengan kita. Langkah ini sudah banyak dilakukan dan sering menjadi salah satu jurus andalan dalam proses penjinakan burung kacer yang baru. Burung yang didapat dari tangkapan dari hutan akan lebih efektif. Pelatihan ini dilakukan bersama proses penjemuran.

Pelatihan mandi

Dalam pelatihan ini juga bisa membantu mempermudah anda menjinakkan burung kacer. Terapi mandi banyak dilakukan pada burung yang telah beradaptasi minimal 3 hari. Hal ini dilakukan dengan cara memandikan burung kacer sampai basah kuyup. Bila anda ingin memandikan burung sampai basah, bisa dilakukan di keramba mandi.

Bila burung menolak, maka bisa dilakukan menggunakan semprotan. Saat burung basah kuyup, kita dapat mengelus-elus punggung dan dadanya. Mungkin burung awalnya akan takut, tapi selanjutnya burung akan merasakan kasih sayang dari anda.

Melatih makan dengan lidi

Cara untuk menjinakan kacer yang grabagan yakni dengan memakai lidi. Cara ini bisa dilakukan setelah anda melakukan terapi mandi. Biasanya anda bisa melakukan pelatihan dengan memakai lidi. Ini bisa dilakukan saat burung merasa lapar. Burung yang tidak mau diberi makan langsung dari tangan bisa memakai lidi. Seperti ditancapkan pada ujung-ujung lidi. Burung akan langsung menyantapnya.

Selanjutnya kita bisa memotong lidi perlahan sampai lidi dengan tangan. Ketika sudah dekat, anda bisa memberi makan langsung dengan tangan.

Melatih burung di keramaian

Burung bisa langsung dilatih pada tempat yang ramai. Anda harus membiasakan supaya burung tidak merasa kaget saat berada dalam kondisi yang ramai. Mulanya mungkin burung akan merasa gelisah serta terbang tidak jelas dalam kandang. Proses adaptasi bisa dilakukan secara bertahap mulai dari depan rumah, lalu ke tempat yang lebih ramai seperti taman dan lain sebagainya.

Bermain dengan tangan

Pemilik burung kacer bisa melakukan hal ini ketika keadaan burung masih basah kuyup. Ini sering dilakukan setelah burung kacer dimandikan. Burung yang kesulitan terbang bisa sesekali dikeluarkan dari sangkar. Kemudian anda bisa melakukan pembiasaan kepada burung supaya bisa jinak dengan total. Hal ini bisa melatih naluri burung sehingga ia akan merasa disayang.

Selain itu anda juga bisa memberi makan serta memberikan elusan kepada burung kacer. Ini jadi salah satu cara menjinakan kacer yang bisa anda lakukan selain cara-cara yang sudah kami bagikan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *