Cara Merawat Cucak Ijo Agar Gacor Dan Jinak
Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo Agar Gacor Dan Jinak

Posted on

KICUIT.com – Cucak Ijo merupakan salah satu jenis burung yang banyak digemari oleh para pemelihara burung. Burung Cucak Ijo ini adalah salah satu burung yang menjadi favorite karena mempunyai ukuran tubuh proposional. Jenis burung ini juga dikenal dengan nama cica daun atau murai daun. Warna hijau yang dapat menyejukkan serta bunyi suaranya yang lantang dan indah membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Banyak para pemilih burung tersebut melatih Cucak Ijo ini agar menjadi gacor dan jinak. Berbagai macam cara merawat Cucak Ijo ini agar gacor dan jinak dilakukan oleh para pemelihara burung tersebut. Burung ini juga sering dikenali karena warna tubuhnya dengan dominan berwarna hijau.

Tips Cara Merawat Cucak Ijo

Sebagian para pemilik burung ini lebih memilih Cucak Ijo yang belum gacor. Hal tersebut dapat dikarenakan harganya yang lebih murah dibanding dengan Cucak Ijo yang sudah gacor dan jinak. Burung Cucak Ijo ini biasanya juga masih liar serta takun dengan manusia. Oleh sebab itu, burung ini membutuhkan pembiasaan supaya ia mulai dapat beradaptasi serta jinak sedikit demi sedikit. Dalam proses tersebut harus dilakukan dengan perlahan serta hati-hati supaya burung ini tidak stres atau sakit. Nah, untuk itu anda bisa menerapkan beberapa langkah membuat Cucak Ijo menjadi gacor dan jinak.

1. Pastikan Jenis Kelamin

Untuk memberikan berbagai jenis perawatan burung yang tepat terhadap Cucak Ijo ini hal yang harus diperhatikan yaitu memastikan jenis kelaminya. Jenis burung tersebut apakan jantan atau betina. Burung Cucak Ijo jantan dan betina tersebut mempunyai perbedaan dalam merawatnya. Meskipun banyak berbagai orang lebih memilih jenis jantan dikarenakan mempunyai suara yang merdu serta banyak variasi. Hal tersebut sehingga dapat lebih mudah dalam melatih burung ini agar menjadi gacor dan jinak.

2. Beri Waktu Cucak Ijo Beradaptasi

Cucak Ijo juga membutuhkan waktu dalam beradaptasi dengan tempat barunya agar mengenali kandangnya dan aksesoris didalamnya. Usahakan memilih kandang dengan kondisi yang tenang.

3. Diangin-Anginkan Sebelum Mandi

Supaya tubuh burung tersebut tidak kaget pada saat disiram air, sebaiknya diangin-anginkan dahulu sebelum dimandikan. Jangan langsung dimandingkan dalam keadaan panas. Setelah dimandikan kemudian silahkan dijemur dan jangan lupa untuk diangin-anginkan kembali.

4. Jemur Dibawah Sinar Matahari

Setelah burung tersebut dimandikan kemudian bawalah burung Cucak Ijo tersebut dibawah sinar matahari pagi. Hal ini bertujuan untuk menghangatkan serta mengeringkan tubuh burung Cucak Ijo ini. Selain itu, sinar matahari juga dapat bermanfaat bagi kesehatan burung. Cukup dengan waktu 30 menit saja dalam menjemurnya.

5. Beri Makan Teratur Dan Tepat

Selama burung ini masih dalam perawatan, memberikan makanan termasuk kewajiban anda. Ingat selalu untuk memberikan makan dengan teratur dan pakan yang tepat. Jangan biarkan Cucak Ijo ini kelaparan. Namun jika burung ini masih liar dan belum dapat mengenali anda, biasanya tidak mau diberi makan serta ketakutan.

6. Lakukan Pemasteran

Anda tentu tidak menginginkan jika burung tersebut hanya jinak saja. Mempunyai burung Cucak Ijo yang gacor menjadi salah satu kesenangan dan kebanggaan bagi anda. Untuk itu anda juga harus melakukan pemasteran dalam melatih kicauan burung tersebut sehingga menjadi cepat gacor. Pemasteran tersebut dapat anda lakukan dengan memakai Cucak Ijo yang sudah terlatih serta top gacorannya. Selain itu, anda juga dapat menggunakan sebuah rekaman suara dari Cucak Ijo yang diputar melalui pemutar suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *