Cara Merawat Jalak Suren
Jalak Suren

Cara Merawat Jalak Suren Agar Rajin Bunyi

Posted on

KICUIT.com– Jalak Suren ini merupakan jenis burung yang saat ini banyak digemari oleh para penggemar burung kicauan. Dalam berbagai pasaran, burung tersebut memang sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Jalak Suren adalah salah satu jenis burung yang berasal dari keluarga jalak-jalakan. Burung tersebut terdapat berbagai jenis yang sudah tersebar di berbagai kawasan tropis Asia. Penyebaran di Indonesia yaitu pada kawasan Sumatera, Bali dan Jawa. Jenis burung tersebut mempunyai suara kicauan yang cukup lantang serta berbagai variasi. Bahkan burung Jalak Suren ini juga dapat dilatih menjadi jinak serta dapat menirukan ocehan manusia. Cara merawat Jalak Suren agar bunyi ini sebenarnya cukup mudah. Biasanya para pemilik burung ini memberikan sebuah perawatan khusus.

5 Cara Merawat Jalak Suren Agar Rajin Bunyi

Bagi para penggemar burung Jalak Suren ini, hal yang paling ditunggu yaitu ketika burung ini berkicau. Suara khas yang akan dikeluarkan burung tersebut membuat suasana lebih ceria serta seperti berada dalam alam yang sangat asri. Nah, bagi anda yang tertarik memelihara jenis burung satu ini, berikut cara pemeliharaan burung Jalak Suren agar rajin bunyi.

1. Proses Adaptasi

Bagi anda yang baru membeli jenis burung Jalak Suren, sebaiknya ditempatkan dalam sebuah tempat yang tenang. Jauhkan burung tersebut dari manusia dan berbagai hewan lainnya. Hal tersebut dapat bertujuan dalam mencegah burung ini merasa ketakutan dan kaget. Car satu ini juga dapat membantu dalam beradaptasi dengan sebuah sangkar dan lingkungan barunya.

Cara Merawat Jalak Suren
Jalak Suren

Proses adaptasi ini merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, bahwa burung Jalak Suren yang pada awalnya jinak serta suka berkicau dapat menjadi liar serta jarang berkicau. Hal tersebut dapat terjadi karena pemilik burung ini tidak akan memberikan kesempatan pada burung untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Adaptasi pada burung ini dapat berlangsung hingga beberapa hari. Pada saat proses tersebut, anda tidak perlu memanjakannya. Caranya yaitu hanya dengan memberikan beberapa jenis pakan yang lebih banyak dan sering berinteraksi dengan burung tersebut. Anda juga dapat melatihkan serta memandikannya.

2. Memberikan Pakan yang Bernutrisi

Memelihara jenis hewan memang membutuhkan tenaga, waktu dan biaya, termasuk burung Jalak Suren. Untuk itu, jika anda ingin memelihara burung tersebut, anda juga perlu untuk merawat dan memperhatikannya. Perawatan yang harus dilakukan seperti pemberian pakan yang bernutrisi agar tetap sehat.

Anda juga dapat memebrikan jenis pakan voer yang banyak mengandung protein. Selain itu, anda juga dapat memberikan berbagai jenis buah, diantaranya yaitu apel dan pisang kepok.

3. Pemberian Pakan Tambahan

Tidak hanya dengan memberkan pakan yang bernutrisi, anda juga dapat memberikan tambahan makanan, seperti jangkring, ulat dan kroto. Akan tetapi, anda juga tidak dapat memberikan pakan tambahan sembarangan karena harus dengan kebutuhan burung tersebut.

Pagi hari, anda dapat memberikan tambahan makanan tiga ekor jangkrik. Sedangkan pada sore hari, anda dapat memberikan lima ekor jangkrik. Selain itu, anda juga harus memberikan multivitamin dalam menunjang aktivitas burung tersebut.

4. Memandikan dan Menjemur

Perawatan burung Jalak Suren ini yang tidak kalah pentingnya yaitu memandikan dan menjemurnya. Anda dapat memandikan burung tersebut pada saat pagi dan sore hari. Sedangkan, menjemurnya pada saat setelah mandi atau sesuai dengan kebutuhan saja.

5. Pemasteran

Cara merawat Jalak Suren yang terakhir yaitu pemasteran. Pemasteran merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan kicaumania supaya burung tersebut mempunyai suara yang bervariasi. Biasanya, jika sudah mempunyai suara isian yang cukup banyak, maka burung tersebut lebih rajin untuk berbunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *