5 Cara Merawat Kacer Mabung Secara Tepat dan Mudah
Buurng Kacer

5 Cara Merawat Kacer Mabung Secara Tepat dan Mudah

Posted on

KICUIT.com – Cara merawat kacer mabung sebenarnya tak sesulit yang anda bayangkan. Mabung itu sendiri adalah hal yang sudah biasa dan pasti dialami oleh unggas, termasuk burung kacer. Kacer mabung merupakan kondisi dimana burung kacer mengalami pergantian bulu. Saat kacer mabung, pastikan anda memberikan perawatan yang tepat. Dengan begitu, kacer kesayangan anda bisa memiliki bulu yang lebih bagus. Mengenai bagaimana cara perawatannya, anda simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Merawat Kacer Mabung

Langsung saja, berikut kami bagikan cara merawat burung kacer mabung selengkapnya untuk anda.

1. Berhenti Memberi Makanan Ekstra

Tips merawat kacer mabung yang pertama ialah menghentikan pemberian makanan esktra, baik itu jangkrik maupun kroto. Perlu untuk anda ketahui, pemberian makanan ekstra justru akan membuat kacer mabung menjadi over birahi. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka burung kacer anda akan selalu gelisah. Kacer pun tak bisa melewati masa mabungnya secara tenang. Sebagai gantinya, anda bisa memberikan voer berkualitas. Pemberian voer ini juga bisa menunjang gizinya.

2. Rutin Membersihkan Kandang

Cara merawat kacer mabung lainnya ialah dengan membersihkan kandangnya secara rutin dan berkala. Anda sangat dianjurkan untuk membersihkan kandang kacer setidaknya sekali dalam 3 hari. Pastikan anda membersihkan kandang sampai benar-benar bersih. Anda juga jangan sampai melewatkan sela-sela kandang terkecilpun. Dalam membersihkan kandang kacer, anda bisa memanfaatkan shampoo khusus.

Cara Merawat Kacer Mabung
Kacer Mabung

3. Kerodong

Perawatan kacer mabung yang perlu anda berikan lainnya ialah kerodong. Lakukan pengrodongan kacer mabung secara penuh. Hal ini bertujuan supaya tidak mengganggu kacer saat mabung. Cara perawatan yang satu ini juga bisa membantu burung kacer kesayangan anda untuk beristirahat total. Kerodong juga bisa membuat kacer terhindar dari stres, baik itu karena lingkungan, cuaca, dan lain sebagainya.

4. Cukupi Kebutuhan Air Minum

Tak hanya pakan dan kandangnya, anda juga harus memperhatikan air minumnya. Pastikan air minum kacer selalu terpenuhi. Mengenai air minum yang tepat, alangkah baiknya anda memberi kacer air mineral yang berkualitas. Sebut saja Ebod Vit. Hal ini dikarenakan di dalam Ebod Vit mengandung berbagai vitamin dan nicotinic acid. Dengan begitu, keseimbangan tubuh kacer anda bisa selalu terjaga. Selain itu, air mineral ini juga bisa meningkatkan nafsu makan kacer anda.

5. Memandikan

Cara merawat kacer mabung lainnya ialah dengan memandikannya. Perawatan yang satu ini bisa anda lakukan ketika masa mabung kacer sudah berakhir. Hal ini bisa dilihat dari bulu yang tumbuh tebal dan berkilau. Mengenai cara memandikannya, anda bisa melakukannya seperti teknik memandikan burung kacer pada umumnya. Pasca mabung, anda juga bisa menggunakan shampoo untuk memandikan kacer anda. Penggunaan shampoo ini bertujuan untuk membersihkan jamur dan kutu di bulu barunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *