Cara Merawat Murai Batu Supaya Rajin Bunyi dan Gacor
Murai Batu

Cara Merawat Murai Batu Supaya Rajin Bunyi dan Gacor

Posted on

KICUIT.com – Para pecinta satwa khususnya burung pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya burung murai. Apalagi saat ini murai batu terkenal dengan kualitasnya yang tidak lepas dari perawatan yang benar. Murai batu jawara hanya bisa terlahir dari perawatan yang bagus. Sebab tentu akan percuma bila membeli murai batu dengan harga mahal bila tidak tahu cara merawat murai batu dengan benar.

Cara merawat murai batu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan burung kicau jenis lain seperti burung cucak ijo. Namun dalam perawatannya, terdapat beberapa hal yang berbeda. Seperti saat penjemuran, serta pakan dari burung murai batu. Burung kicau satu ini mempunyai karakter petarung, sehingga bisa menjadi salah satu maskot dari murai batu.

4 Cara Merawat Murai Batu

Seperti yang kita tahu, harga burung murai batu memang sangat mahal meskipun masih anakan. Hal ini karena, bisa dipastikan setiap penghobi memiliki cara tersendiri dalam merawat murai batu agar gacor dan bisa mengantarkan ke kontes dan berhasil menjadi juara. Di bawah ini merupakan beberapa cara dalam merawat murai batu dengan benar.

1. Memunculkan Sifat Teritorialnya

Supaya dapat memunculkan sifat teritorialnya, anda hanya perlu menggantung kan burung di tempat yang sama setiap hari. Jika anda merasa bingung mengenai cara untuk memunculkan sifat teritorial dari murai batu, maka anda bisa menyimak penjelasan ini.

Setiap pagi ketika masih banyak embun, burung diletakkan dalam suatu tempat sampai siang atau sore hari. Perubahan tempat ini hanya bisa dan boleh dilakukan dengan jarak 2 sampai 3 meter. Serta tidak diperbolehkan dilakukan setiap hari. Anda bisa melakukan metode seperti ini sampai 2 hingga 3 minggu. Selain itu, yang harus dilakukan adalah waktunya harus dilakukan secara rutin dan teratur. Kemudian anda gantung sangkar burung lain seperti burung kacer atau burung lainnya di dekat burung anda. Jka murai batu milik anda tampak gelisah disertai dengan gaya membusungkan dada, ataupun menaik turunkan ekornya, itu artinya anda sudah berhasil.

Cara Merawat Murai Batu Supaya Rajin Bunyi dan Gacor
Murai Batu

2. Mengasah Mental Murai Batu

Kegiatan mengasah mental murai batu menjadi hal yang sangat penting untuk mendapatkan burung yang memiliki mental petarung. Tidak sulit cara untuk mengasah nya, yang perlu anda lakukan anda cukup menggantung sarang burung lain seperti burung kacer di dekat sangkar burung murai batu.

Anda biarkan saja selama beberapa menit, sampai burung mengeluarkan suara yang lantang. Kemudian anda pisahkan dalam jarak yang jauh. Anda bisa melakukan latihan seperti ini dengan rutin minimal seminggu sekali. Atau juga bisa dilakukan beberapa hari sekali.

Di samping cara tersebut, anda juga dapat menempatkan cermin di dalam sangkar burung dan membiarkannya sampai murai batu menunjukkan sifat teritorialnya.

3. Mandikan Burung Murai Batu Milik Anda

Sebelum dimandikan, sebaiknya burung murai batu diangin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih 30 menit. Kemudian setelah selesai dianginkan, mandikan burung murai anda.

Saat dimandikan, anda bisa memakai keramba atau semprot. anda bisa menyesuaikan dengan kebiasaan. Yang perlu diperhatikan yaitu cara memegang burung murai batu yang benar. Bisa jadi saat anda memegang burung dengan salah, burung bisa mengalami sesak napas dan tidak tenang.

4. Jemur Burung Murai Batu

Setelah burung murai batu selesai dimandikan, cara merawat murai batu yang wajib anda lakukan adalah menjemur murai batu supaya bulu bulunya bisa kering. Penjemuran bisa dilakukan kurang lebih 1 sampai 2 jam.

Misalnya mulai dari jam 09.00 sampai jam 10.00 pagi. ketika menjemur burung, sebaiknya anda menjauhkan burung murai batu milik anda dengan burung lainnya. Atau bahkan mendengar suara kicauan dan melihat secara langsung. itu tidak baik untuk burung anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *