Beternak Burung Kenari
Beternak Burung Kenari

Cara Mudah Beternak Burung Kenari yang Benar Agar Bisa Sukses

Posted on

KICUIT.com – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang paling populer di kalangan pecinta burung. Burung kenari, saat ini menjadi salah satu burung favorit bagi para pecinta burung yang memiliki nilai jual lumayan mahal. Karena hal tersebutlah, saat ini banyak sekali orang yang mencoba untuk berbisnis ternak burung kenari ini. Selain hasil yang didapat cukup lumayan, beternak burung kenari ini cukup mudah untuk dilakukan bagi semua orang.

Cara Mudah Beternak Burung Kenari yang Benar Agar Bisa Sukses

Bagi anda yang ingin mencoba bisnis ternak burung kenari, dibawah ini akan akan kami sajikan untuk anda cara mudah dalam beternak burung kenari yang baik san benar. Untuk lebih jelasnya, langsung sja simak selengkapnya dibawah ini.

Beternak Burung Kenari
Beternak Burung Kenari

Memilih Indukan Burung Kenari

Untuk memulai beternak burung kenari, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih burung yang akan dijadikan sebagai indukan. Untuk indukan, usahakan anda memilih indukan yang sehat dan tidak cacat. Usia ideal burung yang bisa dijadikan indukan, untu burung kenari jantan sudah berusia 8 bulan, sedangkan untuk burung kenari betina sudah berusia 6 bulan. Pemilihan indukan yang kurang tepat, nantinya akan sangat berpengaruh para hasil anakan yang didapat.

Memperhatikan Kondisi Kandang dan Sangkarnya

Dalam usaha buidaya burung, kondisi kadang dan sangkar harus sangat diperhatikan, mulai dari ukuran kandang, peletakan kandang hingga kebersihan kandang dan sangakar. Untuk kandang, pilihlah yang memiliki ukuran standard, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Sedangkan untuk peletakannya, anda bisa meletakkan kandang burung kenari dengan menggantungkannya di tembok. Selain itu, lokasi untuk kandang ini usahakan jauh dari keramaian, hal ini dikarenakan akan berpengaruh pada indukan betina yang sedang mengerami telurnya.

Lakukan Perjodohan

Untuk proses perjodoha, anda bisa memulai dengan meletakkan burung jantan da betina pada sangkar yang diberi sekat agar indukan bisa saling mengenal. Setelah kira-kira indukan mulai berjodoh, seperti sering beradu paruh atau sering berdekatan, anda bisa langsung mengumpulkannya dalam satu sangkar.

Proses Mengerami

Proses mengerami ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 12 sampai 14 hari untuk bisa menetas, tergantung juga dengan kondisi cuaca dan suhu ruangan. Ketika telur sudah mulai menetas, sebaiknnya anda melakukan pemisahan pada kenari jantan.

Menjaga Kesehatan Kenari

Dalam beternak burung kenari, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dari burung tersebut. Anda bisa memandikan dan menjemur kenari denga rutin setiap hari, agar kenari bisa lebih sehat.

Itulah tadi Cara Beternak Burung Kenari yang bisa anda coba sendiri di rumah, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *