Cara Mudah Budidaya Burung Ciblek Bagi Pemula
Cara Mudah Budidaya Burung Ciblek Bagi Pemula

Cara Mudah Budidaya Burung Ciblek Bagi Pemula

Posted on

KICUIT.com – Cara Mudah Budidaya Burung Ciblek Bagi Pemula – Burung ciblek merupakan salah satu jenis burung yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Hal itulah yang membuat banyak orang ingin berbisnis ternak burung ciblek ini. Dalam betenak burung ciblek, dibutuhkan perhatian khusus, dikarenakan proses perjodohan kedua indukan cukup sulit dilakukan.

Selain itu, Burung ciblek memiliki kebiasaan sering membuang serta memakan telurnya sendiri. Itulah sebabnya, banyak orang yang mengalami kegagalan dalam beternak burung ciblek. Untuk itu, disini kami akan menyajikan untuk anda cara mudah beternak burung ciblek yang bisa anda coba.

Baca Juga :
Cara Mudah Memelihara Ayam Bangkok
Jenis Landak Mini Dan Cara Memeliharanya

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Mudah Budidaya Burung Ciblek Bagi Pemula

Memilih indukan

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memulai beternak burung ciblek adalah memilih indukan. Untuk indukan burung ciblek, sebaiknya anda memilih yang sudah jinak, ini dimaksudkan agar ciblek mudah untuk dikawinkan. Indukan ciblek yang ideal untuk dikawinkan sudah berumur satu setangah tahun, sedangakan untuk indukan betina berumur satu tahun.

Proses perjodohan

Untuk proses perjodohan, anda bisa meletakka kedua indukan di kandang yang berbeda yang saling didekatkan agar burung ciblek bisa saling mengenal. Indukan yang berjodoh biasanya saling beradu paruh atau sering berdekatan. Bila kedua indukan sudah berjodoh, anda bisa menempatkannya di dalam satu kandang. Pada proses ini, anda bisa memberikan pakan jangkrik atau kroto untuk bisa mengundang birahi dari kedua indukan tersebut.

Kandang penangkaran ciblek

Kandang penangkaran juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam beternak burung ciblek. Untuk kandang penangkaran ini, anda bisa menggunakan model aviary yaitu dibuat mirip seperti habitat aslinya dengan menambahkan tanaman rambat kedalam kadang penangkaran tersebut.

Masa bertelur dan menetas

Setelah proses perjodohan, burung ciblek betina akan mulai bertekur. Indukan betina biasanya akan bertelur sebanyak 3-5 butir telur dalam satu kali masa perkawinan. Setalah bertelur, indukan betina akan mulai mengerami telurnya tersebut. Untuk masa pengeraman ini biasanya akan  berlangsung sekitar 12 hari. Setelah telur menetas, biarkan dulu indukan mearawatya sendiri hingga 10 hari atau 14 hari. Ketika anakan sudah mulai mandiri, baru anda bisa memisahkan anakan tersebut dengan induknya.

Itulah tadi Cara Mudah Beternak Burung Ciblek yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *