Ikan Betutu
Ikan betutu atau pun ikan malas ini mempunyai beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Cara Sederhana Ternak Ikan Betutu

Posted on

Ikan betutu atau pun ikan malas ini mempunyai beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Tekstur daging ikan yang satu ini sangatlah lembut dan berwarna putih terang. Namun terlepas dari pasa lokal, penggemar dari ikan betutu tersebut juga datang dari luar negeri, lho. Nah, untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara sederhana ternak ikan betutu. Penasaran? Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Sederhana Ternak Ikan Betutu

Untuk konstruksi kolam pada ternak ikan betutu ini adalah kepadatan ikan 16 ekor/kaki persegi atau 1 m sama dengan 3 kaki. Pencahayaan samar-samar dengan menggunakan tumbuhan akuatik dan juga plastik hitam sebagai pelindung cahaya sinar matahari secara langsung. Penyediaan tempat untuk bersembunyi dapat dari genting maupun pipa PVC, sedangkan untuk kedalaman airnya bisa disesuaikan untuk penetapan suhu air serta diperkirakan ikan betutu dapat mengejar anak ikan. Tinggi air yang cukup sekitar 40 hingga 50 cm. Untuk kandungan oksigen terlarut DO lebih dari 5 mg/1. Bila sudah selesai, kolamnya bisa dibiarkan kering selama 3 hingga 5 hari, sehingga semua hama atau kuman mati. Jika sudah, pupuk organik kering seperti kotoran sapi, kuda, kerbau, atau pun kompos sebagai provokasi pertumbuhan makanan alami untuk bibit ikan betutu total 0.5 kg/meter persegi.

Baca Juga :
Cara Menggacorkan Burung Ciblek Yang Masih Muda
Jenis-jenis Kucing Lucu Yang Perlu Anda Ketahui

Bila sudah selesai proses pemupukan kolam bisa diisi dengan air sampai dengan 30 cm, dan tunggulah sampai airnya tampak berubah jadi hijau. Bila airnya sudah berwarna hijau, air ditambahkan lagi sampai dengan 1 m. Kini giliran untuk memasukkan bibit ikan nila sebagai makanan ikan betutu. Sebagai perkiraan, kolam dengan ukuran 200 hingga 300 m2 diperlukan bibit ikan mujair sebanyak 1 hingga 1.5 kuintal, setelah 1 sampai 2 bulan ikan mujairnya yang rajin dan doyan kawin ini akan jadi makanan alami bagi ikan betutu.

Sedangkan pembesaran ikan betutu dengan makanan alami seperti guppy atau pun udang karang, 8 hingga 12 bulan ukuran 10 cm hingga 400 gram. Akan tetapi bila pelet sebagai pakannya dari ukuran 10 cm hingga 400 gram membutuhkan 5 hingga 6 bulan,  menjadi ukuran 1 ons lebih cepat sekitar 3 bulan.

Demikianlah cara sederhana ternak ikan betutu yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *