Ciri Murai Medan Asli Dan Cara Perawatannya
Murai Medan

Ciri Murai Medan Asli Dan Cara Perawatannya

Posted on

KICUIT.com – Murai Medana atau Murai Batu Medan merupakan salah satu jenis burung yang dapat berkicau dengan merdu yang banyak diburu oleh pecinta burung. Burung tersebut juga dikenal dengan bentuk tubuhnya yang sangat eksotis dengan ekor burung yang sangat panjang. Selain itu, salah satu hal yang juga menjadi cirinya khas yaitu mempunyai kualitas bunyi kicauan istimewa. Oleh karena itu, burung tersebut mempunyai harga jual yang cukup tinggi dibanding dengan berbagai burung lainnya. Nah, bagi anda yang merupakan para pecinta burung kicau dan belum familiar terhadap ciri Murai Medan dengan mendetail. Pas sekali kali ini kami akan membahas mengenai ciri Murai Medan asli dan cara perawatannya dengan benar dan baik.

Ciri Murai Medan Asli

Sangat dibutuhkan kejelian serta kehati-hatian dalam memilih burung Murai Batu Medan yang asli agar tidak tertipu oleh para pedagang. Karena, pada dasarnya bahwa burung ini mempunyai ciri khas yang beda dengan Murai Batu pada umumnya. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui beberapa ciri dari Murai Batu Medan yang asli.

Ciri-ciri Murai Batu Medan yang asli ini memang sangat terlihat khas. Namun, bagi anda yang belum memahami tentang ciri-ciri dari burung tersebut, anda akan kerepotan dalam memilih burung tersebut. Ciri-ciri dari burung tersebut dapat samar dengan ciri dari burung Murai Batu pada lainnya. Maka dari itu, anda juga harus pandai dalam memilih burung tersebut.

Murai Medan
Murai Medan

Mengenai segi posturnya yaitu memiliki bentuk tubuh yang cukup besar dibanding dengan jenis Murai Batu lainnya. Namun, bentuk tubuh burung tersebut sangat ideal karena serasi dengan panjang dari ekor burung tersebut. Pada bagian kepalanya burung ini mempunyai bentuk yang cukup bagus. Jika burung ini berdiri tegak, maka kepala burung ini juga terlihat sempurna lagi.

Badan burung tersebut jika berdiri tegak, sama halnya dengan burung cedet. Jika burung tersebut bertarung maka posisi dari badan ini lebih terlihat. Ekor burung ini sangat panjang hingga 14cm-27cm yang berbentuk melengkung. Motif dari ekor tersebut terdapat empat pasang bulu yang berwarna putih yang tegas dan terdapat pada bagian sisi kanan dan kiri pada ekor.

Ciri-ciri burung ini juga strip dengan warna hitam yang membalah hingga horizontal dari pangkal ekor. Terkadang corak putih pada burung tersebut membentuk hingga huruf U yang juga terpotong pada bagian tengah. Jika sudah tua, kaki burung ini akan melekuk seperti belimbing.

Suara Burung Murai Batu Medan

Suara Burung Murai Batu Medan ini kebanyakan sangat variasi. Ciri-ciri tersebut juga terdapat pada volume yang akan dikeluarkan yang sangat keras serta ngebas. Nada basic tersebut akan mengeluarkan nada alamnya yang menunjukkan jika nada burung tersebut sangat keras dan agak besar. Namun pada saat dia menirukan nada burung lainnya, jadi akan terdengar secara nyaring dan lebih keras dari burung yang ditirukan.

Perawatan Murai Batu Medan

Agar menghasilkan burung Murai Batu yang mempunyai suara ngeplong, tentu bukan hal yang mudah. Salah satu perawatan yang harus diberikan setiap harinya yaitu memberi asupan makanan burung tersebut dengan baik. Maka dari itu, anda akan memperoleh lebih perubahan yang lebih memuaskan.

Berdasarkan dengan beberapa pola perawatan, setelan dasar juga harus diterapkan oleh para pencetak burung tersebut. Misalnya dengan memandikan secara rutin pada saat pagi dan sore. Selanjutnya, burung tersebut dijemur, anda juga harus membersihkan kadangnya serta melakukan pemasteran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *