7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memelihara Burung
Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memelihara Burung

7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memelihara Burung

Posted on

KICUIT.com – Karena Bulunya yang Bagus,  bentuknya yang baik dipandang mata, Suara kicaunnya yang merdu… sering menjadi alasan bagi seseorang untuk memelihara burung, dan membuat hewan berbulu ini menjadi hewan peliharaan yang sangat populer. Namun, burung juga membutuhkan tanggung jawab yang besar dan terkadang burung yang pada awalnya kelihatannya lucu  – berkicau dengan indah – justru bisa menjadi beban bagi anda.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memelihara seekor burung, 7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memelihara Burung berikut ini bisa menjadi acuan dan membantu Anda untuk memilih jenis burung yang tepat untuk gaya hidup Anda, sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari.

7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memelihara Burung


1. Bisakah Anda Merawat Burung ?

Setiap spesies pasti membutuhkan perawatan yang berbeda. Tanyakan pada diri Anda apakah anda mampu untuk merawat seekor burung ?. Berapa waktu anda setiap hari yang bisa anda sisihkan untuk merawat burung peliharaan anda?


2. Berapa Biaya Yang Harus Anda Keluarkan ?

Anda dipastikan akan mengeluarkan berbagai macam biaya bila memelihara seekor burung, bukan hanya sekadar membeli kandang atau makananya. Biaya yang akan dikeluarkan juga bergantung pada jenis burungnya, tetapi dengan mempertimbangkan mengenai biaya-biaya berikut ini, mungkin akan bisa membantu anda nantinya, dan memutuskan, burung seperti apa yang akan anda pelihara.

Biaya yang perlu dipertimbangkan dalam merawat Seekor Burung:

  • Biaya Perawatan
  • Biaya Obat-obatan
  • Biaya Makanan
  • Biaya Kandang
  • Biaya Mainan Interaktif
  • Biaya Alat Pembersih
  • Biaya Persediaan Perawatan

Murai Batu Borneo
Burung Murai Salah Satu Burung Yang Sering Dipelihara

3. Darimana Anda Akan Mendapatkan Burung ?

Ini penting karena juga akan berkaitan dengan masalah hukum, Saat ini Beberapa spesies burung hampir punah dan  diperdagangan secara ilegal. Saat Anda akan membeli burung, penting untuk mengetahui dari mana burung itu berasal dan apakah burung pilihan anda termasuk hewan yang dilindungi atau tidak.


4. Haruskah Anda Mengadopsi burung ?

Ada banyak burung liar terlantar yang membutuhkan perawatan. Seperti halnya tempat penampungan anjing liar atau kucing liar. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengadopsi burung dari tempat tempat tersebut.


5. Bisakah Anda Menjaga Burung Agar Tetap Sehat ?

Selain kandang dan makanan, burung juga memiliki kebutuhan kesehatan. Perawatan yang tepat, seperti kebersihan kandang, termasuk mengganti air dua kali sehari, dapat membantu mencegah banyak masalah kesehatan pada burung.

Penting juga untuk dicatat bahwa burung juga dapat menyebabkan pemicu masalah kesehatan pada pemiliknya, misalnya  debu pada bulu burung dapat menyebabkan asma yang lebih serius. Atau bahkan penyakit seperti Flu burung misalnya.


Lovebird Kacamata Topeng
Lovebird Juga menjadi Favorit Para Pecinta Burung di Indonesia

6. Apakah Burung Cocok Dengan Anak-Anak dan Hewan Peliharaan Anda Lainnya ?

Memilih burung peliharaan yang tepat juga berarti mempertimbangkan apakah burung aman untuk keluarga, khususnya anak-anak, dan bahkan hewan peliharaan lainnya sperti anjing atau kucing.

Jika Anda memiliki anak-anak, mungkin lebih baik mempertimbangkan burung yang lebih kecil atau burung yang tidak memerlukan banyak sosialisasi.


7. Apakah Anda Yakin Burung Tidak Menggangu Ketengan Anda ?

Salah satu alasan paling umum burung dilepas liarkan kembali atau diserahkan ke tempat penampungan dan penyelamatkan adalah karena kebisingan. pemilik burung harus menyadari tingkat kebisingan yang akan ditimbulkan ketika memelihara burung di rumah. Bahkan anda juga harus bisa memastikan, kalau tetangga anda tidak terganggu dengan aktifitas memelihara burung anda tersebut.


Jika 7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memelihara Burung diata bisa anda lakukan, masalah yang akan timbul nantinya saat anda memelihara burung pasti bisa diminimalkan. Terima kasih atas kunjungan anda, dan semoga Anda akan menjadi pemilik burung yang siap, bertanggung jawab, dan bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *