Penyakit Kucing
Kenali Penyakit Yang Menyerang Kucing Anda

Hati-hati! Kenali Penyakit Yang Menyerang Kucing Anda

Posted on

KICUIT.com – Penyakit Kucing – Menjaga kesehatan peliharaan adalah salah satu hal yang sangat penting. Anda harus memperhatikan kebersihan kandang, kebersihan tubuh kucing, serta makanan si kucing. Jika Anda tidak memperhatikan kebersihan serta apa yang di konsumsi oleh si kucing, tak heran jika kucing Anda rentan terkena penyakit.

Berikut adalah beberapa penyakit yang biasa dialami oleh kucing peliharaan. Diantaranya adalah:

4 Penyakit Yang Sering Diderita Oleh Kucing

1. Penyakit Saluran Kemih

Penyakit yang biasa disebut feline lower urinary tract disease ini adalah penyakit yang sering menyerang kucing. Gejala penyakit ini ialah kucing sering menjilat alat kelaminnya, susuah buang air kecil , nafsu makan berkurang, air seni berdarah, serta kucing mengalami dehidrasi. Penyakit ini disebabkan karena terjadinya pembekuan pada kantung kemih, hal ini mirip seperti kencing batu yang dialami manusia.

2. Sakit Mata

Kucing sangat rentan terkena sakit mata. Sama seperti manusia, kesehatan mata kucing juga perlu dijaga. Gejala yang ditimbulkan oleh kucing ketika sakit mata adalah mata berair, mata sayu, bulu mata sering basah, ada garis merah atau putih di kelopak mata, terdapat kotoran di sudut mata, dan kucing akan sering menggaruk-garuk matanya. Jika sakit matanya tersebut dikarenakan infeksi bakteri, maka dapat disembuhkan dengan antibiotik untuk diteteskan pada mata si kucing. Namun, tidak diketahui penyebab dari sakit mata yang diderita oleh si kucing, Anda sebaiknya membawa kucing peliharaan Anda ke dokter hewan.

3. Muntah-muntah

Muntah-muntah biasa dialami kucing karena makanan yang dimakan kurang sehat, infeksi, beracu, atau diabetes. Gejala  umumnya ialah sering keluar air liur dari mulit si kucing. Namun, jika kucing Anda mengalami muntah-muntah sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan. Karena dikhawatirkan muntah tersebut dikarenakan ada penyakit yang menyerang bagian dalam tubuh si kucing.

Kenali Penyakit Yang Menyerang Kucing Anda
Kenali Penyakit Yang Menyerang Kucing Anda

4. Cacingan

Kucing yang mengalami cacingan akan terlihat lemas dan kurus. Cacing pita yang menyerang usus kucing bisa tumbuh dan berkembang dengan ganas. Gejala umumnya kucing Anda akan mengalami muntah-muntah serta turunnya berat badan dengan drastis. Cara untuk mengetahui apakah kucing Anda terkena cacingan atau tidak, Anda bisa melihatnya pada anus kucing Anda. Jika terdapat cacing yang berukuran seperti beras, maka kucing Anda terkena penyakit cacingan atau cacing pita.

Oleh karena ini, kenali gejala-gejala yang kucing Anda alami ketika sakit. Namun, sebaiknya Anda mencegahnya dengan menjaga kebersihan si kucing. Karena kucing yang bersih dan sehat akan terhindar dari penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *