Jenis Burung Lovebird Hasil Persilangan
Burung Lovebird

16 Jenis Burung Lovebird Hasil Persilangan (Mutasi)

Posted on

KICUIT.com – Untuk melengkapi ulasan kami kali ini mengenai 16 Jenis Burung Lovebird Hasil Persilangan (Mutasi), silahkan dibaca Artikel sebelumnya yang mengulas mengenai: 9 Jenis Burung Lovebird Utama Dengan Gambar Lengkap

Keistimewaan lovebird terletak pada tingkat kecerdasaan yang terbilang tinggi, walaupun pada dasarnya memiliki sifat yang cukup agresif, dengan teknik pelatihan yang tepat tentunya ia akan dapat menjadi lulut dan jinak. Kepintarannya dalam belajar suara burung lain membuat para kicau mania ingin sekali memeliharanya untuk sekedar menjadi hiasan dirumah. Bahkan untuk menghasilkan ragam warna pada bulunya, Lovebird juga sering disilangkan.

16 Jenis Burung Lovebird Hasil Persilangan (Mutasi)

Beberapa jenis Lovebird yang sering disilangkan adalah Lovebird Muka Salem, Lovebird Fischer, dan Lovebird Topeng. Lovebird Muka Salem bisa menghasilkan banyak varian warna, misalnya Lovebird Lutino, Lovebird Australian Cinnamon, Lovebird Biru Pastel, Lovebird Blorok/Pied, dan Lovebird Albino. Bahkan ada hasil persilangan yang tergolong langka dan dihargai sangat mahal. Seperti Lovebird Parblue yang antik dan eksotik bisa Bisa dihargai Rp 15 juta. Untuk lebih jelasnya berikut jenis jenis Loverbird hasil persilangan beserta gambarnya:

1. Lovebird Lutino

Lovebird LutinoJenis Lovebird Lutino sendiri memiliki banyak ragam, seperti:

  • Lovebird Lutino (warna kuning mata merah),
  • Lovebird Lutino Albino (warna putih, mata merah),
  • Lovebird Cinnamon (kecokelatan), dan
  • Lovebird Pied (Bercak-bercak atau blorok).
  • Lovebird Lutino Golden Cherry (warna kuning, mata gelap),

Memiliki warna bulu yang di dominasi warna kuning dan merah. Sementara pada bagian kepala berwarna merah atau orange. Loverbird Lutino emiliki nilai jual yang tinggi karena warnanya yang cerah, dan sering diikutkan lomba kecantikan warna dan kicauan. Harga Mulai Rp 400 ribu (umur 2 – 3 Bulan, dan Rp 700 ribu (Lovebird Lutino usia 5 – 6 bulan).

Saat ini banyak orang yang mengawinkan Lovebird pejantan hijau normal dengan Lovebird Lutino betina, Untuk menganakkan Lovebird Lutino, Biasanya, Anakan kombinasi pasangan Lovebird ini memiliki tingkat akurasi 60 persen untuk generasi pertama.

2. Lovebird Batman

Lovebird BatmanKarena warna Lovebird ini yang gelap cenderung abu-abu keputihan. Sehingga penggemar burung sering menyebutnya dengan Lovebird Batman. Memang pada kenyataanya Lovebird jenis ini yang sudah dewasa, akan terlihat seperti Batman. Karena bagian sayapnya juga berubah menjadi hitam pekat.

3. Lovebird Albino

Lovebird AlbinoBeberda dengan Lpvebird Batman, Lovebird ini memiliki warna bulu putih polos terlihat cukup unik karena tidak memiliki variasi warna lain. Karena bentuknya yang putih bersih, banyak orang menyukai burung jenis ini. Namun Lovebird Albino sangat langka di Indonesia, harganya hanya Rp 700 ribuan saja. Tidak semahal Lovebird Merah yang mencapai Rp 1 jutaan ketika masih muda.

4. Lovebird Blorok

Lovebird BlorokLovebird jenis ini sangat mudah dikenali karena warnanya terlihat seperti gradasi dari warna-warna yang lain. Sama seperti Lovebird Albino, burung ini termasuk unik. Karena warna bulunya tidak memiliki warna yang dominan. Lovebird Blorok biasanya Warna bulunya semburat antara warna putih dengan warna yang lain.

Beberapa jenis Lovebird Blorok, misalnya; Lovebird Parblue Blorok dan Lovebird Merah Blorok.

Untuk memvariasikan warnanya,, Lovebird Blorok, burung ini sering dikawin silangkan dengan jenis Lovebird yang berbeda. Misalnya, Lovebird Lutino +Lovebird Dakori, Anakannya akan seperti Lovebird Blorok hijau atau Lovebird Green Series.

5. Lovebird Pastel

Lovebird PastelPara penggemar Lovebird, sering mengincar Lovebird Pastel ini. Karena warna bulunya yang lebih kalem dibanding Jenis Loebird lain. Lovebird biasanya berwarna hijau tua dan kuning, Tetapi Lovebird Pastel memiliki warna hijau muda dan kuning muda. Lovebird Pastel yang banyak dijumpai di Indonesia adalah:

  • Lovebird Pastel Ijo (Pasjo),
  • Lovebird Pastel Kuning (Paskun),
  • Lovebird Pastel Biru (Pasblue).

6. Lovebird Merah

Lovebird MerahJenis Lovebird Merah ini merupakan mutasi dari warna Lovebird jenis lain. Warna merah di bulu burung ini diselingi dengan warna orange, kuning, dan putih. Dan Lovebird Merah sangat sulit sekali untuk mendapatkan. Dan yang banyak dijual sekarang tidak semua bulunya berwarna merah. Karenanya harga Lovebird Merah saat ini cukup mahal. Lovebird Merah yang masih muda biasanya hargai sekitar Rp 1 juta. Dan kalau warnanya polos merah, mungkin lebih mahal lagi.

7. Lovebird Cobalt

Lovebird CobaltLovebird Cobalt lebih dikenal masyarakat dengan Lovebird berwarna biru. Sebab, hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru (telur asin). Hanya bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Namun, ada jenis burung lain yang mirip dengan Lovebird Cobalt, yakni Lovebird Biru Violet. Lovebird jenis ini sama-sama memiliki bulu berwarna biru, hanya saja bagian kepalanya berwarna hitam lengkap dengan kaca mata yang indah. Kemudian bagian leher dan dada Lovebird Biru Violet biasanya berwarna putih.

8. Lovebird Olive

Lovebird Olive merupakan salah satu dari tiga jenis Lovebird berwarna hijau. Lovebird warna hijau ada tiga jenis, di antaranya Hijau Standard atau WildColour, Dark Green (Hijau Tua), dan Double Dark Green (DD Green) atau biasa disebut Olive. Jadi, kalau Anda menjumpai Lovebird dengan warna hijau yang sangat tua, sudah pasti itu adalah Lovebird Olive. Bagian warna hijau ini tidak menyelimuti keseluruhan tubuhnya, melainkan hanya bagian dada, sayap, punggung, hingga ujung ekor saja. Untuk kepalanya sendiri, biasanya berwarna orange, kuning, dan pink.
Baca juga: Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari dan Lovebird Lengkap dengan Cara Pemberian

9. Lovebird Parblue

Lovebird Parblue adalah akronim dari kata Partial Blue (sebagian biru). Ini artinya Lovebird Parblue memiliki warna bulu yang sebagian biru, tetapi untuk kepala biasanya cukup kontras dengan warna birunya. Terkadang, warna kepala bisa berwarna kuning, orange, dan putih. Lovebird Parblue pertama kali ditemukan oleh Felix de Valle dari Amerika. Setelah itu, Lovebird Parblue dikembangkan ke daratan Eropa, hingga akhirnya sampai ke Indonesia. Jenis Lovebird Parblue yang paling terkenal di dunia adalah Lovebird Fischer Parblue dan Lovebird Persotana Parblue.

Untuk mencetak Lovebird Parblue, sebenarnya tidak terlalu sulit tapi dana yang dikeluarkan cukup besar. Pasalnya, indukan untuk menghasilkan Lovebird Parblue biasanya mahal. Jika Anda ingin menghasilkan Lovebird Parblue seharga Rp 30 juta, maka Anda harus membeli Lovebird Biola seharga Rp 10 juta dan Lovebird Parblue seharga Rp 10 juta.

Nantinya, kalau Anda beruntung, maka anakannya adalah Lovebird Biola Parblue yang bisa dijual seharga Rp 30 juta. Selain itu, jika Anda ingin mencetak Lovebird Parblue Personata, Anda bisa menyilangkan Lovebird Parblue dengan Lovebird Batman.

10. Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider adalah Lovebird yang paling langka dan sangat sulit dikembangbiakkan. Lovebird jenis ini mempunyai perpaduan warna yang unik, yakni setengah warna putih setengahnya lagi warna kuning. Jadi, kalau dilihat dari samping, seperti terdapat dua ekor burung dalam satu sangkar. Keunikan perpaduan Lovebird Halfsider juga cukup aneh karena berada tepat di tengah-tengah garis tubuhnya. Untuk harga, tak perlu ditanyakan lagi. Bila Lovebird biasa harganya Rp 750 ribu, maka harga Lovebird Halfsider bisa mencapai 20 kali lipat dari harga Lovebird biasa.

11. Lovebird Australian Cinnamon

Lovebird Australian Cinnamon lebih mirip dengan Lovebird Pastel, di mana warna bulunya lebih soft dan kalem. Namun, bila keduanya disejajarkan, maka yang paling terlihat soft adalah Lovebird Australian Cinnamon. Pasalnya, hampir keseluruhan warna tubuh Lovebird Australian Cinnamon terlihat lebih muda dari warna bulu Lovebird yang lain. Kalau dilihat dari jarak jauh, sepertinya varian warnanya tidak akan terlihat dan lebih jelas terlihat warna putihnya saja.

12. Lovebird Violet

Lovebird Violet adalah jenis Lovebird yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violet. Lovebird Violet mempunyai factor (penurunan sifat) single (SF) dan Double (Double). Untuk mencetak mutasi warna Lovebird Violet, salah satu indukan harus jenis Lovebird Violet, baik itu jantan maupun betina.

Ciri-ciri Lovebird Violet mempunyai warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut Violet. Warna bulu tersebut terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam. Sedangkan, di bagian perut Lovebird berwarna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruh putih pucat atau orange tua.

Tak hanya itu, Lovebird Violet mempunyai varian warna lain yang dinamakan Lovebird Pastel Violet. Warna bulu jenis Lovebird ini dominan putih tapi ada warna pastel violet di bagian punggung dan sayapnya. Harga Lovebird Violet dibanderol mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu, tergantung daerah dan usianya.
Baca juga: Kampung Lovebird di Sumenep Jadi Kampung Lovebird Pertama di Indonesia

13. Lovebird Biola

Salah satu jenis Lovebird yang paling mahal adalah Lovebird Biola atau Opaline Fischeri. Mahalnya harga Lovebird Biola tak lepas dari ketersediaannya yang cukup sulit didapat atau langka. Peternak Lovebird sulit mencetak Lovebird Biola, tapi peminatnya sangat banyak, sehingga harganya menjadi mahal.

Seperti kisah yang dialami Om Lalang, pemilik Pecox Bird Farm (BF) Surabaya. Dua tahun lalu, dia menjual 20 pasang indukan Lovebird Biola dan Parblue sekitar Rp 450 juta. Jadi, setiap pasang Lovebird dibanderol sekitar Rp 22,5 juta. Saat itu, pembelinya Om Ahta menukar rumah 8 x 25 m2 seharga Rp 450 juta dengan 10 pasang Lovebird Biola dan 10 pasang Lovebird Parblue.

Harga Lovebird Biola memang tak main-main. Yang paling murah saja, Lovebird Biola standar dijual seharga Rp 5,5 juta. Kalau warnanya agak unik dan eksotis, bisa naik menjadi Rp 7,5 juta. Bahkan, kini harganya lebih gila lagi karena Lovebird Biola Euwing Split Blue import dari Thailand (usia 4 bulan) mencapai Rp 55 juta, seperti yang dikutip dari Olx.

14. Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan terdiri dari lima jenis, yaitu Lovebird Dakocan original, Lovebird Dakocan hijau, Lovebird Dakocan biru, Lovebird Dakocan ungu, dan Lovebird Semi Dakocan. Lovebird yang memiliki nama latin Agapornis Personatus ini biasa disebut Masked Lovebird atau Lovebird bertopeng. Ini dikarenakan muka Lovebird Dakocan yang berwarna gelap seperti topeng.

Lovebird Dakocan berasal dari dataran tinggi pedalaman utara dan tengah Tanzania. Selain itu, Lovebird ini juga banyak dijumpai di Kenya utara dan timur. Lovebird Dakocan sendiri ditemukan pada tahun 1800-an, tetapi tidak ada impor sampai tahun 1920-an.

Ciri-ciri Lovebird Dakocan mempunyai warna tubuh dominan hijau, sebagian warna bulu kepala hitam gelap, dan kerah di leher berwarna kuning. Namun, karena ada mutasi dan perkawinan silang, warna Lovebird Dakocan menjadi bervariasi, seperti Lovebird Dakocan biru dan Lovebird Dakocan ungu. Lalu, untuk harga Lovebird Dakocan (April 2017) mencapai Rp 250 ribu sampai Rp 400 ribu.

15. Lovebird Euwing

Lovebird Euwing atau Ewing ditemukan pertama kali pada tahun 2004 oleh penangkar Lovebird asal Belanda bernama Piet Verhijde. Dia berhasil mencetak Lovebird Euwing dengan mengawinkan indukan Lovebird Lutino Fischeri dan Lovebird hijau standar atau Lovebird Josan.

Mengapa dinamakan Lovebird Euwing? Sebab, Euwing merupakan singkatan dari Eumelamin dan Wing yang artinya sayap. Jadi, sebenarnya keunikan Lovebird Euwing terletak pada warna sayapnya yang bercorak hitam dan kuning.

Ciri-ciri Lovebird Euwing memiliki perpaduan warna dominan hitam dan kuning. Selain itu, warna bulu dada Lovebird Euwing tereduksi menjadi lebih terang (kuning atau putih) dibandingkan dengan warna galur murninya (Wild Type atau Lovebird Green) dan terjadi peningkatan warna gelap atau hitam (Eumelanin) pada kedua sayapnya sehingga berbentuk huruf “V” pada bulu punggung di antara kedua sayapnya, seperti yang dikatakan oleh Irwan Sentosa.

Ketika Lovebird Euwing ditingkatkan warna gelapnya (Dark Factor) menjadi Dark Euwing (D Euwing) atau Dark Dark Euwing (DD Euwing) maka bulu dada Lovebird Euwing akan lebih kelihatan lebih gelap (tidak cerah). Terakhir, harga Lovebird Euwing diketahui mencapai Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

16. Lovebird Import Holland dan Taiwan

Lovebird Import bisa dari mana saja, tapi yang paling banyak berasal dari Holland atau Belanda dan Taiwan. Biasanya, Lovebird Import ukuran tubuhnya lebih besar dari Lovebird lokal asli Indonesia. Selain itu, warna bulunya lebih bagus dan mengkilat bila dibandingkan dengan Lovebird lokal.

Antara Lovebird Holland dan Lovebird Taiwan, katanya lebih bagus Lovebird Holland, terutama dilihat dari sisi postur tubuh dan warna. Namun, kalau dilihat dari sisi suara, pastinya lebih bagus Lovebird Taiwan. Sebab, suara Lovebird Taiwan lebih gacor, keras, dan panjang. Selain itu, Lovebird Taiwan lebih mudah beradaptasi dengan cuaca di Indonesia dan mental tempurnya bagus.

Itulah tadi kurang lebihnya wacana singkat kami tentang aneka ragam jenis burung lovebird lengkap beserta gambarnya yang dapat kami berikan pada hari ini, semoga saja macam-macam jenis labet diatas dapat menambah pengetahuan anda. Akhirnya kami pamit undur diri dahulu, sampai bertemu dilain kesempatan terima kasih salam hangat kicau mania tanah air wassalam.

Source :

jenis lovebird dan gambarnya, gambar lovebird liar di hutan afrika,gambar semua jenis lovebrid, gambar lovebird lengkap, aneka macam lovebird & gambarnya, jenis burung labet, jenis lovebird dan gambarnya di indonesia, jenis lovebird 8 bulan dan gambarnya, jenis lovbird lengkap, jenis lovebird beserta gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *