Jenis Burung Pleci Yang Paling Bagus Untuk Lomba
Burung Pleci

Jenis Burung Pleci Yang Paling Bagus Untuk Lomba

Posted on

KICUIT.com – Jenis Burung Pleci Yang Paling Bagus Untuk Lomba – Burung pleci merupakan jenis burung ocehan yang seringkali diikutsertakan dalam beberapa kontes perlombaan burung. Pasalnya kicauan burung yang satu ini memang tidak dapat diragukan lagi. Sehingga tidak heran jika burung pleci ini memang memiliki banyak penggemarnya.

Nah bagi anda yang yang sedang memilih burung pleci untuk di jadikan gacoran sebaiknya simak ulasan berikut mengenai Jenis Burung Pleci Yang Paling Bagus Untuk Lomba dan cukup banyak diminati oleh pecinta kicau mania pleci.

Jenis Burung Pleci Untuk Lomba

Nama yang berasal dari singkatan “dada kuning mata putih” ini tergolong burung pleci yang paling diminati, selain karena suaranya yang cukup lantang dan memiliki mental petarung lebih besar dibanding dengan jenis pleci lain. Tidak heran jika jenis pleci ini termasuk pleci yang paling mahal dan paling dicari.

Masih dari singkatan nama dari “dada kuning mata coklat”, untuk burung jenis ini mudah kita temui dipasaran burung dan harga lebih terjangkau dibanding dengan pleci dakun maput. Suara lantang dan mudah untuk dirawat sebagai bahan perlombaan.

Cara mudah menandai pleci Buxtoni adalah warna abu-abu kombinasi warna kuning yang ada pada dadanya, Selain itu punggungnya juga memiliki warna hijau tua. Dari segi suara Pleci buxtoni cukup nyaring dan hampir sama seperti Pleci dada kuning, Hal inilah yang menjadikan burung jenis ini menempati posisi ke 3 burung pleci yang bagus.

Selain ketiga jenis pleci diatas, ada juga pleci yang umum untuk perlombaan misalnya seperti Pleci Auriventer, Burung Pleci Black Capped,  dan Pleci Montamus. Perawatan rutin dan mental burung juga akan mempengaruhi kualitas, untuk itu diperlukan perawatan khusus agar dapat mendapatkan kualitas burung pleci yang bagus pula untuk perlombaan.

Jenis Burung Pleci Yang Paling Bagus Untuk Lomba
Burung Pleci

Cara Memilih Jenis Burung Pleci yang Bagus

Jika anda mencari burung pleci untuk diikut sertakan dalam perlombaan tentunya anda harus memilih burung pleci yang jantan, lantaran burung pleci berkelamin jantan memiliki suara yang lebih keras dibandingkan betina. Tidak hanya itu alunan iramanya juga lebih bervariasi. Untuk membedakan burung pleci jantan dan betina bisa dibedakan dari beberapa bagian fisik tubuhnya. Salah satunya warna bulu pleci jantan lebih bersih dan terlihat kontras dibandingkan betina. Selain itu matanya juga lebih besar dan menonjol keluar. Ciri lain dari pleci jantan adalah postur tubuhnya yang lebih panjang dengan kaki yang lebih jenjang. Sedangkan kepalanya cukup besar dibandingkan betina dan paruhnya panjang dan besar.

Ciri lain pleci jantan yang merupakan Jenis Burung Pleci Yang Paling Bagus Untuk Lomba dapat dilihat pada bentuk atau kelaminnya. Dimana pada bagian tersebut menonjol dengan tegak dengan kemiringan 30 hingga 80 derajad dari perutnya. Ciri khas jenis pleci yang bagus juga di tandai pada lingkar kacamatanya yang tampak lebih besar dibandingkan betina yang memiliki warna putih bersih. Untuk memilih jenis pleci yang bagus bisa dilihat dari jenis kelaminnya, namun juga bisa di tentukan dari usia bakalan pleci. Pasalnya pleci yang masih mudah memiliki waktu hidup yang lebih panjang, dan karakternya juga lebih mudah untuk dibentuk.

Dimana pleci yang berusia masih muda lebih baik dibandingkan bakalan yang telah tua. Terdapat beberapa aspek yang dapat menentukan kualitas pleci muda yang bagus. Salah satunya pada struktur kakinya yang terlihat basah dan tidak solid. Selain itu warna bulunya lebih cerah, karena pleci yang telah berumur biasanya memiliki warna yang lebih gelap. Disisi lain pleci muda bakalan yang bagus biasanya pada ujung paruh bagian bawah berwarna semburat putih. Nah itulah beberapa aspek yang bisa menentukan kualitas Jenis Burung Pleci Yang Paling Bagus Untuk Lomba atau tidak, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *