Jenis dan Cara Memelihara Burung Kenari
Yellow Canary

Jenis Jenis Burung Kenari dan Tips Cara Merawat Burung Kenari

Posted on

KICUIT.com – Burung kenari atau canary dalam bahasa inggris sangat familiar di kalangan penghobi kicauan. Suaranya yang merdu dan lembut sangat menyenangkan untuk didengar. Binatang mungil ini dijamin dapat menarik perhatianmu dengan warna-warnanya yang mempesona.

Buat kamu yang baru memulai jadi penghobi kicauan kenari, yuk simak artikel ini untuk memperkaya wawasanmu.

Jenis-Jenis Kenari

1). Kenari Yorkshire

Kenari ini adalah hasil persilangan antara kenari lanchasire dan belgia. Bentuknya badannya yang digambarkan mirip wortel terbalik ini dapat tumbuh hingga 16 cm. Kenari cantik ini memiliki badan tegap dengan kaki yang lebih panjang dari jenis lainnya. Selain biji-bijian, kenari jenis ini juga gemar memakan canary seed, sayuran sebagai asupan protein.

2). Kenari Norwich

Kenari sepanjang 15 – 16 cm ini bertubuh agak bulat dengan bulu agak tebal. Memiliki dada lebar dengan punggung pendek melebar. Burung ini banyak dijumpai berwarna hijau dengan sayapnya yang pendek.

3). Kenari Border

Kenari dengan julukan wee gem yang berarti kecil, lincah dan kuat ini berasal dari Cumberland Facy dan perbatasan atau Border. Burung aktif tapi pemalu ini akan berbunyi jika tidak ada orang atau burung kicauan lain. Tubuhnya yang bulat akan mencapai panjang maksimal hingga 10 – 14 cm.

4). Kenari Gloster

Dilihat dari ciri fisiknya, burung ini sangat mudah untuk dikenali. Ia memiliki ukuran tidak lebih dari 11 cm, dengan bulu kuning, sayap kehijauan, dan ekor berwarna putih.

Kenari gloster memiliki stamina yang tangguh, demikian haknya dengan kicauannya.  Namun sayangnya, burung ini mudah sakit  dan stres bila disentuh. Kenari ini bisa dijumpai dalam dua jenis, yaitu gloster dengan jambul mirip jamur disebut gloster corona dan gloster tanpa jambul disebut gloster consort.

5). Kenari Roller

Keturunan kenari jerman ini banyak dipelihara di daerah pegunungan jerman, Hartz. Burung sepanjang 7 – 8,5 ini juga dikenal dengan sebutan burung hazer. Keunikannya terdapat pada gelembung suara atau gundukan di leher. Bila memelihara kenari ini sebaiknya memerhatikan asupan makannya karena kualitas pakan sangat berpengaruh terhadap keahlian burung kenari dalam berbunyi.

6). Kenari Crest

Termasuk jenis kenari tertua karena dikenal pada tahun 1950 an. Disebut juga sebagai sebutan tum-crown, namun lebih populer dengan sebutan sebagai king of fancy. 2 varian unik dari jenis ini ada yag memiliki jambul dan tanpa jambul. Pada crest yang memiliki jambul, jambul bisa sampai menutupi kepala mata dan paruh. Di dalam kontes, jambul ini jadi prioritas penilaian utama.

7). Kenari Frill

Kenari Frill memiliki bulu-bulu unik di tubuhnya, seperti jabot, mantle, dan fin.

Jabot, adalah  bulu di dada yang berombak ke arah dalam sehingga tampak seperti kerutan yang menutup. Sedangkan fin adalah bulu yang tumbuh di sekitar paha hingga di sekeliling sayap. Bila bulu tumbuh dengan sempurna, kenari ini dapat terlihat sangat menawan.

8). Kenari Belgia

Merupakan salah satu jenis kenari yang sudah lama dikembangbiakkan. Namun sayangnya kenari belgia susah diternakkan. Telur yang dihasilkan kenari ini kebanyakan ditetaskan dari indukan kenari jenis lain. Keunikannya terdapat pada bentuk kepala yang menyerupai kepala ular. Dalam kontes, penentuan nilainya dilihat dari bentuk dan kedudukannya.


Jenis Jenis Burung Kenari dan Tips Cara Merawat Burung Kenari
Yellow Fronted Canary

Cara Merawat Kenari

Untuk mendapatkan kenari yang sehat dan berkualitas kamu juga perlu memerhatikan cara perawatannya. Berikut cara yang umumnya dilakukan para penghobi kenari.

1). Lokasi kandang

Kenari di luar ruangan rentan terkena penyakit karena hembusan angin. Hindarkan kenari dari hembusan angin secara langsung. Demikain halnya dengan panas matahari, pastikan kenari tidak terpapar secara langsung agar tidak mati terkena heat stroke.

Penjemuran yang sehat dilakukan pada saat matahari terbit pagi hari atau matahari terbenam sore hari.

2). Menjaga kebersihan kandang

Singkirkan kotoran burung dari alasnya setiap hari. Untuk menjaga kesehatannya bersihkan pula wadah pakan dan minum setiap hari. Setiap sekali dalam seminggu, bersihkan tenggeran burung agar terhindar dari sisa pakan dan kotoran bekas kaki dan paruh.

3). Ketersediaan makan dan minum

a). Air bersih

Berikan air minum bersih yang tidak mengandung kaporit. Kamu bisa memberikan air kemasan isi ulang. Pastikan air minum tersedia selama 24 jam.

b). Makan biji-bijian

Dilihat dari bentuk paruhnya, kenari adalah burung pemakan biji-bijian. Berikan biji-bijian dengan porsi yang lebih banyak sebagai makanan utama. Pakan biji-bijian yang baik untuk kenari adalah canary seed, millet dan niger seed. Akan lebih bagus lagi jika merupakan kombinasi ketiganya.

c). Makan tambahan

Makanan tambahan dapat berupa buah dan sayuran hijau, seperti selada, wortel, brokoli dan apel. Untuk keseimbangan nutrisi sebaiknya memberikan makanan tambahan berprotein tinggi berupa egg food. Egg food makanan yang biasa dibuat sendiri pecinta kenari. Selain bagus untuk masa pertumbuhan, makanan ini juga baik untuk masa reproduksi. Makanan ini terbuat dari campuran telur, biji bunga matahari.

d). Multivitamin dan suplemen

Pada dasarnya kebutuhan vitamin pada kenari sudah dapat dipenuhi melalui buah dan sayur. Namun pada kenyataannya tidak semua pemilik burung dapat memberikan ransum makanan sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu ada baiknya kamu menggunakan produk vitamin yang dijual di toko perlengkupan burung. Berikan vitamin sesuai dengan aturan pemakaian.

e). Pemenuhan kebutuhan mineral

Kebutuhan mineral juga harus dipenuhi agar kenari tidak mengalami defisiensi mineral. Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan memberinya tulang sotong atau produk instan yang banyak dijual di toko burung. Pemberian tulang sotong dalam jumlah banyak tidak dianjurkan karena kandungan Natrium Chlorida (NaCl) atau garam di dalamnya tidak bagus untuk pembuluh darah pada burung kenari.

4). Hindarkan dari kutu dan tungau

Hindarkan kenari dari parasit yang menyerang dari dalam dan luar tubuh. Parasit dapat melemahkan ketahanan tubuh kenari secara perlahan. Parasit dari dalam dapat berupa cacing dan tungau kantung udara. Sedangkan parasit dari luar tubuh berupa tungau merah, dan tungau kaki yang menyerang bagian kaki, sehingga membuat kenari cacat.

Untuk mencegah parasit tersebut dapat menggunakan produk terpercaya yang dijual di toko burung.

5). Membersihkan kuku

Kuku kenari di atas umur 1 tahun sudah cukup panjang. Bila ingin menangkarkannya, sebaiknya dipitong terlebih dahulu, agar tidak menyakiti betina pada saat masa kawin.


Makanan Kenari

Kenari yang sehat membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Untuk itu sebaiknya kebutuhan makanan pokok dan tambahan ini diberikan dengan porsi yang sesuai dengan jadwal makan pagi dan sore. Berikut makanan yang dibutuhkan kenari:

Biji-bijian : canary seed, biji sawi, milet, dan fumayin

Sayuran : daun sawi, daun selada, mentimun, gambas, paprika, wortel, dan jagung muda

Buah : apel dan pir

Asinan : roti kering, sotong, kroto, dan telur


Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Untuk menangkarkan kenari, sebaiknya membekali pengetahuan dasar. Kenali ciri-ciri kenari jantan dan betinanya sebelum sebelum menentukan pasangan yang pas untuk kenari milikmu. Berikut ciri-cirinya umum yang membedakan kenari jantan dan betina:

Berkelamin jantan

Dalam posisi berdiri, bila ditarik garis dari ujung paruh hingga titik tengah kepala, posisi mata tampak sejajar dengan paruh.

  • Mengeluarkan nada cuit lebih keras dan nyaring
  • Mempunyai vent yang semakin besar dan panjang

Berkelamin betina

  • Dalam posisi berdiri, bila ditarik garis dari ujung paruh hingga titik tengah kepala, posisi mata tampak berada di atas paruh.
  • Nada cuit yang dikeluarkan lebih lemah

Harga Kenari

Sebagai primadona harga burung kenari terhitung tinggi namun cenderung stabil. Penghobi kenari memilih kenari sebagai salah satu peluang bisnis. Berikut harga pasaran burung kenari sesuai dengan jenisnya.

Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire Jantan >> Rp 45.00.000 –Rp 10.000.000,-

Kenari Yorkshire Jantan Impor >> Rp 4.500.000 –Rp 10.000.000,-

Kenari Yorkshire betina >> Rp 4.500.000 –Rp Rp 6.500.000,-

Kenari Yorkshire Betina Impor >> Rp 4.500.000 –Rp 6.500.0000,-

Kenari F1 Yorkshire anakan >> Rp 1.500.000,-

Kenari F2 Yorkshire Anakan >> Rp 2.5.00.000 –Rp 3.000.000,-

Kenari AF Yorkshire bakalan >> Rp 300.000 –Rp 500.000,-

Kenari Lancashire

Kenari Lancashire Jantan >> Rp 5.000.000 –Rp 8.000.000,-

Kenari Lancashire Jantan Impor >> Rp 5.000.000 –Rp 8.000.000,-

Kenari Lancashire Betina >> Rp 5.500.000 –Rp 8.000.000,-

Kenari Lancashire Betina Impor >> Rp 5.500.000 –Rp 8.000.000,-

Kenari Giant Crested

Kenari Giant Crested >> Rp 1.500.000 –Rp 5.000.000

Kenari Norwich

Kenari Norwich >> Rp. 1.500.000 –Rp 3.000.000

Kenari Goldfinch

Kenari Goldfinch >> Rp 1.000.000 –Rp 2.000.000

Kenari Border

Kenari Border Jantan Dan Betina >> Rp 1.600.000

Kenari Border Anakan >> Rp 900.000,-

Kenari Spanis Timbrado

Harga Kenari Spanis Timbrado >> Rp 500.000 –Rp 2.000.000

Kenari Red Intensif dan Red Frost

Kenari Red Intensif Jantan >> Rp 1.600.000,-

Kenari Red Intensif Betina >> Rp 1.000.000,-

Kenari Red Frost >> Rp 450.000 –Rp 750.000

Kenari Fancy

Harga Kenari Fancy >> Rp Rp 500.000 –Rp 1.500.000

Kenari Agate

Harga Kenari Agate >> Rp 450.000,-

Kenari Gloster

Harga Kenari Gloster >> Rp 500.000 –Rp 1.500.000,-

Harga Kenari Gloster anakan >> Rp 550.000,-

Kenari Mozaic

Harga Kenari Mozaic >> Rp 500.000 –Rp 1.300.000,-

Kenari Frill

Harga Kenari Frill >> Rp 1.550.000,-

Kenari Lizard

Harga Kenari Lizard Dewasa >> Rp 1.000.000,-

Harga Kenari Lizard Anakan >> Rp 650.000,-

Kenari Phaeo

Kenari Phaeo >> Rp 700.000 –Rp 900.000,-

Kenari Taiwan

Kenari Taiwan Jantan >> Rp 800.000,-

Kenari Taiwan Betina >> Rp 550.000,-

Kenari Holland

Kenari Holland mix >> Rp 350.000 –Rp 650.000

Kenari Lokal

Harga Kenari Lokal Kuning Anakan >> Rp 200.000,-

Harga Kenari Lokal Hijau Anakan >> Rp 200.000,-

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan daerah masing-masing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *