Jenis Landak Mini Dan Cara Memeliharanya

Posted on

KICUIT.com – Jenis Landak Mini Dan Cara Memeliharanya – Landak mini atau lebih akrab disebut landak hias atau Hedgehog adalah binatang nocturnal yang aktif bergerak di malam hari. Binatang mungil yang lucu ini memiliki bentuk yang menggemaskan dan tidak berbahaya seperti landak pada umumnya. Karena duri pada jenis hewan ini tidaklah berbahaya, yang membuat hewan ini menjadi favorit adalah bentuk wajahnya yang lucu danserta badannya yang bisa melingkar seperti bola duri.

Landak Mini aslinya berasal dari Afrika, juga dikenal dengan sebutan African Pygmy Hedgehog. Jenis Landak Mini ini bisa menjadi hewan peliharaan.

Baca Juga : Waw! Jenis-jenis Kucing Lucu Yang Perlu Anda Ketahui

Dan Hewan lucu satu ini bukanlah tipe hewan yang suka bertempur. Jika merasa terancam atau terganggu landak mini hanya akan memilih untuk lari, atau jika terdesak ia melindungi dirinya dengan membentuk gumpalan bola dan menegakkan duri-durinya.

Jenis Landak Mini Dan Cara Memeliharanya

Sebelum memilihnya sebagai binatang peliharaan, yuk kita cari tahu seperti apa sih landak mini ini. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk merawatnya.

Jenis Landak Mini

Berbeda dengan landak pada umumnya, landak mini adalah jenis landak dari keluarga Erinaceinae. Jenisnya pun bermacam-macam berdasarkan warnanya, sebagai berikut:

1). Landak Mini Jenis White Albino

Jenis Landak Mini AlbinoLandak Mini Albino ini terhitung langka,Namun  jenis ini justru banyak dicari.

Di alam liar Landak Mini jenis ini yang sangat rentan menjadi mangsa predator, karena warnanya yang putih sehingga kurangnya kamuflase.

Dinamakan Albino karena Jenis Landak Mini ini tidak mempunyai pigmem warna, sehingga seluruh tubuhnya terlihat berwarna putih atau pucat, kemudian warna matanya juga merah karena tidak adanya pigmen. Sedangkan warna kulit dan hidung Jenis Landak Mini ini berwarna merah muda.

2). Landak Mini Jenis Salt & Paper

Jenis Landak Mini Salt & PaperJenis ini paling banyak dijumpai. Ciri khasnya terdapat pada warna putih badannya yang dibalut warna hitam. Namun ada pula beberapa jenis ini yang dibalut dengan warna coklat, warna mata dan hidung sama-sama hitam.

Jenis Landak Mini ini termasuk yang paling sering dijumpai baik di alam liar atau di pasaran.

3). Landak Mini Jenis Pinto

Jenis Landak Mini PintoWarna duri landak jenis pinto hampir sama dengan landak mini jenis salt and paper. Namun bila jeli, perbedaannya tampak terlihat pada warna durinya yang seperti memiliki bercak-bercak putih di luar.

4). Landak Mini Jenis Cinnicot

Jenis Landak Mini CinnicotLandak mini ini adalah hasil persilangan antara jenis cinamon dan appricot. Memiliki warna coklat emas atau karat yang pudar. Karena jenis landak mini ini merupakan hasil dari perkawinan silang, jadi terkadang bentuknya terlihat mirip Landak mini Cinnamon atau mirip landak mini Appricot.

5). Landak Mini Jenis Cinamon

Jenis Landak Mini CinamonBila dilihat sekilas landak ini mirip dengan salt and paper, tapi bila diamati lebih jeli kamu bisa melihat perbedaannya pada pundaknya yang berwarna merah muda dan kulit bagian bawahnya yang berwarna putih.

6). Landak Mini Jenis Appricot

Jenis Landak Mini AppricotKeunikannya terdapat pada durinya yang berwarna oranye bercampur coklat krem, sedangkan pada bagian perutnya berwarna putih. Hidungnya berwarna pink dan pada bagian mata berwarna merah ruby.

7). Landak Mini Jenis Champagne

Jenis Landak Mini ChampagneLandak mini ini termasuk jenis yang jarang dijumpai. Bulunya berwarna pirang atau pastel. Pada bagian duri Landak Mini jenis Champagne didominasi warna putih, sisanya berwarna oranye atau krem.

8). Landak Mini Jenis Charcoal

Jenis Landak Mini CharcoalPada jenis ini, landak mini dibedakan dari menjadi dua jenis, yaitu white charcoal dan charcoal snowflake gray. Perbedaannya keduanya terdapat pada warna pada ujung durinya. Perbandingannya antara 30% sampai 70% durinya memiliki warna putih, sisanya berwarna putih yang didibalut warna hitam.

9). Landak Mini Platinum

Jenis Landak Mini PlatinumLandak mini jenis ini termasuk sangat langka dan istimewa seperti namanya “Platinum”, sehingga bila ingin membeli jenis landak mini, maka harus antri dan di pesan dahulu, serta rajin mencari informasi terkait. Keseluruhan bulu dan durinya berwarna putih, hidung serta telinga memiliki warna agak gelap dengan warna coklat.


Cara Merawat Landak Mini

Untuk merawat landak mini, tidak dibutuhkan keahlian khusus. Hanya dibutuhkan sedikit waktu dan tanggung jawab seperti berikut.

1). Memandikan landak

Mandikan landak setiap seminggu sekali dengan menggunakan shampo. Gosok perlahan menggunakan sikat gigi. Hindari menggosok landak dengan tangan agar tidak terluka. Keringkan landak dengan menggunakan handuk.

2). Kandang dan alas kandang

Tempatkan kandang landak mini pada suhu 21 – 27 derajat celcius untuk kenyamanan landak. Bersihkan kandang setidaknya seminggu sekali agar kandang tidak bau dan landak terbebas dari penyakit.

3). Makan dan minum

Agar selalu dalam keadaan sehat, selalu sediakan makan dan minum di wadahnya dalam kandang.


Penyakit Landak Mini

Penyakit Landak MiniLandak mini yang tidak terawat dengan baik rentan terserang penyakit. Penyakit apa yang umumnya diderita landak mini dan bagaimanan penanganannya?

1). Jamur dan kutu

Mandikan landak mini dengan sabun anti kutu. Gunakan sampo kucing dan menjemur landak di bawar matahari.

Semprot dengan obat anti kutu secara rutin. Selain itu berikan juga vitamin tambahan untuk meningkatkan kekebalannya.

2). Obesitas

Ubah pola makan landak mini dengan diet rendah lemak. Perhatikan kandungan protein dan lemak yang terkandung di dalam makanan.

Kurangi berat badan berlebih dengan cara memperluas kandangnya agar landak mini dapat bergerak dengan bebas. Bila perlu tambahkan juga alat olahraga tambahan seperti jogging wheel khusus untuk landak mini.

3). Influenza

Berikan obat antibiotik sesuai dengan dosis, misalnya amoxycilin untuk landak mini. Campur antibiotik ke dalam wadah minum atau berikan langsung secara manual dengan menggunakan spet/ alat suntik yang dilepas ujungnya. Sebagai langkah tambahan, rajinlah untuk menjemur landak mini.

4). Scabbies

Satu-satunya cara untuk mengobatinya adalah dengan disuntik. Konsultasikan pada dokter hewan/ vet).

5). Diare

Alternatif 1: berikan tambahan menu ulat hongkong dan ulat bambu untuk memperkeras fesesnya. Ulat ini bisa didapatkan di pasar tradisional atau penjual pakan burung.

Alternatif 2: Berikan tablet NORIT yang dihaluskan dan dicampur pada air minumnya atau diberikan langsung dengan spet.

6). Mata Belekan

Basuh kelopak mata menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air hangat hingga lapisan melunak dan terlepas dari kelopak mata. Lalu teteskan sedikit obat mata yang dapat dibeli di apotek. Berikan tetesan ini pagi dan sore hingga mata kembali normal.


Makanan Landak Mini

Makanan Landak MiniLandak dapat hidup hingga umur 6 – 10 tahun. Dengan perawatan pemenuhan kebutuhan yang baik maka sudah bisa dipastikan umurnya bisa semakin panjang. Berikut kebutuhan makan yang diperlukan landak mini :

  • Untuk makanan sehari hari berikan cat food atau dog food yang kering. Makanan ini bisa didapatkan di petshop terdekat. Pilih makanan dengan jumlah fat 15 – 16% dan protein dua kali lipatnya, yaitu sebesar 30%.
  • Sebagai selingan bisa diberi ulat hongkong atau jerman sebanyak satu sendok makan. Makanan selingan ini sebaiknya diberikan dua kali dalam satu minggu.
  • Untuk minuman berikan air putih yang matang dalam botol khusus seperti botol minum hamster.
  • Pastikan makanan yang akan diberikan tidak mengandung bahan pengawet berbahaya.
  • Hindarkan landak dari makanan yang mengandung pemanis buatan seperti sirup jagung, sukrosa, dan gliserin, rasa dan pewarna buatan.

Harga Landak Mini

Harga landak mini sangat bervariasi, ditentukan oleh jenis dan umurnya. Namun biasanya Harga landak mini jenis  berkisar antara 150 – 300 ribu untuk anakan, sedangkan indukan kurang lebih 175 – 300 ribu. Harga mungkin bisa berubah tergantung pada kondisi dan kesehatan dari landak mini.


Kandang Landak Mini

kandang-landak-miniKandang untuk landak sebaiknya terbuat dari aquarium atau kotak plastik, seperti halnya kandang hamster. Agar landak dapat bergerak dengan leluasa, buatlah kandang dengan ukuran yang lebih besar dari penangkaran landak. Minimal buatlah dengan ukuran panjang 30 cm, lebar 25 cm, dan tinggi 20 cm. Selain landak dapat bergerak dengan leluasa dan membuat sarang, kamu juga dapat menampung landak lebih dari satu ekor.

Pada bagian alas kandang buatlah bantalan kaki yang empuk dengan menggunakan serbuk gergaji. Material ini juga dapat dimanfaatkan landak untuk membuat sarang dan menghangatkan tubuhnya di saat tidur.

Kamu juga dapat membuat tiruan kandang seperti aslinya dengan menyiapkan tempat kecil di pojok kandang untuk tempat berlindung landak mini. Buatlah semacam saung atau gua kecil yang terbuat dari material kayu atau bahan plastik untuk tempat tinggal landak mini di siang hari. Dengan gua kecil ini, landak mini yang tidak terlalu suka cahaya ini dapat berlindung dari jangkauan sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *