Jenis Makanan Burung Kacer Agar Bisa Gacor dan Ngeplong
Burung Kacer

Jenis Makanan Burung Kacer Agar Bisa Gacor dan Ngeplong

Posted on

KICUIT.com – Burung kacer adalah jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh pecinta burung kicauan di rumahnya. Burung kacer adalah burung kicauan yang juga dikenal sebagai burung bermental petarung yang banyak diikutkan dalam event lomba burung kicauan. Burung kacer yang diikutkan lomba tentunya merupakan burung yang memiliki kicauan yang berkualitas dan juga bervariasi. Untuk mendapatkan burung kacer yang memiliki suara kicauan yang berkualitas atau memiliki suara yang gacor dan bervariasi ini pastinya harus dilakukan perawatan yang baik dan benar. Mulai dari penjemuran, pemandian, hingga yang tak kalah pentingnya yaitu jenis makanan burung kacer yang diberikan.

Jenis Makanan Burung Kacer

Jenis makanan murai batu yang diberikan pastinya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas burung kacer tersebut. Jika anda ingin memiliki burung kacer yang gacor dan ngeplong, maka anda bisa memberikan jenis pakan yang bernutrisi seperti berikut ini:

Jangkrik

Jangkrik merupakan makanan burung kacer saat berada di alam liarnya. Pada serangga jangkrik ini terdapat kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh kacer, termasuk protein. Jika anda bisa memberikan jangkrik rutin setiap harinya dengan porsi yang tepat, maka burung kacer peliharaan anda bisa sehat dan punya suara yang gacor berkualitas. Namun, jangan lupa menyisihkan bagian kakinya agar tidak melukai tenggorokan burung dan supaya mudah dicerna.

Belalang

Makanan burung kacer yang baik untuk anda berikan yaitu belalang. Belalang memiliki banyak kandungan yang baik untuk burung kacer. Akan tetapi, harus anda ketahui jika tidak semua jenis belalang dapat anda berikan pada burung kacer. Sebab, ada jenis belalang yang berbahaya jika diberikan pada kacer. Belalang beracun pada umumnya yang berwarna hitam, merah atau berbintik. Anda bisa memberikan belalang yang berwarna hijau yang bisa anda jumpai di areal persawahan. Sebelum memberikannya, hilangkan dulu pada bagian kepala, bulu atau sayap dan kaki belalang.

Orong-orong

Jenis makanan kacer yang berupa serangga orong-orong juga mengandung protein yang tinggi. Akan tetapi, di dalam memberikan orong-orong harus lebih berhati-hati. Karena, untuk bagian kepala orong-orong terdapat gigi yang cukup tajam. Apabila tidak dipotong lebih dulu sebelum diberikan, maka bisa jadi orong-orong akan menggigit tenggorokan burung. Selain itu, kaki dan bulu atau sayapnya sebaiknya anda sisihkan.

Kroto

Kroto merupakan makanan yang bisa anda berikan pada kacer peliharaan anda dalam perawatan burung kacer hariannya. Karena bisa meningkatkan panas dalam suhu tubuh, maka pemberiannya sebaiknya jangan berlebihan. Pemberian kroto yang berlebihan juga bisa menyebabkan over birahi.

Ulat

Ulat adalah makanan burung kacer yang banyak terdapat kandungan protein. Untuk jenis ulat yang bisa diberikan antara lain ulat bambu atau bumbung, kayu, pisang, pohon, ulat hongkong, dll. Namun jangan memberikan ulat hongkong yang berlebih supaya tidak over birahi. Berikan saja ulat bambu atau ulat bumbung yang justru bisa menurunkan birahi yang sedang over atau berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *