Burung Kenari Black Red
Burung Kenari Black Red

Ciri Burung Kenari Black Red dan Cara Perawatannya

Posted on

KICUIT.com – Anda semua pecinta kenari, pasti sudah mengetahui nama kenari black red. Ini bukan hal asing lagi bagi anda. Tapi untuk sebagian kalangan, mungkin masih menjadi hal yang awam dan asing. Walaupun dari namanya kita bisa menebaknya bahwa arti black red adalah merah hitam. Saat ini harga kenari memang mengalami pasang surut, namun hal ini tidak berimbas pada semua jenis kenari. Jika melihat keadaan pasar, jenis kenari blackred masih mempunyai posisi yang tinggi dalam harga.

Seperti yang kita tahu bahwa burung kenari adalah salah satu jenis burung kicau papan atas yang banyak digemari untuk dipelihara di rumah. Selain itu, burung ini juga sering digunakan sebagai burung lomba. Mengapa pilihannya jatuh pada burung kenari? Sebab burung ini dikatakan sebagai burung kicauan dengan paket komplit. Mempunyai banyak keunggulan seperti senang berkicau, suara kicauannya merdu dan khas, serta memiliki warna burung yang cantik. Seperti kenari black red yang saat ini juga menjadi buah bibir pecinta burung.

Burung Kenari Black Red
Burung Kenari Black Red

Ciri Khas Dan Keunggulan Kenari Black Red

Ada salah satu hal yang menonjol pada kenari ini, yaitu memiliki warna bulu yang cantik dan unik. Bulu yang lorek hitam kemerahan membuatnya menjadi sesuatu yang menarik. Sehingga tak heran bila kenari ini diberi nama dengan black red. Mulanya kenari jenis black red ini didatangkan dari luar negeri seperti kenari import lain. Tetapi saat ini bila anda ingin membeli kenari black red tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Sebab di Indonesia sendiri sudah ada penangkaran kenari yang sukses dalam budidaya jenis kenari ini.

Keunggulan dan ciri khas tersendiri dari burung ini adalah keistimewaan yang terdapat pada keindahan warna bulunya yang hitam kemerahan. Bila anda menginginkan burung kenari ini mempunyai warna yang berkualitas, maka asupan pakan harus mengandung betakaroten yang tinggi. Makanan dengan beta karoten tinggi biasanya terdapat pada sayuran segar seperti selada, wortel, labu kuning dan lain sebagainya.

Selain itu, yang menjadi ciri khas dari burung kenari blackred adalah:

  • Ketika usianya masih muda kenari black red memiliki warna agak hitam dan belum keluar warna merahnya. Sementara itu warna merah bisa muncul seiring pergantian bulu ketika berganti bulu dewasa.
  • Burung ini memiliki warna bulu merah tua namun tidak seperti warna merah darah.
  • Memiliki corak berwarna hitam di bagian ekor dan juga sayap. Tetapi kadang corak hitam di bagian ekor tidak tampak jelas bahkan tidak ada.

Perawatan Kenari Black Red

Sebenarnya untuk melakukan perawatan burung kenari jenis blackred ini sangat mudah. Seperti jika anda merawat kenari pada umumnya. Letak perbedaannya adalah untuk perawatan kenari ini anda harus sering memberikan pakan yang banyak kandungan betakaroten nya. Ini tujuannya adalah untuk menunjang warna merah yang ada pada burung kenari supaya lebih jelas dan menarik.

Yang harus diperhatikan, anda tidak disarankan untuk memberi pakan berupa color food seperti chantax. Hal ini tidak dianjurkan karena jenis pakan ini berbahaya sekali untuk kesehatan burung. Dalam perawatan burung sehari-hari, lakukan penjemuran secara rutin setiap hari. Selain itu, kebersihan kandang juga harus selalu dijaga. Dan alangkah baiknya jika burung masih dalam usia paud, maka diberi pemasteran dengan suara burung yang bagus. Dengan demikian, nantinya bisa mendongkrak harga burung milik anda. Anda bisa memasteri burung kenari masteran ini dengan suara prenjak, lovebird dan burung manyar setiap pagi dan sore hari. Jangan lupa kerodong setiap malam agar menjaga dari gigitan nyamuk juga hawa dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *