Mengenal 3 Jenis Burung Kolibri dan Karakteristiknya
Burung Kolibri

Mengenal 3 Jenis Burung Kolibri dan Karakteristiknya

Posted on

KICUIT.com – Burung kolibri adalah salah satu jenis burung kicauan yang bertubuh mungil. Kolibri merupakan jenis burung yang makanan utamanya adalah madu atau nektar. Suara burung kolibri ini alunannya memang terdengar. Terlebih lagi, jika burung kolibri mendapatkan perawatan yang baik dan benar, pastinya suara yang dihasilkan bisa lebih bagus dan juga bervariasi. Bahkan suara yang digunakan bisa untuk memancing burung kicauan yang lain. Kolibri ternyata bisa terbang melayang-layang di udara sambil mengepakkan sayapnya mencapai 12 sampai dengan 90 kali per detik. Perilaku tersebut hanya dapat dilakukan oleh sekelompok jenis burung kolibri saja.

Pada saat mengamati burung kolibri yang sedang berada di hutan, maka kerjanya tidak hanya terbang sepanjang hari untuk terus mencari makan berupa nectar. Namun, pada umumnya burung kolibri lebih memilih banyak diam sambil bertengger di ranting pohon sesudah memperoleh banyak nektar dari bunga. Perlu anda ketahui, ternyata jenis burung kolibri tidak hanya satu saja. Akan tetapi, banyak jenisnya dan tersebar di sepanjang Benua Amerika dan juga Benua Asia.

Jenis Burung Kolibri

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis burung kolibri dan karakteristik yang dimilikinya.

Burung Kolibri Sepah Raja

Kolibri Sepah Raja
Kolibri Sepah Raja

Jenis burung kolibri yang pertama yaitu burung kolibri sepah raja. Pada umumnya, burung ini tampak sendirian dan terkadang juga berpasangan terbang mengunjungi pohon dadap serta pohon yang berbunga lainnya ada di area hutan maupun di perkebunan. Untuk karakteristik burung kolibri sepah raja ini yaitu ada warna kuning dari bawah paruh hingga setengah dadanya. Kemudian juga ada warna putih dari pertengahan dadanya hingga bagian kemaluannya, Tubuh burung kolibri ini hanya 6,5 cm. Selain memakan nektar bunga, burung ini juga mau makan beberapa jenis serangga kecil.

Burung Kolibri Tasik

Burung Kolibri Tasik
Burung Kolibri Tasik

Untuk jenis kolibri selanjutnya yaitu kolibri tasik. Karakteristiknya yaitu pada bagian paruh yang panjang serta warna bulunya ada warna merah yang ada pada bagian dada, warna hitam pada bagian pundaknya. Jenis pakan burung kolibri berupa nektar bunga, biji-bijian kecil, serangga atau terkadang juga makan laba-laba. Burung ini kerap bertengger di daerah pinggiran hutan dan juga di kebun karet.

Kolibri Kelapa

Kolibri Kelapa
Kolibri Kelapa

Jenis burung kolibri selanjutnya adalah burung kolibri kelapa. Untuk burung ini suka tinggal menetap pada pohon kelapa dan di hutan bakau. Karakter jenis kolibri ini memang beringas atau agresif. Bahkan, burung ini akan mengusir burung madu yang lain yang menempati tempat yang disukainya. Ukuran burung ini terbilang kecil dengan warna bulu yang dominan. Yaitu warna kuning yang ada pada bagian dadanya dan paruh yang panjang berfungsi untuk menyedot nektar dari bunga. Makanannya yaitu nectar yang diambil dari kuntum bunga, buah pisang yang telah matang, serangga-serangga kecil, ulat, laba-laba, serta aneka buah-buahan yang lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *