Mengenal 25 Jenis Burung Lovebird Utama Dan Hasil Persilangan
Burung Lovebird

Mengenal 9 Jenis Burung Lovebird Utama Dengan Gambar Lengkap

Posted on

KICUIT.com – Mengenal 9 Jenis Burung Lovebird Utama Dengan Gambar Lengkap. Burung lovebird atau lebih dikenal dengan sebutan labet menjadi salah satu varian burung yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Berbagai kalangan masyarakat tanah air jatuh hati pada burung cinta yang satu ini, mulai dari anak muda, orang dewasa, orang tua hingga banyak anak-anak yang menyukainya karena perawakannya sangat indah dan imut.

Sebelum kita mengulas detail 9 Jenis Burung Lovebird Utama lengkap dengan gambarnya, ada baiknya untuk kita mengetahui dari mana asal muasal sang burung ini. Habitat asli lovebird terdapat pada benua hitam Afrika, lebih tepatnya berada di beberapa negara Angola, Kongo, Malawi, Nambia, Tanzania, Zambia dan Zimbabwe. Seperti yang kita ketahui bersama, benua Afrika terkenal akan cuaca panas atau iklim tropis dimana burung labet ternyata sangat menyukainya. Maka tidak heran iklim yang hampir sama pada negara kita, menjadikan populasi burung cinta ini bisa hidup dan berkembang biak.

Baca Juga :
Mengenal Jenis Jenis Hamster Dan Klasifikasi Hamster
Jenis Landak Mini Dan Cara Memeliharanya

Keistimewaan lovebird terletak pada tingkat kecerdasaan yang terbilang tinggi, walaupun pada dasarnya memiliki sifat yang cukup agresif, dengan teknik pelatihan yang tepat tentunya ia akan dapat menjadi lulut dan jinak. Kepintarannya dalam belajar suara burung lain membuat para kicau mania ingin sekali memeliharanya untuk sekedar menjadi hiasan dirumah dan untuk mengikuti perlombaan burung. Berbicara perihal lomba burung, bisa kita lihat varian labet hampir tidak pernah absen pada kompetisi disetiap daerah. Nah baiklah tidak usah menunggu terlalu lama lagi, mari langsung saja simak macam-macam jenis burung lovebird lengkap beserta gambarnya yang akan kami berikan berikut ini.

9 Jenis Burung Lovebird Utama (Prime)

Pada dasarnya Lovebird hanya terdiri dari sembilan Jenis utama, seperti: Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis), Lovebird Topeng (Agapornis personata), Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae), Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis), Lovebird Fischer (Agapornis fischeri), Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), Lovebird Madagaskar (Agapornis cana), Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria), dan Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana). Untuk lebih jelasnya berikut uraian mengenai ciri ciri dan Gambarnya:

1. Lovebird Muka Merah

Lovebird Muka MerahPertama adalah labet muka merah atau dalam bahasa latinnya bernama Agapornis Pullaria memiliki ciri khas warna wajah merah bagi sang jantan dan untuk sibetina bewarna orange pada bagian wajahnya. Dahinya merah? Mungkin banyak orang menyangka, dia termasuk tipe burung pemalu, namun sebenarnya Lovebird Muka Merah tidak demikian. Sejak lahir bagian muka dan dahinya sudah berwarna merah.

Hidup didaerah pesisir pantai Afrika tengah sampai bagian barat negara Ethiopia. Ukuran tubuh dewasa labet muka merah bisa mencapai angka 15cm dan untuk warna tubuhnya sendiri memiliki beberapa kombinasi antara warna hijau kekuningan kuning dan kaki bewarna abu-abu.

2. Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka SalemBurung lovebird atau labet muka salem mempunyai nama dalam bahasa latin Agapornis Roseicollis berdomisili di benua Afrika bagian barat daya, sangat menyukai habitat kering yang berdekatan dengan gurun. Memiliki banyak warna pada tubuhnya, mulai dari tubuh bagian bawah berwarna hijau kekuningan, bagian dada keatas hingga wajah bewarna merah muda dan sayap bewarna hijau dengan sedikit kombinasi biru. Ukuran tubuhnya sama dengan labet muka merah, bisa mencapai angka 15 cm ketika sudah dewasa. Muka Salem merupakan jenis Lovebird yang paling mudah dijumpai di sebelah selatan Afrika, Namibia, dan Angola.

3. Lovebird Madagaskar / Kepala Abu Abu

Lovebird MadagaskarLabet madagaskar memiliki nama latin Agapornis Cana yang berasal dari pulau Madagaskar di Afrika. Dominasi warna hijau pada sekujur tubuhnya membuat kita sangat mudah untuk mengenalinya. Perbedaan warna untuk sang jantan dan betina ketika sudah dewasa bisa dilihat dari warna pada kepala dan dada. Untuk jantan kepala dan dadanya bewarna abu-abu, sedangkan sibetina lebih didominasi warna hijau muda.

Ukuran tubuhnya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan teman sebayanya. Bobot tubuhnya saja, sekitar 30 gram. Burung ini sangat sulit ditemukan di Indonesia karena dia tinggalnya di pulau Madagaskar, Afrika.

4. Lovebird Kacamata Pipi Hitam

Lovebird Kacamata Pipi HitamBurung labet kacamata pipi hitam mempunyai sebutan dalam bahasa latin Agapornis Nigrigenis, dimana populasi terbesarnya terdapat pada daerah barat daya Afrika tepatnya di negara Zambia. Berbeda dengan jenis lainnya, LB kacamata pipi hitam lebih menyukai habitat hutan gugur dekat air terjun untuk berkembang biak. Warna tubuhnya didominasi warna hijau kekuningan dan ciri khasnya terdapat pada bagian pipi bewarn hitam serta lingkar mata bewarna putih.

Sekilas, Lovebird Pipi Hitam terlihat hampir sama jenis Lovebird Topeng. Namun, bila diamati dengan saksama, yang berwarna hitam pada jenis ini hanya bagian pipinya saja.

5. Lovebird Abisinia

Lovebird AbisiniaMemiliki nama latin Agapornis Taranta, labet abisinia ini berdomisili dibagian selatan sampai barat daya benua Afrika tepatnya di negara Ethopia sampai Eritrea. Burung ini sangat menyukai daerah dengan iklim lembab seperti didaratan tinggi dekat pegunungan. Lovebird Abisinia terlihat agak monoton karena hanya memiliki perpaduan dua warna saja. Mempunyai ciri khas tubuh bewarna hijau dan terdapat warna kehitaman pada bagian sayap. Lovebird Abisinia termasuk Lovebird yang paling besar di antara Lovebird yang lain. Ukuran tubuhnya sendiri jika sudah dewasa bisa mencapai 16,5cm dan perbedaan jantan dan betina terletak pada wajahnya, Abisini jantan memiliki warna tambahan merah pada bagian mukanya.

6. Lovebird Fischer

Lovebird FischerLovebird Fischer saat ini cukup banyak dijumpai di Indonesia. Nama latin untuk lovebird ficscher adalah Agapornis Fischeri, dimana habitatnya berada didaerah bagian timur dan selatan benua Afrika tepatnya di wlayah Tanzania. Lovebird Fischer pertama kali ditemukan oleh Gustav Fischer yang berasal dari Jerman. Burung ini nampak begitu cerah dengan perpaduan warna, Burung labet fischer memiliki kombinasi warna yang sangat beragam pada tubuhnya, mulai dari bagian kepala hingga dada berwarna merah dan orange, ekor bewarna biru kombinasi ungu serta warna hijau mendominasi bagian sayap serta tubuh bagian bawah. Sementara jika sudah dewasa, ukuran tubuhnya dapat mencapai panjang 14cm.

7. Lovebird Kacamata Topeng

Lovebird Kacamata TopengLabet kacamata topeng / masked lovebrid mempunyai nama latin Agapornis Personatus berasal dari daerah Tanzania benua Afrika. Ciri yang tampak khas pada dirinya adalah bagian kepala dan mata bewarna hitam serta lingkar mata bewarna putih, sehingga sangat mirip seperti memakai topeng. Sementara bagian tubuhnya didominasi warna hijau dan terdapat kombinasi kuning pada bagian dadanya. Untuk labet kacamata dewasa, ukuran panjang tubuhnya bisa mencapai 14,5cm. Sayangnya, Burung Lovebird jenis ini sangat sulit membedakan mana jantan dan betina karena keduanya hampir sama.

8. Lovebird Kacamata Nyasa

Lovebird Kacamata NyasaJenis labet kacamata nyasa atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Agapornis Lilianae, dan sering Lovebird Lilian. Penyebaran jenis lovebrid lilian terdapat pada kawasan Afrika yang meliputi daerah Malawi, Mozambik, Tanzania dan Zambia. Memiliki ciri tubuh bewarna hijau, bagian kepala dan muka bewarna merah serta leher belakang bewarna kuning. Jenis burung ini terbilang sangat susah dijumpai, sebab berkembang biaknya pada musim dingin saja sehingga populasinya tidak terlalu banyak. Sementara ukuran tubuh jika sudah beranjak dewasa, bisa mencapai angka 13cm.

Burung yang memiliki warna bulu dominan hijau ini bila disilangkan akan menghasilkan warna mutasi yang unik, yaitu Lovebird Biru dan Lovebird Lutino. Kalau Anda tertarik, Anda bisa menemukan banyak Lovebird Nyasa di kawasan Tanzania, Malawi, Mozambik, Zambia tenggara dan Zimbabwe Utara.

9. Lovebird Kerah Hitam

Lovebird Kerah HitamLovebird Kerah Hitam juga disebut (Agapornis Swinderniana) termasuk jenis yang langka. Bisa dikenali dari bagian lehernya yang berwarna kecoklatan dan kerahnya yang berwarna hitam. Didominasi warna hijau. Ukuran tubuhnya mirip dengan Lovebird Madagaskar.  Walaupun Lovebird Madagaskar dianggap yang paling kecil diantara semua jenis Lovebird. Banyak dijumpai di bagian khatulistiwa negara Afrika.

Demikian ulasan kami mengenai Mengenal 9 Jenis Burung Lovebird Utama (Prime), untuk melengkapi tulisan ini silahkan dibaca: 16 Jenis Burung Lovebird Hasil Persilangan (Mutasi) . Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *