Mengenal Hamster Campbell
Hamster Campbell

Mengenal Hamster Campbell

Posted on

KICUIT.com – Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa kata “Campbell” melekat pada jenis hamster mungil yang satu ini. Jawabanya, kata “Campbell” sendiri menunjuk pada tokoh yang menemukan hewan imut ini untuk pertama kalinya. Tokoh tersebut bernama lengkap W.C. Campbell. Hamster campbell pertama kali dtemukan di Tuva, salah satu nama daerah di Mongolia. Secara geografis, Tuva terletak di antara negara Cina dan juga Rusia. Meski ditemukan pertama kali di Tuva, para ahli sepakat bahwa hamster jenis ini juga berasal dari Stepa dan daerah yang cenderung kering di Asia Tengah, Gunung ALtay, Heilukiang dan juga Hebei di Laut Cina bagian timur.

Hamster campbell, di beberapa tempat, sering disebut hamster Djungarian dan juga Russian Hamster. Jenis hamster mungil yang satu ini secara genetis memiliki kedekatan paling nyata denga jenis hamster winter white. Meski demikian, kedua jenis hamster ini tidak lantas cocok jika dikadangkan bersama sebab hamster campbell cenderung kurang akur dengan si winter white.

Soal habitat asli, campbell paling ideal dipelihara di padang rumput, padang pasir maupun wilayah semi gurun. Jenis campbell tidak suka hidup di tempat dengan kondisi yang lembab dan berair, cuaca yang cenderung panas, dan juga angin yang kuat. Hamster campbell di alam liar biasanya mengkonsumsi bebijian dan juga serangga. Hamster mungil ini sebenarnya merupakan hewan nokturnal yang artinya lebih aktif di malam hari ketimbang di siang hari. Jadi jangan heran jika Anda menjumpai si imut campbell hanya tidur saat matahari sedang bersinar. Hamster campbell ini sangat produktif dalam berkembang biak. Masa kehamilannya bisa berlangsung 20 hingga 22 hari. Karena karakterstik inilah sehingga pasar hamster didominasi jenis hamster campbell.

Blue Campbell's Dwarf Hamster - Mengenal Hamster Campbell

Kelebihan Hamster Campbell

Berbicara soal kelebihan, hamster campbell unggul di variannya yang jauh lebih banyak. Dengan demikian Anda bisa memilih mana yang terbaik untuk diajak pulang ke rumah. Hamster campbell memiliki beragam jenis warna dan tipikal bulu. Hamster jenis ini cukup menantang untuk dipelihara sebab sifatnya cederung agresif. Hal ini tentu bagi sebagian orang cukup menarik. Kelebihan lain jenis hamster ini adalah usianya yang cederung lebih lama terlebih jika Anda memelihara dan memperlakukannya dengan baik. Adapun rentang usia si campbel 1,5 sampai 2 tahun. Bahkan bisa lebih jika kesehatannya terjaga. Adapun varian hamster campbell antara lain hamster campbell albino, campbell panda, campbell black, campbell argente, campbell opal, campbell blue, lilac, dove dan masih banyak lagi lainnya.

Kekurangan Hamster Campbell

Sifat dasar hamster campbell sebenarnya pemberani dan aktif. Hanya saja ada beberapa kondisi yang membuatnya dijuluki hamster paling galak dan suka menggigit. Jika didasarkan pada sifat naluriah binatang, gigitan merupakan salah satu pertanda bahwa ia merasa terancam. Demikian halnya dengan hamster campbell. Jika Anda salah dalam memperlakukannya, jangan heran jika si mungil ini tidak ramah pada Anda. Jika Anda mencermati hamster campbell Anda galak, sebaiknya hindari kontak langsung dengan anak-anak. Hal lain yang menjadi titik kelemahan si campbell adalah kualitasnya yang kurang baik (khususnya di Indonesia) sebab diternakkan dalam jumlah yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *