Ternak Ikan Lele Organik
Ikan Lele

Panduan Ternak Ikan Lele Organik

Posted on

KICUIT.com – Ketika berternak ikan lele organik untuk sekarang ini memang sudah menjamur di mana-mana, hal tersebut karena dengan melambungnya harga pakan ikan lele itu sendiri, selain bisa meminimalisir biaya, ikan lele organik ini pun juga memiliki rasa yang lebih gurih, sekaligus ramah lingkungan. Pada dasarnya, sistem ternak ikan lele organik ini mengandalkan mikroorganisme yang bertugas dalam menguraikan kotoran serta amonial yang ada pada kolam, sehingga media pemeliharaannya akan selalu sehat. Nah, berikut ini adalah panduan ternak ikan lele organik yang harus Anda simak terlebih dahulu.

Ternak Ikan Lele Organik
Ternak Ikan Lele Organik

Panduan Ternak Ikan Lele Organik

  • Persiapan tempat

Untuk tempat menaruh ikan lelenya bisa menggunakan terpal dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan lahan yang Anda miliki serta dengan berapa bibit ikan lele yang akan diternak.

  • Proses mengatur kolam

Masukkan pupuk kandang seperti kotoran kering dari sapi, kambing, kerbau, dan lain-lain ke dalam kolam, tapi jangan lupa campur terlebih dulu dengan penumbuh bakteri sesuai dengan takaran. Bila sudah tutup kolamnya sembari menunggu proses fermentasi antara 1 hingga 2 minggu.

  • Proses pemilihan bibit

Untuk proses didalam pemilihan bibit atau benih ikannya sendiri sangat penting, sebab Anda harus memilih bibit yang kualitas super. Untuk ukuran dari bibitnya usahakan yang memiliki ukuran yang sama, supaya tidak terjadi tumpah tindih.

  • Proses penebaran bibit

Silakan Anda tebarkan bibit ikan lelenya ke dalam kolam, untuk penyesuaian airnya biarkan saja ikan lele tersebut melakukan gerak sendiri. Biarkan kolamnya terbuka, lalu biarkan saja bibit ikan lelenya keluar sendiri dari wadah hingga habis. Dan waktu terbaik untuk menebarkan bibit ikan lele ini saat pagi atau pun malam hari.

  • Pemberian pakan

Makanan utama dari ikan lele organik ini adalah mikroorganisme atau pun planton yang ada di dalam kolam, akan tetapi pakan buatan juga harus Anda berikan. Untuk cara pemberian pakan pelet sebaiknya dilakukan 1 hari 2 kali, dan dilakukan antara jam 6 hingga 7 pagi, serta jam 5 hingga 6 sore. Hal tersebut bertujuan supaya Anda juga bisa memantau kesehatan dan juga nafsu makan ikan lele yang Anda budidayakan.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang panduan ternak ikan lele organik yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *