Pembengkakan Pada Kaki Burung Kenari, Penyebab dan Cara Merawatnya

Posted on

Pasti anda sebagai hobis kenari ataupun kenari mania tidak asing dengan pembengkakan pada kaki burung kenari. Seringkali kita mengeluh jika hal tersebut terjadi pada kaki burung kenari kesayangan kita.

Banyak para hobis kenari berasumsi bahwa kaki yang bengkak disebabkan oleh gigitan nyamuk, akan tetapi jika diteliti lebih lanjut pembengkakan pada kaki burung kenari tersebut banyak sekali penyebabnya bukan hanya gigitan nyamuk atau serangga yang lain.

Seperti di antaranya sangkar burung yang kebersihanya tidak terjaga dengan baik, tenggeran yang kotor yang menyebabkan tumbuhnya jamur, tempat makan dan minum yang kotor yang bisa menyebabkan tumbuhnya penyakit, tenggeran yang terlalu kasar dan tajam yang bisa melukai kaki burung, faktor makanan, dan lain-lain.

Baca Juga :
Tips Merawat Burung Kenari Saat Musim Hujan
Pakan Ekstra Untuk Burung Kenari Kesayangan Anda

Kaki burung kenari merupakan bagian sensitif yang sering mudah mengalami pembengkakan, oleh sebab itu anda sebagai hobis kenari harus teliti jika sewaktu-waktu melihat kaki burung kenari anda diangkat sebelah.

Jika burung kenari kesayangan anda sering mematuki kaki sesegeralah cek kaki burung tersebut, pada awalnya kaki burung kenari seperti bentol-bentol merah seperti jerawat, biasanya terdapat di pangkal kuku, sela-sela jari kaki burung kenari dan terkadang terdapat pada telapak kaki. Penyakit ini berbeda dengan kerak yang biasanya juga terdapat pada kaki burung .


 Pembengkakan Pada Kaki Burung Kenari
Pembengkakan Pada Kaki Burung Kenari

Penyebab Pembengkakan Pada Kaki Burung Kenari

Beberapa hal yang menyebabkan pembengkakan pada kaki burung kenari yaitu diantaranya adalah :

  • Tangkringan yang tidak sesuai untuk kaki burung kenari, bisa terlalu tajam atau terbuat dari plastik, jika tangkringan atau tenggeran yang terlalu tajam bisa melukai telapak kaki burung tersebut, apalagi jika tangkringan tersebut kotor, bisa-bisa terkena infeksi. Bisa juga diameter tangkringan yang tidak sesuai dengan kaki burung kenari.
  • Burung kenari yang kegemukan biasanya mengalami hal ini, selain itu juga burung yang kurang gizi.
    Sangkar yang kurang dijaga kebersihannya yang bisa menyebabkan tumbuhnya jamur serta tangkringan atau tenggeran yang kotor karena jarang dibersihkan.
  • Ada juga yang beranggapan akibat dari tarikan grafitasi bumi terhadap asam urat pada telapak kaki burung pada bagian bawah yang menusuk ke bawah yang mengakibatkan telapak kaki tersebut menjadi infeksi.
  • Burung yang terlampau banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar serat tinggi. Sehingga memicu menimbunan asam urat dalam aliran darah, dan lama-mana menjadi kristal yang terlihat seperti jarum tajam, hingga bisa mengakibatkan infeksi pada burung kenari.
  • Penyakit ginjal pada burung kenari.
  • Obesitas atau kegemukan.
  • Malnutrisi atau kekurangan gizi.

Cara Mencegah Pemicu Pembengkakan Pada Kaki Burung Kenari

Untuk mencegah pembengkakan pada kaki burung kenari bisa dilakukan dengan beberapa hala beriku:

  • Membersihkan sangkar secara rutin,
  • Membersihkan tangkringan atau tenggeran,
  • Tidak memberikan tenggeran atau tangkringan yang terlalu tajam atau kasar yang bisa mengakibatkan luka pada kaki burung kenari,
  • Bila tenggeran di rasa kurang cocok, umpamanya diameter terlampau besar, atau terlampau banyak diampelas, disarankan untuk ganti tenggeran yang lebih sesuai sama cengkeraman burung.
  • Memotong kuku kenari bila tampak panjang.
  • Berikan sayur yang mengandung vitamin A,
  • Untuk melindungi keadaan badan agar terus fit, dan terhindari dari defisiensi mineral, disarankan memakai vitamin burung yang banyak dijual, yang sekalian bisa menjaga serta tingkatkan system imun pada badan burung.
  • Hindarkan pemberian telur yang berlebihan.

Merawat dan Menyembuhkan Pembengkakan Pada Kaki Burung Kenari
Merawat dan Menyembuhkan Pembengkakan Pada Kaki Burung Kenari

Cara Merawat dan Menyembuhkan Pembengkakan Pada Kaki Burung Kenari

Yang biasa dilakukan para hobis kenari untuk mengobati pembengkakan kaki tersebut biasanya hanya mengoleskan minyak tawon secara rutin, salep kulit yang beredar di apotik yang biasanya digunakan untuk kulit manusia.

Namun anda juga bisa melakukan tindakan perawatan:

  1. Bersihkan kaki burung yang bengkak dengan air hangat sampai benar benar bersih
  2. kemudian usap dengan kain yang sudah diclupkan minyak tanah lalu biarkan mengering
  3. olesi dengan salep anti jamur biarkan kering sendiri dan jangan dimandikan sampai 2-3 hari
  4. berikutnya olesi kembali dengan minyak tanah dan bersihkan dengan air hangat
  5. lakukan hal tersebut rutin sampai kaki burung sembuh dari infeksinya

Pada awal awal pembengkakan, penyembuhan paling baik adalah dengan melunakkan tankringan. Langkahnya dapat memakai perban atau kain yang dililitkan pada tangkringan.

Anda juga harus memberi pola makan yang teratur serta lebih tinggi kandungan nutrisinya. Umpamanya dengan memberi sayuran berwarna hijau tua juga sebagai sumber vitamin A, atau tambah baik lagi memakai pakan burung berkwalitas tinggi (mempunyai kandungan yang lengkap dengan komposisi yang cocok serta seimbang).

Bila pembengkakan dalam keadaan telah sangatlah kronis, pemberian perban mungkin saja dibutuhkan dengan pergantian perban dengan cara berkala. Bersihkan kaki yang luka dengan cairan pembersih (bisa Revanol, atau alkohol 70%), lalu berikan obat oles khusus burung dengan cara merata. Kemudian kaki yang bengkak diperban.

Sebaiknya gunakan salep atau cream khusus burung atau unggas yang sudah direkomendasikan.

Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *