Perbedaan Kacer Jantan Dan Betina
Perbedaan Kacer Jantan Dan Betina

Perbedaan Kacer Jantan Dan Betina

Posted on

KICUIT.com – Cara membedakan burung kacer jantan dan betina dari ciri fisik, tingkah laku dan suara kicauanya. Mendengar nama burung yang satu ini pasti yang terlintas dibenak anda adalah hewan unggas yang memiliki ciri tubuh identik dengan warna hitam dan putih, benar sekali kacer merupakan burung yang mempunyai ciri fisik ekor retalif panjang dan bulu dominan berwarna hitam dan putih. Sangat mudah untuk mengenalinya, apa lagi dengan tingkah lakunya yang unik yaitu selalu menggerakkan ekornya keatas saat mencari makanan di tanah. Populasinnya di dunia bisa ditemukan pada kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan pada daratan rendah di ketinggian lebih kurangnya 1000 meter diatas permukaan laut.

Selain perawakan tubuh ideal yang begitu mempesona, burung kacer terkenal akan suara kicauan merdu, lantang dan bervariasi. Tingkah lakunya saat berkicau hampir tidak ditemukan pada burung penyanyi lainnya dan menjadi keunikan tersendiri. Ketika berkicau ia akan mendongakkan kepala keatas sambil bernyanyi, prilaku unik tersebut membuat kicau mania yang menyebutnya dengan istilah ngobra, sebab jika diamati tingkah lakunya tersebut sangat mirip dengan gerakan ular cobra. Akan tetapi terdapat perbedaan kacer jantan dan betina dari segi kicauannya, sang jantan memiliki suara gacor yang sangat bervariasi, sementara betina kicauannya lebih monoton. Maka tak heran banyak orang berburu mp3 suara kacer jantan untuk dijadikan bahan pemasteran burung sejenis hingga burung lainnya (Baca: Cara Merawat Burung Kacer Untuk Lomba), karena diangap sangat baik untuk menumbuhkan mental burung kicau.

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, untuk kamu yang mungkin seorang pemula berniat untuk menangkar kacer sebagai burung master untuk nantinya di ikutsertakan pada perlombaan kami saran memilih jenis kelamin jantan dari pada betina, sebab suara gacornya lebih lantang dan bervariasi, berbeda halnya untuk yang ingin melakukan budidaya burung anda memerlukan kedua-duanya. Nah untuk mengetahui jenis kelaminnya kami akan berbagi tips trik cara membedakan burung kacer jantan dan betina dari mulai ciri fisik, tingkah laku dan suaranya yang bisa anda gunakan sebagai acuan sebelum membelinya. Baiklah tidak usah terlalu lama menunggu mari langsung saja simak ulasan lengkapnya melalui tabel yang kami sediakan dibawah ini.

Ciri Burung Kacer Jantan dan Betina :

Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina
Ciri Kacer Jantan Ciri Kacer Betina
Bentuk tubuh ramping dan ideal Bentuk tubuh bulat dan membundar
Dada terlihat datar atau merata Dada tampak lebih menonjol ke depan
Ketika berdiri terlihat gagah dan tegap Saat berdiri tampak lebih bungkuk dari jantan
Bentuk kepala persegi dengan sisi bagian atas merata Bentuk kepala cendrung lebih menonjol
Paruh relatif pendek dengan warna hitam di bagian atas dan bawah Paruh relatif lebih panjang
Bulu hitam pada sayap dan punggung tampak pekat Bulu hitam pada punggung dan sayap terlihat keabu-abuan
Suara lantang, merdu dan bervariasi Suara terdengar lebih monoton

Bagaimana setelah melihat beberapa perbedaan ciri fisik, tingkah laku dan suaranya pasti anda sudah mengetahui perbedaan dari jenis kelamin burung kacer bukan ? Jika anda memilih sang jantan untuk burung master, langkah selanjutnya adalah melakukan perawaratan harian yang baik dan benar. Untuk merawatnya tidak jauh berbeda dengan jenis burung lainnnya, anda bisa memandikan serta menjemurnya secara rutin, pemberian pakan bernutrisi tinggi secara teratur, tambahan makanan (ekstra food), menjaga kebersihan kandang dan melakukan pemasteran agar kacer cepat buka paruh. Lakukan pemasteran secara bertahap dan jangan memaksakan kehendak, sebab dapat mengakibatkan stress hingga mati bunyi. Demikianlah tadi informasi seputar burung terkait cara membedakan kacer jantan dan betina yang dapat kami hadirkan pada hari ini, sekian dulu perjumpaan kita semoga bermanfaat salam hangat kicau mania tanah air.


Bahasan :
Perbedaan Kacer Jantan Dan Betina, Ciri Fisik Kacer Jantan Vs Betina, Burung Kacer, Cara Membedakan Burung Kacer Betina,beda Burung Jantan Dan Betina Pada Kacer, Suaraburungkacerjantan, Perbedaan Paruh Jantan Dan Betina Kacer, Kacer Jantan Vs Kacer Betina, Ciri Kacer Jantan, Cara Mengetahui Kelamin Burung Kacer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *