Sangkar Burung Yang Baik Untuk Burung Kicau
Sangkar Burungau

Sangkar Burung Yang Baik Untuk Burung Kicau

Posted on

KICUIT.com – Seperti apa Sangkar Burung Yang Baik Untuk Burung Kicau ? – Jika memang anda penggemar burung sejati dan sudah sepenuhnya terjun di dalamnya, pastilah anda harus mengetahui apa apa saja yang baik untuk burung peliharaan anda. Pembahasan ini menjadi sangat penting, apa lagi menyangkut sangkar burung, tempat di mana burung tinggal. Ada beberapa jenis penyakit burung yang di sebabkan oleh kondisi sangkar yang tidak layak, baik itu dari bahan sangkar, kualitas dan tata ruang sangkar. Dan yang terpenting anda harus mengetahui sangkar yang cocok untuk jenis burung yang anda pelihara, jangan sampai anda salah memilih sangkar sehingga berakibat buruk untuk burung tersebut. Simak ulasan tentang Sangkar Burung Yang Baik Untuk Burung Kicau berikut ini.

Sangkar Burung Yang Baik Untuk Burung Kicau


1. Bahan Rangka Sangkar

rangka sangkar burung bisa di buat dari bermacam macam bahan, di antaranya adalah logam, bambu, kayu, serta rotan. Bahan dari logam memang kuat, dan bahan jenis ini di khusus kan untuk beberapa jenis burung yang memiliki karakteristik yaitu burung dengan paruh bengkok, burung dengan paruh tajam serta burung dengan kebiasaan mengerat. Sangkar dari logam cenderung kuat dan mudah di bersihkan, namun dapat berkarat dan beberapa jenis logam sangkar beracun, dan dapat menimbulkan penyakit pada burung.


Sangkar Burung Yang Baik Untuk Burung Kicau
Industri Sangkar Burung Rumahan

2. Ukuran Sangkar

Anda pun perlu memperhatikan ukuran sangkar, karena ukuran sangkar di tentukan oleh besar kecilnya burung yang anda pelihara. Untuk beberapa ukuran bisa anda lihat selengkapnya

  • Burung Besar berekor panjang

Burung dengan ukuran tubuh besar atau memiliki ekor yang panjang contohnya adalah burung murai batu, poksai, cucakrowo dan lain sebagainya. Untuk jenis ini kandang yang digunakan adalah berbentuk bulat ataupun kotak dan berukuran dengan diameter 50 cm, dengan tinggi antara 60 sampai 75 cm

  • Burung Ukuran Menengah

Burung dengan ukuran tubuh menengah contohnya adalah cendet, anis merah ataupun anis kembang. Untuk jenis ini, gunakanlah sangkar dengan bentuk bulat atau kotak ukuran pangan nya yaitu 30 -35 cm, dan tinggi nya yaitu 60 – 75 cm

  • Burung Ukuran kecil

Burung dengan ukuran kecil di antarnya adalah prenjak, tledekan, kolibri, ciblek serta burung lain yang se ukuran. Berikan sangkar dengan panjang 20 sampai 30 cm dan dengan tinggi 40 cm.

  • Burung Dengan Ukuran Khusus

Burung dengan ukuran khusus seperti contohnya branjanga dan kenari. Anda bisa membuat sangkar dengan ukuran burung menengah dan di beri 2 atau 3 tangkringan


3. Jarak Jeruji

Untuk jarak antar jeruji, anda harus memperhatikan ukuran kepala burung, agar tidak bisa keluar melalui sela sela jeriju sangkar. Untuk burung burung dengan kelakuan yang masih giras, anda bisa menggunakan jeruji berjenis rapat dan sempit.


4. Tangkringan / Tenggeran

Kayu tengeran yang bagus terbuat dari kayu yang memiliki kekerasan tinggi dan kasar namun tidaklah tajam. Tenggeran bisa berjumlah satu, dua, ataupun tiga.


5. Tempat Mandi

Untuk tempat mandi, anda bisa menggunakan bak keramba yang di khususkan untuk mandi, ataupun cepuk.


Demikian informasi tentang Sangkar Burung Yang Baik Untuk Burung Kicau, tentunya kenyamanan burung akan membuat performa burung menjadi lebih baik. Dan anda pun akan mendapatkan kicauan terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat, sampai jumpa dan terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *