Teknik Perawatan Burung Kenari Yang Benar Bagi Pemula 2
Burung Kenari

Teknik Perawatan Burung Kenari Yang Benar Bagi Pemula

Posted on

KICUIT.com – Burung kenari saat ini semakin banyak dilirik dan diminat sebagian besar masyarakat untuk memeliharanya. Bahkan tak jarang dari mereka juga memelihara burung ini karena hanya ikut-ikutan tren banyak orang dalam memelihara burung ini. Bagi Anda yang tergolong sebagai orang yang dalam yang ikut-ikutan dalam memelihara burung ini, maka akan lebih baik jika Anda mempelajari cara merawatnya terlebih dahulu.

Sebab pada dasarnya ini menjadi sesuatu yang penting, karena jika ilmu dasar mengenai memelihara burung belum dipahami, maka selanjutnya bisa dipastikan bahwa burung yang sedang dirawat tidak akan hidup dengan waktu yang lama. Bahkan, ada kemungkinan Anda tidak akan pernah dapat mendengarkan suara yang berasal dari paruhnya karena untuk merawatnya saja Anda dirasa kurang tepat.

Jadi akan lebih baik jika Anda mempelajari cara merawat burung ini dan berikan tips yang sudah dipelajari dalam merawatnya sehingga Anda tidak keliru dalam memelihara dan merawat burung baru miliki Anda. Kali ini Anda adalah pemilik burung yang pertama kali akan merawatnya jadi ada hal-hal yang perlu diperhatikan meskipun hal tersebut adalah hal yang sepele.

Teknik Perawatan Burung Kenari Yang Benar Bagi Pemula
Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari Dengan Benar Untuk Para Pemula

Hindarkan Burung Dari Sinar Matahari Secara Langsung

Burung ini jika terkena sinar matahari secara langsung, apalagi pada saat terlebih saat pada cuaca yang sangat terik tentunya akan berakibat fatal pada kondisi dari burung. Tak jarang juga akan timbul beberapa kemungkinan yang terparah dan hal tersebut mampu menjadi faktor penyebab dadi kematian yang diakibatkan oleh beberapa serangan yang disebut dengan heat stroke.

Apabila Anda memang ingin menjemur burung ini, cara yang paling tepat adalah dengan memilih waktu yang paling tepat. Waktu yang tepat ini dianjurkan dalam saat tiba waktu pagi hari. Pagi hari pada saat matahari terbit atau juga bisa pada sore hari ketika matahari sedang akan mulai terbenam.

Hindarkan Burung Dari Angin Yang Kencang

Anda dapat menggantungkan sangkar burung dari Burung Kenari pada semua tempat. Namun ada hal yang wajib untuk diperhatikan yang mana Anda tetap harus memilih lokasi yang tidak jauh dari adanya embusan angin yang relatif kencang. Masalah ini memang terkesan seperti hal yang biasa namun kerap diabaikan oleh  pemula. Pada akhirnya burung yang sedang Anda rawat akan mudah terserang berbagai penyakit.

Solusi yang paling tepat dari masalah ini adalah dengan tidak menempatkan burung yang mana dekat dengan embusan angin seperti dekat jendela bahkan juga depan jendela, dekat dengan lubang udara, dekat dengan kipas angin maupun pendingin ruangan. Anda pun harus bisa menambahkan beberapa lilin yang berguna untuk dijadikan indikator pada saat ada embusan kencang maupun tidak kencang.

Selalu Berikan Burung Air Yang Bersih

Hal yang perlu Anda ketahui tentang Burung Kenari adalah burung ini punya  metabolisme dengan tingkat yang sangat tinggi. Bahkan burung ini juga tidak dapat hidup jika pasokan air selama 24 jam tidak terpenuhi. Dengan demikian, sebisa mungkin Anda selalu memberikan air dengan kondisi yang bersih di setiap harinya. Selain itu, Anda juga tidak boleh lupa agar selalu mengganti pasokan air setiap hari hal ini bertujuan agar kualitas air minum dari burung akan selalu tetap terjaga.

Berikan Pakan Jenis Biji-bijian

Jangan pernah lupa, bahwa Anda wajib untuk selalu menyuplai burung kesayangan dengan pakan berupa biji-bijian. Jumlah pakan yang diberikan perlu banyak, namun yang menjadi hal terpenting adalah pakan biji-bijian harus bisa mencukupi semua kebutuhan untuk perut burung pada setiap harinya. Anda juga bisa memberikan campuran pakan dari biji-bijan yang punya kualitas terbaik.

Cara di atas dapat Anda lakukan ketika sedang memelihara Burung Kenari. Terutama jika Anda adalah pemula sehingga pada akhirnya burung yang dimiliki akan selalu terjaga kebersihan dan juga terjaga kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *