Tips Cara Merawat Burung Lovebird Muda Agar Rajin Bunyi Dan Siap Lomba
Burung Lovebird Muda

Tips Cara Merawat Burung Lovebird Muda Agar Rajin Bunyi Dan Siap Lomba

Posted on

KICUIT.com – Kali ini kita coba nahas tips cara merawat burung lovebird muda agar rajin bunyi dan siap lomba. Banyak penggemar yang merawat dan memelihara lovebird sejak usia sangat muda. Hal ini tidak terlepas dari harga jualnya yang relatif terjangkau secara umum, dan harga lovebird warna lokal maupun standar masih murah di kisaran harga 200 – 400 ribu.

Baca Juga :
Mengenal 9 Jenis Burung Lovebird Utama Dengan Gambar Lengkap
Perawatan Burung Love Bird Pada Saat Mabung

Tujuan lain memelihara lovebird muda adalah memberi kesempatan kepada pemilik ataupun perawat untuk memaster dan melatihnya. Lovebird muda atau umur kurang dari 4 bulan umumnya masih dalam tahap belajar bersuara. Dalam usia ini lovebird sudah memiliki kemampuan bersuara ngekek namun belum maksimal setelah berumur lebih dari 5 bulan. Burung lovebird akan menggunakan suara kicauan yaitu untuk mendapatkan perhatian dari burung betina yang menjadi pasangannya, begitu pula sebaliknya.

Tips Cara Merawat Burung Lovebird Muda Agar Rajin Bunyi Dan Siap Lomba

Bagi kicau mania yang memiliki lovebird, muda tugas yang mesti dilakukan adalah melatinya agar memiliki stamina cukup dan dapat rajin bunyi beberapa cara yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Rutin Memandikan Burung Hingga Basah Kuyup

Memandikan lovebird hingga basah kuyup dipercaya bisa meningkatkan stamina yang membuatnya lebih rajin berbunyi dengan suara yang panjang. Cara memandikannya tidak boleh sembarangan. Nah berikut ini beberapa tips cara memandikan lovebird hingga basah kuyup:

  • Pagi hari sekitar pukul 07.00 burung disemprot hingga basah menggunakan semprotan mandi, yang penting harus benar-benar dalam kondisi basah kuyup
  • Setelah itu burung dijemur hingga pukul 09.30 pagi
  • Kemudian dinginkan sebentar kurang lebih 5 sampai dengan 10 menit
  • Selanjutnya semprot kembali burung hingga basah kuyup lalu dijemur hingga pukul 12.00 siang
  • Setelah dijemur burung di gantangan di tempat teduh atau tempat biasanya burung tersebut di gantang
  • Selama burung bersantai hingga sore hari kita bisa melakukan pemasteran dengan menggunakan burung masteran tidak jauh dari sangkarnya dengan rutin.

Dengan melakukan tindakan-tindakan di atas maka dalam beberapa hari atau minggu lovebird muda akan mengalami perkembangan, misalnya menjadi lebih aktif dan lebih rajin berbunyi

2. Memberikan Pakan Secara Tepat

Faktor yang mempengaruhi kondisi burung adalah pakan yang tepat, pemberian makan pada lovebird muda diusahakan bervariasi. Baik pakan bijian yang biasanya di konsumsi seperti; milet putih, pelet, kuaci dan lain sebagainya. Alternatif lain adalah pakan bijian berkecambah. Pakan tersebut memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi. Karena jika hanya diberi milet putih saja, burung cenderung mengalami kegemukan.

3. Berikan Ekstra Puding Buah Dan Sayuran

Berikan sayuran seperti: kangkung, taoge dan jagung muda pada lovebird muda kita. Karena bisa membantu meningkatkan birahinya sehingga mempercepat proses rajin bunyi. Pakan tersebut bisa diberikan secara bergantian setiap harinya.. Buah-buahan bisa diberikan satu sampai dua kali dalam seminggu.

Itulah beberapa hal yang bisa memancing dan membuat lovebird muda lebih aktif dan rajin berbunyi. Jika kita merawat dengan rutin dan telaten, lovebird kesayangan burungmania yang masih muda pasti akan lebih aktif berbunyi, serta mengeluarkan kece dan yang panjang dan berkualitas. Semoga ulasan Tips Cara Merawat Burung Lovebird Muda Agar Rajin Bunyi Dan Siap Lomba nya bermanfaat dan salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *