Memandikan Musang Peliharaan
Memandikan Musang Peliharaan (Img. Facebook Musang Lover Indonesia)

Tips Dan Cara Memandikan Musang Peliharaan

Posted on

KICUIT.com – Memandikan Musang Peliharaan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang pemelihara musang.  Karena hal ini sangat baik untuk kesehatan si musang, karena musang akan bersih dan terhindar dari penyakit.

Memandikan Musang Peliharaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, Bisa disemprot langsung dalam kandang, atau dengan mengangkat ekor musang kemudian disiram, ditaruh dibawah dipegang ekornya kemudian diguyur, dll. Tapi tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus dengan perlakukan teknik khusus, karena musang bisa saja panik dan menyerang, menggigit atau melukai anda.

Berikut ini kami ulaskan beberapa Tips Dan Cara Memandikan Musang Peliharaan anda seperti yang kami kutip dari Facebook Musang Lover Indonesia.

Tips Dan Cara Memandikan Musang Peliharaan

  1. Sebelum memandikannya usahakan Kuku musang anda gunting terlebih dahulu, Anda bisa melakukannya dengan bantuan kawan atau orang lain, untuk menghindari hal membahayakan dan yang tidak diinginkan jika musang berontak atau panik.
  2. Lakukan penyiraman atau penyemprotan pada musang di dalam kandangnya dengan air, lakukan dengan perlahan dan lembut hingga basah, sehingga musang merasa nyaman.
  3. Kemudian pegang ekor musang,  tarik dengan perlahan dgn tangan kiri, dan balurkan shampoo di seluruh tubuh musang hingga merata, lakukan dengan tangan kanan pakai glove kulit, (bila musang gatot atau berontak).
  4. Selanjutnya lakukan pembersihan Shampoo atau sabun dengan memBilas tubuh musang sampai bersih.
  5. Keringkan Musang dengan melap tubuhnya dengan handuk tebal
  6. Dan keringkan di bawah sinar matahari 5 Menit sampai15 menit, atau bisa juga anada lakukan dengan bantuan kipas angin atau hair dryer yang di set dengan panas kecil, Namun perlu diketahui biasanya musang takut dengan suara berisik, sehingga sangat tidak dianjurkan mengeringkan tubuhnya dengan alat.  Keringkan saja dengan cara alami saja atau biarkan kering sendiri.
Memandikan Musang Peliharaan
Memandikan Musang Peliharaan (Img. Facebook Musang Lover Indonesia)

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Hal Memandikan Musang

  • Jangan memandikan musang yang masih berumur 1-2 bulan kebawah, Sebaiknya di lap saja dengan kain basah hangat.
  • Musang yang berusia 2-3 bulan keatas sudah boleh di mandikan
  • Ada yang mengatakan bila bayi musang dimandikan akan mengalami katarak adalah tidak benar, katarak adalah penyakit yang timbul akibat kurangnya asupan multi vitamin (vitA) atau karena terkena radang mata (virus) atau infeksi mata.
  • Usahakan untuk memandikan Musang 1 minggu sekali, atau 2 minggu sekali, sevara teratur, atau jika kotor karena makan menempel di tubuhnya, atau kalau ingin pergi gath.
  • Shampoo yang dipakai untuk memandikan musang merknya terserah anda, bisa juga memakai shampoo yang dipakai manusi yang khusus untuk bayi, Atau shampo anjing atau kucing yang banyak di jual.
  • Shampo yang paling aman adalah shampoo bayi, karena shampoo bayi biasanya tdk perih di mata, sehingga ini bisa menjadi perhatian khusus bagi anda saat memandikan musang, bila sahampoo kena mata musang, segera saja di bilas…
  • Air untuk memandikan musang bisa dengan air hangat atau air dingin, asal jangan air es.
  • Pada dasarnya musang takut dengan air, sehingga saat memandikan perlu dilakukan dengan perlahan, apalagi musang tersebut masih belum jinak. Bila musang sudah jinak biasanya tidak mengamuk, musang hanya menghindar saja ketika di siram.

Demikian beberapa Tips Dan Cara Memandikan Musang Peliharaan untuk dipraktekkan. Semoga membantu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *