Tips Memilih Jenis Pakan Untuk Ikan Lele
Tips Memilih Jenis Pakan Untuk Ikan Lele

Tips Memilih Jenis Pakan Untuk Ikan Lele

Posted on

Tips Memilih Jenis Pakan Untuk Ikan Lele – Beternak ikan lele memang terbilang cukup mudah, karena itulah saat ini telah banyak seseorang yang mulai mencoba usaha ternak ikan lele ini. Dalam beternak usaha beternak apapun tentunya pemberian pakan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Namun, pemberian pakan ini tidak bsa dilakukan secara sembrono. Anda harus tahu dengan detail pakan apa yang cocok untuk hewan ternak agar hewan ternak tersebut bisa sehat dan bisa mendatangkan keuntungan.

Baca Juga :
Waw! Jenis-jenis Kucing Lucu Yang Perlu Anda Ketahui
Cara Sederhana Ternak Ikan Betutu

Untuk pakan ikan lele, ada banyak sekali jenis yang bisa anda pilih. Beberapa jenis pakan ikan lele tersebut bisa anda temukan di pasaran. Selain memilih jenis pakan, hal yang tak kalah penting adalah aturan pemberian pakan yang tepat. Bagi anda yang ingin memulai usaha bisnis ikan lele, disini akan kami sajikan beberapa jenis pakan ikan lele yang bisa anda pilih . Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya dibawah ini.

Tips Memilih Jenis Pakan Untuk Ikan Lele

Pelet

Tips Memilih Jenis Pakan Untuk Ikan Lele
Pakan Untuk Ikan Lele

Salah satu jenis pakan ikan lel yang paling sering digunakan oleh para pengusaha ternak ikan lele adalah pelet. Pelet ini merupakan salah satu pakan buatan yang diprosuksi oleh pabrik. Untuk komposisi dari pelet ini terdiri dari campuran tepung (terigu, ikan, daging) bungkil kedelai, kelapa mineral, minyak, dedak, dan macam-macam vitamin. Pakan pelet memiliki dua jenis yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. Meski kedua jenis pelet memiliki sifat yang berbeda, namun sangat disukai oleh ikan lele.

Pakan tambahan

Pakan tambahan ini merupakan jenis pakan yang yang digunakan hanya untuk pembesaran dan meminimalisir biaya produksi. Pakan tambahan ini biasanya diberikan sekitar sepuluh hari menjelang masa panen. Pakan tambahan yang sering digunakan seperti ayam tiren, ikan runcah dan lain sebagainya.

Pakan alami

Pakan alami merupakan pakan yang berasal dari bahan alam langsung yang meiliki kendungan protein yang cukup tinggi. Untuk pakan alami ini yang biasa digunakan oleh para peternak ikan lele adalah cacing sutra. Cacing sutra ini sangat cocok diberikan untuk ikan lele yang masih dalam proses pembenihan. Cacing sutra ini sangat beik diberikan untuk benih ikan lele setelah berumur 4 sampai 13 hari.

Itulah tadi beberapa Jenis Pakan Untuk Ikan Lele yang bisa anda gunakan untuk ternak lele anda. Semoga informasi mengenai Tips Memilih Jenis Pakan Ikan Lele ini dapat bermnfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *