Tips Merawat Burung Lovebird Agar Kicauannya Panjang
Tips Merawat Burung Lovebird Agar Kicauannya Panjang

Tips Merawat Burung Lovebird Agar Kicauannya Panjang

Posted on

KICUIT.com – Burung lovebird memang sudah dikenal memiliki bentuk tubuh mungil dan bulu yang indah. Ternyata selain dilihat dari tubuhnya yang indah burung ini juga memiliki kicauan yang cukup menjanjikan. Kicauan burung lovebird bisa sangat panjang sehingga burung ini sering dicari oleh para pecinta burung kicau dan juga pecinta burung hias.

Kicauan burung lovebird biasa disebut dengan ngekek. Dikarenakan tubuhnya yang indah dan kicauan yang mumpuni membuat burung ini banyak dicari oleh pecinta burung. Bagi Anda yang memiliki burung lovebird dan ingin merawat burung tersebut agar memiliki kicauan yang panjang maka harus melakukan perawatan yang benar. Seperti memberikan nutrisi lengkap, merawat dengan baik dan benar, serta konsisten.

Tips Merawat Burung Lovebird Agar Kicauannya Panjang

Pengembunan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan agar memiliki burung lovebird yang memiliki kicauan panjang adalah dengan pengembunan. Proses pengembunan pada lovebird ini dilakukan pada pagi hari saat matahari belum terbit, yakni mulai pukul 04.00 pagi. Usahakan pada pagi hari gantung burung lovebird di luar rumah agar mendapatkan udara yang segar dan embun pagi. Dengan cara pengembunan ini membuat burung lovebird tidak mudah stres karena menghirup udara pagi yang masih segar dan sehat.

Rajin Memandikan

Tips selanjutnya adalah mandikan burung lovebird dengan rajin. Banyak orang yang menyepelekan dalam memandikan burung, padahal banyak manfaat yang akan diperoleh jika rajin memandikan burung, seperti burung lebih sehat karena terhindar dari bakteri, tampak bersih, dan stamina burung lebih terjaga. Memandikan burung bisa dilakukan di pagi hari dan juga siang hari.

Setiap pagi hari Anda bisa memandikan burung lovebird sekitar pukul 07.00-08.00. Jika Anda memandikannya pada siang hari sekitar pukul 12.00-13.00. Setelah dimandikan jemur burung lovebird di bawah sinar matahari sekitar 15 menit agar bulunya cepat kering. Setelah kering lovebird bisa diangin-anginkan di teras rumah atau pohon yang tidak terkena panas matahari langsung.

Memberi Makan Lovebird

Makanan juga menjadi hal yang harus diperhatikan pada saat merawat lovebird agar menghasilkan kicauan yang panjang. Nutrisi lovebird harus bergantian dan bervariasi, buah dan sayuran. Adapun makanan tambahan yang bagus untuk lovebird seperti kecambah, kangkung, touge, dan juga jagung muda. Jenis makanan tersebut membuat burung lovebird lebih energik.

Memberikan Vitamin

Pemberian vitamin pada lovebird bertujuan agar lebih sehat dan kemampuan berkicaunya meningkat. Namun, dalam memberikan vitamin tidak boleh berlebihan karena akan membahayakan lovebird itu sendiri. Pemberian vitamin gunakan sewajarnya saja karena hanya untuk menunjang kesehatan burung lovebird.

Rajin Membersihkan Kandang

Saat burung lovebird sudah dirawat dan dibersihkan Anda juga tidak boleh membiarkan kandangnya kotor dan tidak sehat. Kandang yang kotor membuat burung lovebird tidak sehat dan mudah terkena penyakit. Sebaiknya bersihkan kandang setiap hari, baik itu dari kotoran, sisa makanan, dan bulu burung lovebird yang jatuh.

Pemasteran

Proses pemasteran merupakan hal wajib yang harus dilakukan agar burung lovebird bisa berkicau panjang. Anda bisa melakukan pemasteran dengan burung lovebird lain dan bisa juga dengan suara burung yang sudah direkam dalam bentuk mp3. Usahakan lingkungan dalam kondisi yang sunyi agar tidak mengganggu proses pemasteran.

Berikan Kenyamanan

Kenyamanan juga merupakan faktor penting yang tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya tempat yang nyaman juga akan membuat burung lovebird merasa tenang dan bisa berkicau dengan panjang. Tempat yang nyaman di sini ialah tempat yang tidak bisa dijangkau kucing, anjing, dan bebas dari gangguan semut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *