Tips Perawatan Lovebird Mabung Agar Cepat Tuntas
Lovebird Mabung

Tips Perawatan Lovebird Mabung Agar Cepat Tuntas

Posted on

KICUIT.com Lovebird adalah jenis burung paruh bengkok yang banyak dipelihara oleh pecinta burung kicauan. Untuk mendapatkan lovebird yang berkualitas tentunya harus dipelihara dengan sebaik mungkin. Perawatan harian yang harus anda lakukan di rumah yaitu mulai dari pemandian, penjemuran, pakan dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun perawatan harian lovebird berbeda halnya dengan perawatan lovebird mabung.

Perlu anda ketahui, mabung adalah proses rontoknya bulu untuk pergantian bulu yang baru. Dan untuk proses seperti ini akan dialami oleh setiap jenis burung yang tumbuh dengan normal, tanpa terkecuali lovebird. Lovebird di tiap tahunnya akan mengalami proses mabung untuk pergantian bulu yang baru. Perawatan lovebird mabung ini harus anda lakukan dengan sebaik mungkin sampai mabungnya sukses.

Perawatan Lovebird Mabung

Ketika lovebird mengalami mabung, metabolisme burung pada umumnya meningkat sebanyak kurang lebih 50%. Sehingga, untuk lovebird yang sedang mabung ini perlu banyak asupan nutrisi serta kebutuhan vitamin yang cukup. Protein ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan dan juga untuk mempertahankan bulu yang baru.

Perawatan lovebird mabung memang penting sekali untuk dilakukan. Sebab pada waktu masa mabung, tubuh lovebird ini kehilangan 25% dari seluruh protein yang ada pada burung tersebut. Ternyata, pada bagian bulu-bulu lovebird tersebut ada kurang lebih sekitar 90% protein yang diperlukan oleh burung lovebird.

Kerodongi Lovebird Mabung

Perawatan lovebird mabung yang pertama kali yaitu mengerodongi lovebird tersebut. Ketika dalam proses mabung, lovebird tidak memiliki bulu yang lengkap. Untuk perawatan lovebird, anda perlu mengkerodonginya berlapis-lapis.

Karena, ketika proses mabung bulu-bulunya tidak akan bisa melindungi tubuhnya dari dinginnya udara. Bisa juga anda menggunakan kerodong yang dibuat dengan bahan tebal.

Namun, jangan mengkerodong lovebird dengan terus-menerus, anda bisa membuka kerodongnya dan mengangin-anginkannya di tempat yang sejuk.

Lakukan Pemandian Seminggu Sekali

Perawatan lovebird mabung yang selanjutnya bisa anda lakukan dengan pemandian selama satu minggu sekali saja. Anda jangan terlalu sering memandikan lovebird yang mabung. Sebab, kondisi badannya berbeda sekali dengan lovebird yang sedang mabung.

Jika pada saat lovebird mabung terlalu sering dimadikan, maka hanya akan menjadikan pertumbuhan bulu menjadi terhambat. Pemandian biasanya dilakukan waktu bulu-bulu baru mulai muncul, dan bukan saat keadaan bulu tersebut sedang rontok.

Pemandian lovebird bisa dilakukan 2 sampai 3 hari sekali ketika bulu-bulu baru mulai tumbuh. Kemudian, mandikanlah setiap hari sesudah semua bulunya dapat tumbuh dengan sempurna.

Hindari Penjemuran

Perawatan lovebird mabung juga bisa dilakukan dengan menghindari proses penjemuran. Karena, sinar matahari dapat mengurangi kelembaban yang ada pada tubuh burung lovebird.

Berikan Pakan Bernutrisi

Perawatan lovebird mabung yang harus anda perhatikan yaitu memberikan pakan tambahan yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Anda bisa memberikan pakan berupa jagung muda, kuaci dan juga daun kangkung secara bergantian dengan porsi yang lebih banyak dari pada perawatan harian lovebird.

Jika perawatan lovebird mabung bisa anda lakukan dengan baik dan benar, maka lovebird peliharaan anda bisa memiliki kualitas yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *