Tips Simple dan Mudah Beternak Burung Puyuh Petelur
Burung Puyuh Petelur

Tips Simple dan Mudah Beternak Burung Puyuh Petelur

Posted on

KICUIT.com – Salah satu peluang usah yang lumayan banyal digemari oleh banyak orang adalah usaha ternak burung puyu petelur. Dalam usaha burung petelur ini memang terbilang cukup sulit untuk dilakukan. Karena itula tak jarang para pemula yang mengalami kegagalan dalam usaha ternak burung puyuh petelur ini. Bagi anda yang ingin memulai usaha ternak burung puyuh, sebaiknya anda harus terlebih dahulu tahu secara detail mengenai seluk beluk usaha burung puyuh petelur ini. Dengan begitu, maka anda akan lebih mudah dalam menjalankan usaha ternak burung puyuh petelur ini.

Dalam beternak burung puyuh petelur terdapat dua cara yang biasa dilakukan oleh para peternak yaitu dengan sistem Litter dan kandang beterai. Kedau cara tersebut memiliki klebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk sistem kadang baterai, peternak akan lebih mudah dalam melakukan perawatan dan pengambilan telur. Sedangkan untuk sistem litter biasanya telur sering tertimbun atau tertutupi oleh serbuk sekam atau gergaji sehingga seringkali para peternak tidak sengaja menginjak telur yang tertimbun tersebut.

Beternak Burung Puyuh
Gurihnya Rezeki Beternak Burung Puyuh

Cara Beternak Burung Puyuh Petelur Secara Garis Besar

  • Hal pertama yang harus dilakukan dalam memulai usaha ternak burung puyuh petelur adalah menyiapkan kandang. Untuk peletakan kandang yang ideal adalah memanjang dari timur ke barat.
  • Siapkan bibit burung puyuh petelur. Untuk bibit burung puyuh ini anda bisa memesan puyuh dara agar perawatannya bisa lebih mudah dan bisa memperkecil resiko kematian.
  • Isilah kandang puyuh dengan kepadatan yang tepat. Untuk panjang baterai, usahakan jangan melebihi ukuran 2 meter dengan lebar sekitar 70 cm. Hal ini dilakukan untuk menghindari aktivitas berlebihan serta akan lebih mempermudah anda dalam melakukan pembersihan kandang. Sedangkan untuk tinggi kandang sekitar 30-40 cm agar burung puyuh bisa berloncat-loncat dan menjadi lebih sehat. Dalam satu box dengan ukura tersebut, nisa diisi dengan burung puyuh sekitar 30 ekor.
  • Selanjutnya adalah menyiapkan pakan khusus. Burung puyuh memang bisa mengkonsumsi pakan ayam. Namun, alangkah lebih baiknya anda memberikannya dengan pakan khusus untuk burung puyuh petelur.
  • Berikutnya adalah melakukan perawatan yang intensif pada burung puyuh petelur. Jauhka kandang burung puyuh petelur tersebut dari kebisingan agar burung puyuh tidak stress.

Itulah tadi Tips Simple dan Mudah Beternak Burung Puyuh Petelur yang bisa anda terapkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *