Tips Sukses Bisnis Ternak Ayam Potong
Ternak Ayam Potong

Tips Sukses Bisnis Ternak Ayam Potong

Posted on

KICUIT.com – Salah satu peluang bisnis yang banyak digemari oleh banyak orang saat ini adalah beternak ayam potong atau yang sering disebut dengan ayam broiler. Bisnis ternak ayam potong ini memang sudah sangat lama dikenal, namun sampai saat ini permintaan pasar untuk ayam potong ini semakin tinggi. Namun meningkatnya permintaan pasar ini tidak diimbangi dengan banyaknya peternakan ayam potong. Hal ini menyebabkan pada hari-hari tertentu, harga dari ayam potong ini melonjak tinggi hingga 3 – 4 kli lipat. Dalam kondisi seperti ini, tentunya bisa menjadi salah satu peluang usaha bagi anda untuk juga memulai mendirikan usaha ternak ayam potong ini.

Dengan mendirikan usaha ternak ayam potong, anda tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan yang besar, namun juga bisa membantu menstabilkan harga yang sering terjadi.

Tips Sukses Bisnis Ternak Ayam Potong

Bagi anda yang ingin memulai beternak ayam potong, anda harus tahu dengan sagat detail seluk beluk dalam usaha beternak ayam potong, karena tak sedikit pemula yang mencoba beternak ayam potong mengalami kerugian. Untuk itu, sangat penting untuk mengatahui tentang tata cara berternak ayam potong serta cara pemasarannya. Dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa anda coba dalam beternak ayam potong. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya Tips Sukses Bisnis Ternak Ayam Potong dibawah ini.

Tips Sukses Bisnis Ternak Ayam Potong
Bisnis Ternak Ayam Potong

Membuat kandang untuk ayam potong

Hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam udaha bternak ayam potong adalah membuat kandang. Membuat kandang untuk ayam potong, haruslah menyesuaikan dengan pencahayaan matahari yang masuk kekandang serta kebutuhan angin untuk ayam potong. Selain itu, suhu ruagan yang ada di dalam kandang ayam harus bisa tetap hangat dan terjaga. Hal ini dikarenakan, suhu ruangan memiliki pengaruh yang sangat penting untuk kesehatan ayam potong.

Memulai beternak ayam potong

Jika kandang sudah siap digunakan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk beternak ayam potong seperti, tempat makan dan minum, dan listrik, dan penghangat. Dalam beternak ayam potong, anda harus memberikan perhatian yang lebih ekstra sampai ayam berumur 14 hari, dikarenakan pada masa tersebut akan sangat berpengruh terhadap kesuksesan dalam beternak ayam potong. Selain itu, anda harus menjaga kestabilan suhu didalam ruangan kandang. Suhu ruangan tersebut jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin.

Lakukan pemberian vitamin dan vaksinasi pada ayam potong

Untuk pemberian vitamin, anda bisa memerikannya setiap hari hingga masa panen tiba. Sedangkan untuk vaksinasi, anda bisa melakukannya 3 kali sehari dengan vaksin tetes satu kali dan vaksin minum dua kali.

Itulah tadi Tips Sukses Beternak Ayam Potong Bagi Pemula yang bisa anda coba, semoga informasi ini bisa beranfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *