Memilih Burung Tledekan Bambu Yang Punya Prospek Bagus
Burung Tledekan Bambu

Memilih Burung Tledekan Bambu Yang Punya Prospek Bagus

Posted on

KICUIT.com – Burung tledekan bambu juga sering disebut dengan sulingan gunung. Memang salah satu burung ini jarang dipelihara oleh para penghobi kicauan. Hal ini karena habitat dari burung ini berada di atas gunung yang sulit dicari. Walaupun demikian, jika anda benar-benar ingin memeliharanya maka sepadan dengan usaha untuk mendapatkannya. Karena warna bulu burung ini cerah, menarik dan memiliki suara yang merdu.

Burung tledekan bambu sendiri adalah jenis burung yang asli berasal dari Indonesia. Namun burung ini bermigrasi dari negara lain seperti Eropa, Jepang, Cina dan Korea. Suara burung ini bervariasi dan dapat menirukan suara dari berbagai macam burung lain. Seperti kacer, murai batu, anis merah dan lain sebagainya. Ini dikenal sebagai burung petarung dengan ukuran tubuh antara 9 sampai 12 cm. Mereka suka dengan tempat yang teduh misalnya di pinggir sungai yang banyak pohon bambunya, hutan dan juga gunung.

Tips Memilih Burung Tledekan Bambu Yang Bagus

Saat anda ingin memelihara tledekan bambu ada panduan untuk memilih burung tledekan yang bagus. Supaya dapat menghibur anda saat di rumah. Ada beberapa kriteria yang perlu anda jadikan sebagai pertimbangan meliputi aspek fisik dan juga mental dari burung tersebut.

Memilih Tledekan Dari Segi Mental

Saat anda memilih burung tledekan bambu, maka anda harus memperhatikan faktor mental. Mental menjadi hal pertama dan utama yang harus diperhatikan. Karena ini sangat menentukan apakah burung tersebut berkualitas atau tidak. Biasanya burung tledekan dengan mental yang baik akan mempunyai beberapa sifat. Seperti berpenampilan lebih tenang, langsung menyerang dengan sikap berdiri tegak saat melihat burung tledekan lain. Biasanya semakin baik kualitas mental tledekan, maka burung ini akan menampilkan gaya nyeklek. Burung tledekan yang punya mental bagus tidak ketakutan saat didekati khususnya bagi burung bakalan. Selain itu, burung ini juga sering mengeluarkan kicauannya.

Memilih Burung Tledekan Bambu Yang Punya Prospek Bagus
Burung Tledekan

Memilih Tledekan Bambu Dari Fisiknya

Setelah mengetahui seperti apa ciri burung tledekan yang bagus dari segi mentalnya, selanjutnya hal lain yang perlu anda perhatikan saat memilih tledekan bambu untuk dipelihara atau untuk lomba adalah dari bentuk penampilan fisiknya. Burung yang memiliki kualitas baik dapat diketahui dari bulunya yang berwarna cerah, berkilau dan rapi. Bila bulu yang ada disekitar tubuhnya terlihat kusut dan kusam, itu artinya burung berada dalam kondisi yang tidak baik. Seperti kurang mendapatkan perawatan serta gizi yang tidak mencukupi.

Dilihat dari segi fisiknya, burung dengan bulu yang kusut dan kusam juga mencerminkan bahwa burung tersebut tidak mempunyai mental yang baik. Karena penampilan bulu menjadi salah satu modal saat akan berhadapan dengan burung lain ataupun pasangannya.

Beberapa poin yang bisa anda cermati ketika anda memilih burung tledekan yang bagus dengan beberapa ciri fisik berikut. Memiliki mata yang belo atau melotot, bentuk mata jernih namun tidak berair. Paruh burung tebal dan berkontur belimbing, leher lebar, tubuh panjang dengan kepala yang besar dan ceper.

Saat anda menemui burung tledekan dengan ciri fisik yang seperti itu, maka umumnya burung tersebut mempunyai beberapa keistimewaan. Diantaranya burung memiliki nafas yang panjang. Lebih rajin berbunyi, burung memiliki suara kencang, rapat dan penuh getaran atau vibrasi. Itu bisa menjadi ciri bahwa burung ini telah di master dengan suara burung lain.

Berbagai macam cara memilih burung tledekan bambu baik dari segi mental maupun fisik bisa anda terapkan untuk memilih burung yang akan anda pelihara atau untuk anda jadikan jawara dalam perlombaan. Tentunya setelah anda mendapatkan burung tersebut, harus anda imbangi dengan perawatan yang semaksimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *