Tips Buat Anda Yang Ingin Memelihara Musang Pandan
Musang Pandan (Paradoxurus hermaphroditus)

15 Tips Buat Anda Yang Ingin Memelihara Musang Pandan

Posted on

KICUIT.com – Musang Pandan Nama ilmiahnya adalah Paradoxurus hermaphroditus merupakan hewan liar yang terlihat seperti kucing dan merupakan hewan asli di Asia Selatan.

Meskipun Musang Pandan terkenal karena membantu dalam produksi kopi Luwak – Kopi termahal di dunia, Namun┬áMusang Pandan juga sering dianggap sebagai hama atau pembuat kebisingan dan menghancurkan tanaman, sehingga sering di perangkap dan terbunuh.

Musang Pandan juga dikenal karena musk yang harum, yang masih digunakan untuk produksi parfum mahal.

1. Ketahui Kebutuhan Alami

Merawat musang pandan berarti kita harus rela bangun setidaknya di malam hari untuk memeriksa dan memberi makan mereka. Karena Musang Pandan keluar dari lubang mereka untuk makan khusus hanya di malam hari, jadi Anda harus bangun dan memberi mereka makan. Mereka memakan semua jenis buah manis.

Namun, memberi mereka makan dengan satu jenis buah dalam waktu 1 minggu akan membunuh mereka. Bahkan ketika mereka sangat lapar, mereka tidak akan makan jika makanannya tidak sehat. Memberi mereka kopi ceri selama 3 malam berturut-turut dapat membunuh mereka juga. Jika tidak, mereka akan kelaparan sendiri daripada terus makan kopi.

2. Hindari Obat-obatan

Mereka adalah jenis mamalia yang sensitif terhadap beberapa jenis obat-obatan Kimia. Mereka memiliki cara mereka sendiri untuk memperlakukan diri mereka sendiri. Ketika kaki mereka terluka parah, kemungkinan besar mereka akan memotongnya. Bahkan kaki yang sedikit bengkak akan berubah menjadi kerusakan serius ketika tidak dirawat seperti cara menjinakkan musang pandan.

3. Rentang hidup

Di alam liar, musang kelapa Asia dapat hidup hingga 15 hingga 20 tahun. Musang pandan ini hidup di hutan hujan tropis Asia Tenggara dari Himalaya dan Cina selatan, Semenanjung Melayu, hingga Filipina, dan pulau-pulau Indonesia.

4. Habitat: Tempat tinggal mereka

Makhluk arboreal ini lebih suka daerah berhutan lebat dan hutan lebat, tetapi juga ditemukan di daerah pertanian dan bahkan dekat dengan manusia untuk mencari makanan dengan mudah.

5. Klasifikasi Spesies

Meskipun status taksonomi belum dievaluasi, 30 jenis subspesies telah dijelaskan antara tahun 1820 dan 1992.

6. Karakteristik Perilaku

Predator darat, nokturnal, dan ganas mencari makan setelah matahari terbenam. Periode aktivitas mereka antara pukul 6 sore dan 4 pagi.

Mereka sangat menandai batas dengan menyeret kelenjar anal mereka di tanah. Musang pandan adalah arboreal, menggunakan pohon yang sama dan berulang kali istirahat di area yang sama untuk waktu yang lama, dan memilih pohon dengan lubang dan tanaman merambat untuk disamarkan.
Tautan Sponsor

Pada dasarnya tidak berbahaya, mereka dapat menyerang kembali atau menggigit, jika dipancing. Musang ini hidup kesepian kecuali selama musim kawin. Mereka dapat mencium berbagai jenis ekskresi termasuk urin, feses, dan sekresi kelenjar perineum, yang berbeda antara pria dan wanita seperti cara menjinakkan musang pandan.

Bayi Musang Pandan
Bayi Musang Pandan

7. Lingkungan

Musang pandan secara alami penasaran dan penuh energi. Lingkungan mereka perlu mengakomodasi atribut-atribut ini sambil menyediakan rumah yang aman dan nyaman. Meskipun mereka mungkin tidak terperangkap di dalam kandang sepanjang hari, tidaklah ideal untuk membiarkan musang peliharaan Anda memiliki akses tanpa batas dan tanpa pengawasan ke rumah Anda.

  • Ada banyak elemen berbahaya yang dapat menyebabkan masalah jika musang Anda memutuskan untuk menjelajahinya. Jadi, pertama-tama, itu ide yang baik untuk dipersiapkan dengan kandang yang nyaman dan aman yang bisa menjadi rumah bagi musang Anda ketika Anda tidak menyadarinya. Kandang musang Anda harus memiliki beberapa level dan menjadi bukti mengunyah.
  • Selain itu bahannya harus mudah dibersihkan. Musang pandan suka menggali dan menggali sehingga menyediakan terowongan dan tempat tidur gantung jika memungkinkan. Lantai padat dan landai mencegah cedera kaki. Musang pandan dapat dilatih untuk menggunakan kotak pasir.
  • Sudut kotak sampah lebih disukai. Jika musang Anda disimpan di tempat yang luas, sebaiknya ada beberapa kotak sampah yang berserakan. Pelet yang dibuat dari koran daur ulang atau koran bekas lebih disukai daripada limbah tanah karena beberapa musang diketahui memakan limbah tanah.

8. Apa yang mereka makan

Makhluk ini adalah omnivora. Daftar diet panjang mereka termasuk ramuan dan daging yaitu. beri dan buah-buahan, serangga dan hewan pengerat, kadal, ular kecil, katak, dll. seperti cara menjinakkan otot pandan yang berumur 3 bulan.

9. Reproduksi dan Siklus Hidup

Tidak banyak yang bisa dipelajari tentang ritual perkawinan atau perilaku seksual makhluk-makhluk rahasia ini, kecuali hewan peliharaan atau spesimen penangkaran dari kebun binatang.

Sebuah tim ilmuwan dapat mempelajari pernikahan sepasang musang. Selama kawin, pasangan akan bertemu dari waktu ke waktu untuk jangka waktu satu hingga lima belas hari di pohon istirahat yang sama.

Mereka menemukan pasangan menggunakan aroma dari sekresi kelenjar anal mereka. Setelah masa kehamilan 2 bulan, betina melahirkan hingga 2 liter anak kucing setahun, dengan 2-5 bayi per liter. Seorang remaja yang baru lahir memiliki berat sekitar 80 gram, dan membuka matanya pada hari kesebelas. Peran ayah tidak dikenal. Bayi musang disapih oleh ibu hampir setelah 2 bulan. Mereka membutuhkan satu bulan lagi untuk tumbuh penuh, dan mencapai usia reproduksi sekitar satu tahun.

10. Adaptasi

Dikenal karena penyesuaian ekstrim mereka, mereka dapat berada di hampir semua kondisi iklim dan karenanya memiliki habitat yang luas. Aroma kelenjar di anusnya mengeluarkan sekresi memuakkan, yang merupakan pertahanan kimiawi yang digunakan saat marah atau terancam.

11. Predator

Predator paling umum dari musang kelapa Asia termasuk singa, harimau, macan tutul, ular besar dan buaya.

12. Perawatan

Pemangkasan kuku direkomendasikan secara rutin untuk mencegah ketahuan dan cedera. Frekuensi akan bervariasi sesuai dengan tingkat pertumbuhan kuku. Ini mungkin sesering 2-4 kali setiap bulan.

13. Kebersihan telinga

Periksa telinga musang Anda secara teratur dan bersihkan jika ada kotoran telinga yang berlebihan atau abnormal. Terlalu banyak kotoran telinga dapat membuat musang Anda lebih rentan terhadap infeksi. Jika Anda melihat kotoran telinga berwarna hitam, buat janji dengan dokter hewan untuk memeriksa tungau telinga atau jenis infeksi lainnya.

14. Cara mandi

Hindari memandikan musang Anda terlalu sering. Musang Anda harus dimandikan tidak lebih dari sekali per bulan, kecuali diarahkan oleh dokter hewan Anda untuk merawat kondisi kulit tertentu. Jika musang Anda dimandikan lebih sering dari ini, Anda berisiko melucuti minyak dan menyebabkan masalah kulit.

15. Perawatan pencegahan dan kondisi medis umum

Direkomendasikan bahwa musang mendapatkan vaksinasi Distemper dan Rabies setiap tahun. Merek spesifik vaksin lebih disukai daripada merek lain daripada ferret, jadi tanyakan kepada dokter hewan Anda tentang vaksin yang disetujui.

  • Distemper adalah penyakit virus yang paling dikenal pada anjing. Virus ditularkan melalui udara atau bersentuhan dengan cairan tubuh. Meskipun jarang terjadi pada ferret, dianjurkan untuk memvaksinasi musang Anda setiap tahun. Tanda-tanda distemper termasuk lesu, kehilangan nafsu makan, batuk, bersin, upaya pernapasan, keluarnya cairan dari mata atau hidung dan gatal-gatal. Tanda-tanda neurologis seperti perubahan perilaku dan kejang juga dapat diamati.
  • Perawatan suportif adalah satu-satunya perawatan yang tersedia untuk kompresi pada ferret. Musang pandan juga rentan terhadap virus influenza manusia yang dapat berbagi gejala yang sama dengan distemper.
  • Musang pandan juga rentan terhadap penyakit heartworm dan harus menerima pencegahan bulanan sepanjang tahun di iklim tertentu. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk menentukan produk dan jadwal pencegahan terbaik untuk hewan peliharaan Anda.
  • Diare adalah masalah umum yang harus ditangani dengan serius walaupun gejalanya ringan. Penyakit radang usus adalah masalah yang biasanya didiagnosis yang membutuhkan perawatan jangka panjang. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat berkembang menjadi limfoma.
  • Kedua kondisi ini didiagnosis secara pasti oleh biopsi gastrointestinal, yang merupakan prosedur bedah invasif. Penyebab diare lainnya adalah kecerobohan diet, mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat kompleks, gula, dan parasit. Jangan abaikan diare meskipun itu bersifat jangka pendek atau berselang.
  • Pencernaan gastrointestinal sering terjadi pada ferret karena sifatnya yang penasaran. Ini lebih sering terlihat pada musang muda tetapi setiap musang dapat menelan benda asing.
  • Musang yang lebih tua sering mengalami masalah dengan penyumbatan dari bola rambut. Tanda-tanda benda asing bisa sebentar-sebentar sampai parah dan termasuk kelesuan, anoreksia, diare atau tidak ada tinja, mual dan muntah.
  • Benda asing sering membutuhkan intervensi bedah. Jangan biarkan musang pandan Anda mengakses bahan yang terbuat dari busa atau karet lembut. Pemberian formula hairball atau obat pencahar secara teratur seminggu sekali atau lebih sering selama musim shedding akan membantu mencegah penumpukan rambut.

Masalah medis umum lainnya pada musang adalah penyakit gigi. Menyikat gigi secara teratur direkomendasikan untuk musang seperti kucing dan anjing. Pemeriksaan gigi harus dilakukan oleh dokter hewan setiap tahun dan pembersihan harus dilakukan sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *