Jenis Kura Kura Dan Beberapa Tips Cara Merawat Kura kura
Kura kura

Jenis Kura Kura Dan Beberapa Tips Cara Merawat Kura kura

Posted on

KICUIT.com – Binatang unik dengan ciri khas tempurungnya ini punya pesona yang luar biasa. Banyak orang memilihnya sebagai peliharaan karena kemudahan pemeliharaannya.

Mau tahu segala macam tentang kura kura dan cara merawatnya? Cek di sini aja!

Jenis Kura Kura

Pada dasarnya kura kura dapat hidup di dua alam, air dan di darat. Dalam artikel ini kura-kura dibahas terpisah berdasarkan kekerapannya hidup di masing- masing alam tersebut.

A). Kura kura darat

1). Yniphora/ Ploughshare Tortoise/ Geochelone yniphora

Perdagangan kura kura yang suka makanan kering dijaga ketat karena sudah terancam punah. Banyak upaya dilakukan untuk menyelamatkan kura kura jenis ini, salah satunya dengan penangkaran.

Kura kura jantan dewasa dapat mencapai panjang maksimal 43 cm dengan berat 10 kg, sedangkan betinanya dapat mencapai ukuran maksimal 37 cm dengan berat 8 – 9 kg.

2). Radiata/ Radiated Tortoise/ Geochelone Radiate

Kura kura berasal dari Madagaskar ini juga hampir mengalami kepunahan karena banyak diburu untuk dijual. Ciri khas kura kura ini adalah warnanya yang mencolok.

Kura kura yang suka tinggal di rerumputan ini dapat tumbuh dengan panjang maksimal hingga 41 cm dengan berat 16 kg.

3). Aldabra/ Aldabra Tortoise/ Aldabrachelys gigantean

Jenis kura kura ini sangat unik karena mempunyai leher yang dapat memanjang untuk meraih makanan di semak tinggi. Kura kura berwarna gelap ini senang tinggal di rerumputan, semak belukar dan kayu di hutan bakau. Kura kura yang berasal dari Aldabra Atoll di seycelles  ini dapat mencapai ukuran sepanjang 1,2 m dan berat 25 kg.

4). Sulcata/ African Spured Tortoise/ Geochelone Sulcata

Jenis ini paling banyak disuka penghobi kura kura. Biasanya dijual saat ukurannya 5 – 6 cm. Bila beruntung kamu bisa merawatnya hingga ukuran maksimal sepanjang 60 – 90 cm.

5). Chery Head/ Chery Head Tortoise/ Geochelone Carbonaria

Seperti namanya, penamaan kura kura ini diambil dari bentuk kepala yang bersisik merah atau oranye menyerupai buah chery. Kura kura yang berasal dari Paraguay dan Brazil ini menyukai habitatnya di padang rumput dengan hutan tropis.

Ukuran maksimal yang dapat dicapainya hanya sepanjang 30 cm saja, lebih kecil dari jenis kura kura darat lainnya.

6). Istar/ Indian Star Tortoise/ Geochelone Elegans

Berasal dari India, Srilanka, dan sekitarnya. Penamaannya diambil dari bentuk karapasnya yang menyerupai bintang. Kura kura unik ini dapat mencapai panjang maksimal 38 cm dengan berat 8 kg.

7). Parda/ Leopard Tortoise/ Geochelone Pardalis

Kura kura dengan karapas totol ini berasal dari Afrika dan sekitarnya. Sangat menyukai lingkungan yang kering dan hangat. Tentu saja, karena dia agak sensitif bila berada di lingkungan lembab yang menyebabkan pilek.

8). Emys/ Asian Forest Tortoise/ Manaouria emys emys

Kura kura berwarna gelap ini berasal dari Indonesia dan Asia. Sangat senang berada di

rerumputan dan semak belukar.

9). Forsteni/ Forstne’s Tortoise/ Indotestudo Forstenii

Kura kura dengan karapas berwarna mencolok ini sangat menyukai tempat lembab. Siapa yang menyangka bila kura kura unik ini berasal dari Sulawesi dan Halmahera.

BACA JUGA :  15 Tips Buat Anda Yang Ingin Memelihara Musang Pandan

B). Kura kura air

1). Kuya Batok/ Coura Amboinensis (Kura Ambon)

Kura kura dengan karapas hitam polos meyerupai batok kelapa ini tersebar di Asia dan Indonesia.

2). Kura Kura Brazil /Trachemys Scripta Elegans

Jenis kura kura ini dikenal dengan sebutan kura kura Brazil. Memiliki warna khas hijau muda pada saat kecil. Bila dewasa, warna hijau tempurungnya menjadi lebih pekat.

3). Aligator Snapping/ Macrochelys Temminckii

Kura kura ini terlihat lebih garang dibanding jenis lainnya ditambah dengan duri duri yang ada di tempurungnya. Benar saja, karena dia suka menyerang dan menggigit. Jenis kura kura ini lebih senang tinggal di dalam air.


Makanan Kura kura

Di alam bebas, kura kura dapat bertahan tanpa makan dalam waktu yang panjang karena punya sistem metabolisme yang lambat dan didukung lemak yang terdapat di seluruh tubuhnya.

Namun bila memilihnya seebagai peliharaan, ada baiknya memerhatikan pemenuhan kebutuhan makannya sebagai berikut:

1). Pelet khusus kura kura

Makanan olahan ini bisa didapatkan di toko hewan dan ikan. Kamu dapat menjumpainya

dua jenis pelet, yaitu untuk kura kura karnivora (pemakan daging) dan herbivora (pemakan tumbuhan). Pelet untuk kira kura air bisa diganti dengan pelet yang diberikan pada ikan.

Kura kura darat biasanya memakan tumbuhan (herbivora) dan buah, sedangkan kura kura air biasanya diselingi daging seperi cacing, keong dan ikan.

2). Sayuran dan buah buahan

Sebagian besar spesies kura-kura merupakan pemakan sayuran karena mereka hidup di semak belukar dan padang rumput. Berikut makanan dan minuman yang bisa diberikan untuk kura kura.

Sehari-hari:

Kaktus oputia, daun dan bunga kembang sepatu, sawi, kalian, wortel, labu air, labu kuning, selada air, kangkung zucchini, daun dan bunga kenikir, daun kacang, daun pakis & jagung. Pada kura kura dewasa berikan jagung beserta kulitnya.

Semingggu sekali:

Makanan yang banyak mengandung protein adalah lidah buaya, kacang panjang, mentimun, toge, kacang kapri, ercis, dan buncis.

Sebulan sekali:

Selada gado gado, tomat, dan buah-buahan.

3). Daging

Kura kura air adalah jenis pemakan segalanya. Untuk makanan bisa mengkonsumsi daging maupun sayuran. Daging dapat diberikan berupa cacing, ikan dan keong.


Cara Merawat Kura Kura

1). Tempat tinggal kura kura

Tempatkan kura kura di lokasi yang aman dari predator. Kura kura bisa ditempatkan di dalam atau di luar ruangan. Bila memilih untuk menempatkan kura kura di luar ruangan,  kamu bisa memanfaatkan kolam dengan dinding agak rendah agar kura-kura tetap bisa terlihat. Perhatikan tinggi dinding kolam agar kura kura tidak keluar dan kabur dari kolam.

Bila menempatkannya di dalam ruangan, pilihlah aquarium dengan ukuran yang sesuai, jangan terlalu sempit agar kura kura dapat bergerak dengan leluasa.

2). Aksesori

Bentuk habitat semirip mungkin dengan aslinya dengan menambahkan batu, kayu, pasir dan air di dalamnya. Pastikan di habitat tersebut terdapat area bebatuan untuk berjemur bagi kura kura.

3). Perawatan intensif

  • Bersihkan tempat tinggal sekali dalam seminggu. Hindarkan kura kura berada di tempat kotor dalam kurun waktu lama karena dapat menimbulkan stress.
  • Ganti air yang sudah kotor agar tidak menimbulkan bau yang menyebabkan kura kura sakit
  • Pastikan kura kura aman dari benda tajam, misalnya serpihan kaca yang ada di pasir.

4). Pakan

Berikan pakan teratur sesuai denga kebutuhan hariannya. Hindari memberikan pakan yang dapat berdampak buruk bagi pencernaannya, seperti kubis, bunga kol, brokoli, bayam, lobak, kecipir, dan daun singkong.


1 comment

  1. Siap kak jadi tahu saya, seputar cara perawatan kura kura, untuk perawatan kura kura darat dan kura kura air hampir sama ya kak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *