Settingan Burung Kenari Untuk Lomba
Burung Kenari Untuk Lomba

Settingan Burung Kenari Untuk Lomba

Posted on

Settingan kenari untuk lomba – Burung kenari yang tampil maksimal dan mau berkicau dalam menikuti lomba merupakan kebanggan bagi pemilik burung kenari tersebut. Lebih lebih kalau gacunya memperoleh nomor dalam mengikuti kontes lomba berkicau. Walaupun dalam merawat burung kenari untuk dijadikan gacu memang tidak mudah.

Dalam perawatan dan melatih kenari untuk mengikuti lomba memang membutuhkan kejelian dalam mengsetting dan menemukan cara yang tepat dalam membentuk mental dan memaksimalkan performa dari burung kenari tersebut.

Salah satu kuncinya dalam memenangi kontes burung berkicau adalah dengan cara selalu melatih burung dalam mengikuti turnamen atau latihan sehingga mental burung kenari selalu terlatih dan kenari bisa tampil percaya diri pada even even lomba berikutnya.

Baca Juga :
Cara Merawat Burung Kacer Untuk Lomba
Cara Efektif Agar Suara Burung Kenari Bagus

Hal penting yang lainnya adalah rawatan harian yang teratur dan baik seperti kebersihan kandang, kandang umbaran dan managemen pakan yang berkualitas baik. Berikut ini settingan kenari untuk lomba.

Settingan Burung Kenari Untuk Lomba

  • Memberikan makanan berupa biji bijian yang berkualitas dengan kandungan gizi yang seimbang meliputi vitamin mineral, dan mengandung minyak sayuran. Diberikan tiap hari jangan sampai terlambat pemberian makannya.
  • 3 hari sebelum lomba sebaiknya dikerodong full dan boleh dibuka pada saat penjemuran dan pemandian burung. Jangan lupa selalu dibersihkan sangkar hariannya agar burung terbebas dari parasit dan terjaga kesehatannya.
  • Rutin dijemur tiap pagi antara jam 07.00 sampai jam 10.00 WIB tidak boleh lama lama maksimal 2 jam saja. 1 hari sebelum lomba sebaiknya dijemur hanya 1 jam saja pada jam 08.00 WIB.
  • Boleh memberikan vitamin di air minumnya dengan takaran dan dosis tertentu yang sudah disarankan atau sesuai takaran dari vitamin tersebut.
  • Bulu burung sangat berpengaruh dalam performa pada saat lomba. Disarankan rutin memberikan minyak ikan yang sudah dicampurkan dalam semprotan untuk mandi burung agar bulu bulunya terjaga dan merangsang untuk pembentukan bulu baru.
  • Burung diangin anginkan pada tempat yang teduh selama 5 – 10 menit sebelum dikerodong. Agar supaya suhu tubuh burung kenari stabil setelah proses penjemuran.
  • Pemberian telur puyuh rebus 3 x dalam seminggu. Dilakukan rutin dan jangan sampai terlambat
  • Batasi burung untuk berkicau dan selalu krodong full dan ditempatkan di ruang yang sepi jauhkan dari suara burung kenari. Ini dilakukan pada H-2 sebelum lomba. Agar stamina burung terkumpul dan bisa maksimal dalam lomba pada waktu hari H

Leave a Reply

Your email address will not be published.