Beragam Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Di Indonesia
Beragam Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Di Indonesia

Beragam Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Di Indonesia

Posted on

KICUIT.com – Burung murai batu termasuk dalam salah satu burung yang memiliki kicau merdu dan sangat menarik. Karena kicaunya inilah murai batu dianggap sebagai salah satu burung favorite untuk dijadikan peliharaan. Tidak hanya untuk peliharaan, murai batu juga seringkali dijadikan burung pilihan untuk mengikuti beragam jenis perlombaan burung. Dapat kita lihat bahwa dalam penyelenggaraan kontes dan lomba burung, ada kelas khusus murai batu yang dibuka oleh panitia.

Berbicara tentang murai batu, maka ada beberapa jenis dari burung ini yang sebaiknya anda ketahui. Dalam hal ini, murai batu termasuk jenis burung yang tersebar hampir di semua wilayah di Indonesia karena burung ini mampu hidup di hampir semua jenis habitat. Dengan banyaknya persebaran wilayah, maka populasi dari murai batu tergolong cukup besar. Mari kita simak beberapa jenis murai batu yang ada di Indonesia di bawah ini.

Jenis Burung Murai Batu Di Indonesia

Murai Batu Nias

Murai Batu NiasSalah satu jenis murai batu yang ada adalah murai batu Nias. Burung ini termasuk jenis yang sudah cukup langka dan cukup sulit ditemukan di habitat aslinya. Hal ini dikarenakan kerusakan dari habitat asli murai batu Nias dikarenakan beragam jenis masalah, seperti pembukaan lahan atau lainnya. Secara umum, murai batu Nias berasal dari daerah seberang, seperti Sibanang, Simeulue, dan lainnya.

Murai batu Nias memiliki ciri yang unik terutama pada ukuran tubuhnya. Ukuran tubuh murai batu Nias tampak kecil dan lincah. Selain itu, burung ini memiliki warna bulu yang unik dan hanya satu warna saja, yakni hitam. Karena warna bulunya inilah murai batu Nias sering disebut sebagai burung black-tail. Keistimewaan burung ini adalah kemampuannya untuk menirukan suara, terutama dari suara murai jenis lainnya dengan cepat.

Murai Batu Medan

Murai Batu Medan

Jenis burung murai batu yang kedua adalah murai batu Medan. Konon, burung ini memiliki habitat asli di luar Medan, yakni Aceh dan Semenanjung Malaysia. Namun, karena proses migrasi, murai batu Medan lebih banyak mendiami wilayah Medan hingga saat ini. Di Medan sendiri, burung ini tergolong cukup susah ditemukan karena faktor alam. Namun, hal ini tidak mengurangi minat dari para pecinta burung untuk membudidayakannya.

Murai batu Medan memiliki ciri yang khas, terutama pada bagian postur tubuhnya. Dalam hal ini, postur tubuh murai batu terlihat lebih besar serta tegap. Selain itu, warna bulu dari burung ini cenderung lebih mengkilap dan gelap. Ciri lain dari fisik murai batu Medan yang menarik adalah warna kaki burung yang tampak lebih merah pada burung yang masih muda dan gelap pada burung yang sudah dewasa.

Murai Batu Borneo

Murai Batu BorneoSeperti namanya, murai batu Borneo berasal dari kawasan Borneo atau Kalimantan. Ada beberapa jenis murai batu Borneo yang biasa dijadikan peliharaan, seperti jenis Palangka, Mahkota, Banjar dan lainnya. Meskipun jenis burung ini termasuk murai batu Borneo, namun ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok dimana bisa digunakan untuk membedakan dari mana burung tersebut berasal.

Secara umum, fisik dari murai batu Borneo tergolong indah dan menawan. Hal ini dikarenakan burung murai batu memiliki warna bulu dada yang lebih terang dibandingkan dengan warna bulu pada bagian lainnya. Selain itu, murai batu Borneo juga memiliki lebih dari satu jenis warna bulu atau ada kombinasi warna bulu yang membuatnya terlihat indah. Terlebih, kicauan dari murai batu Borneo terdengar lebih nyaring yang akan membuat pecinta burung semakin menyukainya.

Jika dilihat saksama, ada beberapa jenis burung murai batu yang ada di Indonesia. Setiap jenis burung memiliki karakteristik masing-masing untuk membedakannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *