Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Betina
Burung Cendet

Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Betina

Posted on

Kicuit.com – Cara membedakan ciri burung cendet jantan dan betina dari fisik dan tingkah lakunya. Burung cendet merupakan jenis burung kicau yang mempunyai suara yang indah dan sangat bervariasi. Beda daerah beda pula sebutannya, ada yang memanggilnya dengan nama pentet, bentet dan ada juga dengan sebutan toet. Dibalik keindahan suara dan pesona postur tubuh yang ideal, burung cendet jantan maupun betina memiliki sifat yang agresif. Dialam liar sendiri ia akan bertarung untuk memperebutkan wilayah kekuasaannya, maka jika anda berniat untuk menangkarnya kami sarankan jangan memegangnya secara langsung sebab tangan kita akan dipatuknya. Akan tetapi beda halnya jika memeliharanya dari anakan, tentunya dia akan luluh kepada anda nantinya.

Gambar-Cendet-Hitam-Putih
Gambar Cendet Hitam Putih

Memiliki hobi menangkar burung memang menjadi kesenangan tersendiri bagi kita, dengan melihatnya tingkah lakunya yang lucu dan mendengar suara kicau gacornya bisa menjadi obat penghilang stress. Terlebih lagi bagi anda seorang pemula, mempunyai hobi memelihara burung bisa melatih kesabaran serta ketekukan dalam merawatnya. Tidak terkecuali dengan varian kicau burung cendet, untuk menangkarnya tidak berbeda dengan jenis burung lain seperti memandikan dan menjemurnya, memberikan pakan bernutrisi secara teratur serta selalu menjaga kebersihan kandang. Sementara untuk memperoleh kicau gacornya anda bisa melakukan pemasteran secara bertahap dengan bantuan audio mp3 suara burung. Apabila anda sudah memasternya namun burung cendet jantan tetap masih enggan buka paruh, solusinya adalah dengan mendengarkan suara cendet betina, sebab mungkin saja dia sedang masuk masa berkembang biak.

Berbicara mengenai kicauannya, taukah anda suara cendet jantan lebih maksimal dari pada cendet betina, maka kerap kali para kicau mania tanah air lebih memilih jenis kelamin jantan untuk dijadikan sebagai burung masternya. Dari situ pasti bagi anda seorang pemula akan muncul pertanyaan, bagaimana cara membedakan burung cendet jantan dan betina ? Terdapat beberapa perbedaan ciri fisik dan tingkah lakunya yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui perbedaan jenis kelaminnya seperti warna bulu prilaku, bentuk kepala dan sebagainya. Nah untuk lebih lengkapnya langsung saja simak ulasan detailnya dibawah ini,supaya anda tidak salah pilih jika nantinya berniat untuk membelinya di pasar burung.

Ciri Burung Cendet Jantan dan Betina :

Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Betina
Ciri Cendet Jantan Ciri Cendet Betina
Paruh bagian ujungnya tampak lebih tebal Paruh bagian ujungnya relatif lebih tipis
Bulu di bagian kepala sampai tengkukberwarna hitam pekat Ujung kepala hingga tengkuk memiliki warna bulu hitam memudar
Bulu hitam di bagian pipi tampak lebih pekat Warna bulu hitam memudar di bagian pipi
Prilaku cukup lincah dan agresif Cendrung tidak terlalu lincah seperti jantan
Bentuk kepala relatif datar / ceper Bentuk kepala bundar dan menggelembung
Supit lebih kecil dan panjang dengan corak garis bulu tidak beraturan Supit lebih besar dengan motif bulu yang teratur mirip bentuk bunga
Ketika masih anakan terdapat warna hitam dibagian ekor Saat masih anakan warna hitam dibagian ekor terlihat samar-samar

Dari beberapa ciri fisik dan tingkah laku diatas anda sudah bisa mengetahui perbedaan jenis kelaminnya bukan, sekarang saatnya menentukan pilihan jenis mana yang akan anda pelihara. Jika anda berniat untuk dijadikan sebagai burung master kami sarankan pilih yang jantan, namun apabila untuk kepentingan ternak atau budidaya burung pilih kedua-duanya. Kurang lebihnya itulah tadi informasi seputar dunia burung menganai cara membedakan burung cendet jantan dan betina yang dapat kami sajikan di kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat terima kasih salam hangat kicau mania tanah air wassalam.

Source :

cara bedajan jantan betinanya cendet, poster tubuh cendet betina lbih kecil / lbih besar dri cendet jantan, Kicau memanggil cendet jantan, kelakuan sifat burung cendet jantan dan betina, ciri cendet jantan, cara menbedakan cendet jantan dan betina yang signifikan, cara membedakan pentet jantan dan betina masih anakan, cara berkembang biak pentet, cara bedakan cendet jantan dan betina, seputar dunia cendet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *