Cara Memelihara dan Merawat Hamster
Hamster

Cara Memelihara dan Merawat Hamster

Posted on

KICUIT.com – Kali ini kami coba membahas Cara Memelihara dan Merawat Hamster. Hamster yang biasa hidup di alam tentu punya tabiat yang berbeda dengan peliharaan rumahan pada umumnya. Tapi kamu tak perlu khawatir karena dengan sedikit sabar dan penanganan yang tepat, binatang ini bisa menjadi jinak. Yuk cari tahu cara merawat hamster lebih lanjut!

Jenis-Jenis Hamster

Hamster, spesies pengerat keluarga tikus ini punya banyak jenis dan warna. Banyak pemula memilih hamster sebagai teman pengusir kebosanan. Berikut hamster paling populer di Indonesia yang cocok dipelihara oleh pemula:

1). Hamster Syrian

Hamster Syrian - Jenis-Jenis HamsterHamster syrian yang punya sifat penyendiri ini biasa disebut dengan golden hamster karena bulu aslinya yang berwarna kuning emas. Meskipun begitu, jenis hamster paling besar ini banyak dijumpai dengan berbagai warna dan varian, di antaranya short hair, long hair, rex, dan satin.

2). Hamster Campbell

Hamster Campbell - Jenis-Jenis HamsterHamster campbell punya karakter hidup berkelompok dan suka menggigit. Itulah mengapa hamster mini ini  punya julukan sebagai ‘mad hamster’ yang terkesan galak dan cepat marah. Bila dibandingkan dengan pejantan, champbell betina tampak lebih aktif bergerak.

3). Hamster Winter White

Hamster Winter White - Jenis-Jenis HamsterBila kamu mencari hamster jinak, tentu winter white jawabannya. Hamster dengan bulu tipis berukuran lebih kecil bila dibandingkan hamster campbell. Hamster winter white ini punya 3 varian warna, putih salju, pearl, dan sapphire. Namun kamu tak akan \mengenali ketiga warna itu lagi bila menempatkan mereka di tempat yang bersuhu dingin. Wajar saja, karena pada suhu tersebut hamster winter white akan kembali ke warna aslinya menjadi putih salju.

4). Hamster Roborovski

Hamster Roborovski - Jenis-Jenis HamsterHamster memang dikenal sebagai binatang lincah, tapi bisa dipastikan tak ada yang dapat menandingi kelincahan roborovski. Hamster mini yang paling kecil di antara spesiesnya ini bergerak sangat lincah, sehingga sulit ditangkap. Jangan sekali-kali meremehkan ukurannya kecil karena roborovski tercatat sebagai hamster paling mahal.

5). Hamster Hybrid

Hamster Hybrid - Jenis-Jenis HamsterBeberapa orang akrab menyebutnya sebagai golden atau i. Hamster berbadan gendut merupakan hasil persilangan hamsterr winter white pearl dan campbell berwarna argente.

6). Hamster Cina

Hamster Cina - Jenis-Jenis HamsterMudah dijinakkan meskipun mungkin awalnya sedikit agresif. Ada dua varian warna hamster cina yang dapat kita jumpai, yaitu warna normal, abu-abu bergaris tegas berwarna coklat gelap atau hitam di punggung dengan bagian perut berwarna putih. Dan yang kedua berwarna terang dengan mantel bulu berwarna putih dan garis hitam di punggung.

Baca Juga :
Mengenal Jenis Jenis Hamster Dan Klasifikasi Hamster
Jenis Landak Mini Dan Cara Memeliharanya

Cara Memelihara dan Merawat Hamster

1). Tentukan jenis kandang dan jumlah hamster

Pilih jenis kandang dan tentukan jumlah hamster yang akan dipelihara. Kamu bisa menggunakan kandang jeruji besi atau aquarium dengan ukuran minimal 30 x 30 x 30 cm. Pastikan celah pada jeruji besi tidak terlalu lebar, karena hamster yang bersifat elastis dapat menyelipkan badannya di antara jeruji besi. Agar aman dari predator, jangan lupa menutup bagian atas kandang ya. Bersihkan kandang tiap seminggu sekali, tunggu hingga kering sebelum dipakai lagi.

2). Alas tidur yang nyaman

Binatang gurun ini terbiasa dengan udara panas. Temperatur yang normal untuk hamster berkisar antara 18 – 26 °C (64 – 80 °F). Agar suhu kandang mencapai temeperaur tersebut, kamu bisa menambahkan serbuk kayu (sekam). Serbuk kayu ini juga berfungsi sebagai alas tidur, penyerap cairan kotoran, tempat berlindung dari panas dan dingin, dan sarang untuk anak-anak hamster yang biasanya ditumpuk di sudut kandang. Agar lebih hangat, kamu bisa menambahkan pasir zeolit di bawah serbuk kayu. Gantilah serbuk kayu dan zeolit minimal 2 minggu sekali agar tidak bau dan menumbulkan penyakit.

3). Tempat minum khusus hamster

Kandang hamster harus bebas dari air agar hamster tidak basah. Gunakan tempat minum gantung berupa dot, agar air tidak menetes di dalam kandang.

4). Taman bermain hamster

Tempatkan aksesori mainan di dalam kandang agar hamster tetap aktif bergerak. Dengan bergerak, hamster terhindar dari kelumpuhan. Aksesori yang menjadi mainan favorit hamster antara lain berupa roda hamster, tabung terowongan hamster, kotak hamster, dan mainan untuk digigit.

5). Pakan sehat dan rendah lemak

Meskipun hamster identik dengan penyuka biji-bijian seperti kuaci ada baiknya menakar porsinya agar hamster tidak terlalu banyak mengkonsumsi lemak yang menyebabkan obesitas. Akan lebih baik lagi jika hamster banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur, toge, wortel, jagung, dan sawi putih.

Makanan Hamster

Untuk memiliki hamster yang sehat dan lincah, kamu bisa membentuknya dari asupan makanannya.  Berikut pakan yang baik untuk hamster:

1). Pakan harian
Pakan harian merupakan menu utama bagi hamster. Pakan ini sebaiknya memiliki kandungan lemak dan protein yang seimbang. Misalnya: kacang kedelai, kacang hijau, beras merah, gabah, jagung yang banyak dijual di pet shop dalam bentuk campuran.

2). Pakan selingan
Hamster juga memerlukan pakan selingan perlu berupa serat dan vitamin yang bisa didapat dari buah apel, strawberi, sawi, kol, dll. Buah dan sayur yang dapat dikonsumsi bayi, juga dapat diberikan pada hamster loh. Pastikan pakan selingan diberikan dalam porsi kecil agar cepat habis dan tidak mengotori kandang.

3). Pakan tambahan
Pakan tambahan dapat berupa biji bunga matahari dan kacang tanah. Berikan dengan porsi kecil agar hamster tidak obesitas.

Kandang Hamster

Pada umumnya kandang hamster yang banyak dijual di pasaran ada dua varian, yaitu kandang jeruji besi dan kandang kaca (aquarium).

1). Kandang jeruji besi

Kandang jeruji besi adalah kandang yang paling mudah dibersihkan. Dengan bentuk yang terbuka,  kandang ini memiliki sirkulasi udara yang bagus. Hamster akan sangat senang menggigit jeruji dan juga memanjatnya.

Namun, karena terbuat dari jeruji bahan ini akan mudah berkarat bila digigitt oleh hamster. Tidak hanya itu, material ini akan mudah menyerap dingin bila cuaca sedang dingin, sehingga berpengaruh pada ketahananan tubuh hamster. Sekam dan pasir akan mudah berhamburan keluar melalui celah jeruji. Bila memilih kandang jenis ini, ada baiknya memilih yang beralas plastik, agar hamster dapat bermain di sekam dan zeolit tanpa khawatir terperosok ke dalam jeruji.

2). Kandang kaca (aquarium)

Dinding kaca aquarium ini dapat mencegah hamster kabur dari kandang. Sekam dan zeolit tidak mudah tumpah meski pun hamster terlihat sedang asik mengubur badannya. Kandang kaca tentunya lebih mudah dibentuk sesuai keinginginanmu.

Karena dinding kandang terbuat dari kaca, tentu saja sirkulasi udara di dalamnya kurang bagus. Kandang lebih cepat bau dan lembab. Bila memilih kandang jenis ini ada baiknya menempatkannya di tempat ber-AC.

Harga Hamster

Harga hamster menjadi salah satu yang menjadi pertimbangan saat kita membeli hamster. Berapa harga hamster yang sebenarnya? Sebenarnya harga hamster itu sendiri “relatif”, Karena jika anda membeli hamster, anda akan mendapatkan harga sesuai dengan kondisi dan kualitas hamster tersebut dan termasuk informasi-informasi backline (hasil perkawinan apa dan dariapa) hamster tersebut.

Harga hamster yang biasa ditawarkan bisa digolongkan menjadi 2 yaitu: (1)harga partai (pembelian dalam jumlah banyak) yang cocok untuk resseler dan (2) harga satuan atau eceran yang cocok untuk penghobi hamster-hamster yang sangat unik dan jarang ada dipasaran.

Tips-tips buat Hamster Lover dalam menentukan harga hamster, mungkin hamster lover ingin menjual atau membeli hamster:

  1. Harga hamster tergantung dari perawatan hamster atau kualitas hamster
  2. Harga hamsteryang bagus, jika anda memperoleh informasi tentang backline (hasil dari perkawinan hamster apa dan hamster tersebut punya berapa gen,dll). Jika sipenjual tidak bisa menjelaskan, maka perhitungkan kembali, apakah anda mau membeli hamster tersebut.
  3. Harga mahal juga bisa dipengaruhi dengan pakan yang diberikan pada hamster, inisalah satu alasan mengapa harga hamster yang ditawarkan lebih mahal daripada peternak lain. Jika pakannya itu sangat lengkap dan bagus buat hamster itu masih wajar dan anda tidak perlu lagi pikir-pikir untuk memilih hamster tersebut.
  4. Harga murah itu bisa disebabkan hamster yang akan anda beli mempunyai kelainan, seperti hamstern yang ak bisa diam dan salto-satto terus karena kelainan.

Mungkin daftar harga ini bisa menjadi patokan anda membeli hamster, harga yang dibuat berdasarkan pengalaman. Berikut harga hamster yang banyak beredar di pasaran, mulai dari hamster termahal hingga yang paling murah *)

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan daerah masing-masing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *