Cara Memilih Bakalan Burung Pleci yang Berkualitas
Burung Pleci

Cara Memilih Bakalan Burung Pleci yang Berkualitas

Posted on

KICUIT.com – Burung pleci memang merupakan jenis burung kicauan yang memiliki banyak penggemar. Sebab, kicauan burung pleci ini cukup menarik. Dencingannya yang khas ini memiliki daya tarik tersendiri di mata para pecinta burung kicauan, khususnya untuk para pecinta burung pleci. Ciri khas burung pleci yaitu ukuran tubuhnya yang kecil dan warna bulu tubuhnya yang hijau kekuningan. Burung ini biasanya memakan berbagai macam jenis buah-buahan dan juga aneka serangga. Namun, jika anda ingin memiliki burung pleci yang berkualitas jawara dan gacor anda harus lebih teliti dalam cara memilih bakalan burung pleci dan harus merawatnya dengan baik dan benar.

Bakalan burung pleci yang kualitasnya unggulan pada umumnya bisa dilihat dengan kasat mata dan sesuai dengan pengalaman dari para pecinta burung. Terdapat beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan di dalam memilih bakalan burung pleci yang memiliki kualitas bagus dan jawara. Sebab, jika bakalan yang anda pilih tidak berkualitas, maka jika besar nantinya bisa dimungkinkan jika kualitasnya juga tidak akan begitu unggulan.

Cara Memilih Bakalan Burung Pleci yang Berkualitas
Burung Pleci

Cara Memilih Bakalan Burung Pleci Berkualitas

Ini adalah cara memilih bakalan burung pleci yang berkualitas bagus yang bisa anda lakukan:

1. Penentuan Jenis Kelamin

Cara memilih bakalan burung pleci yang bagus yaitu harus memilih jenis kelamin yang jantan. Jenis burung pleci yang bagus untuk lomba dan bisa memiliki kicauan yang gacor pada umumnya adalah burung pleci yang berjenis kelamin jantan. Sama halnya dengan jenis burung yang lainnya, pleci yang berjenis kelamin jantan dapat menjadi jawara jika dirawat dengan baik.

2. Usia Bakalan Pleci

Pilihlah bakalan yang usianya lebih muda, tujuannya supaya bisa mencetak pleci yang jawara dimulai dari bakalan yang masih muda. Dan jika anda akan membeli pleci secara ombyokan di pasar burung, sebaiknya anda memilih bakalan pleci yang masih muda. Ciri khas bakalan yang masih muda yaitu struktur kaki yang tampak basah dan tidak solid. Kemudian untuk warna bulu lebih cerah. Biasanya juga memiliki badan yang lebih ramping. Kemudian di bagian ujung paruh di bagian bawah memiliki warna semburat putih.

3. Melihat Ciri fisik

Ciri fisik bakalan pleci yang bagus yaitu harus serasi dari postur badan, leher, kaki dan ekornya. Lalu juga memiliki kaki kering, panjang, serta berjari panjang, kepala berbentuk kotak, dahi lebih menonjol, dan agak besar. Selain itu juga memiliki paruh panjang, lurus, dan pangkal yang lebar, leher panjang dan juga padat berisi. Cara memilih bakalan burung pleci berkualitas bisa anda pilih yang memiliki sayap yang lebar dan mengepit rapat atau simetris. Kemudian juga memiliki mata yang besar, serta agak melotot serta berdiri tegak sebesar 30 hingga 45 derajat. Burung tersebut juga lincah pastinya. Dan perawatan yang baik serta pemberian pakan yang berkualitas akan sangat berpengaruh terhadap kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *