Cara Menjinakkan Hamster Galak
Cara Menjinakkan Hamster Galak

Cara Menjinakkan Hamster Galak

Posted on

KICUIT.com – Hamster, si lucu dan menggemaskan ini, memiliki banyak penggemar. Siapa yang tidak jatuh cinta pada hewan berbulu lembut dan suka berlarian ini? Menjadikannya hewan peliharaan akan membuat Anda lebih rileks dan bebas penat. Hamster juga cukup praktis dipelihara. Tidak makan tempat plus budgeting yang murah! Komplit.

Meski tak ada yang menyangkal keistimewaan binatang pengerat yang satu ini, tapi beberapa pemula mengalami kesulitan untuk menaklukkan hati si hamster. Tak jarang pula mereka yang mendapat hadiah gigitan hamster.

Memang, sama seperti binatang lainnya, hamster juga memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan Anda. Jadi, pandailah mengambil hatinya. Berikut uraian beberapa cara menjinakkan hamster yang galak.

Cara Menjinakkan Hamster Galak

Biarkan Ia Mengenal Rumah Barunya

Saat Anda baru pertama kali memboyong hamster pulang ke rumah, jangan langsung memaksanya bermain. Biarkan beberapa saat sampai ia bisa mengenali tempat barunya. Waktu yang dibutuhkan cukup variatif. Bisa saja 15 menit atau berhari-hari lamanya. Hamster yang telah terbiasa dengan tempat barunya biasaya terlihat menandai spot-spot kandang yang ia senangi. Jadi, kuncinya Anda harus jeli melihat tingkahnya.

Setelah ia terlihat terbiasa, barulah Anda boleh mengajaknya berkenalan dengan diri Anda dan tentunya “bebauan” Anda. Hamster binatang dengan penciuman tajam, ia mengenali Anda dari bau khas Anda.

Cara Menjinakkan Hamster Galak
Cara Menjinakkan Hamster Galak

Beri Ia Sogokan!

Cara menjinakkan hamster selanjutnya adalah dengan memberi ia sogokan. Anda tahu kan? Biji bunga matahari merupakan hal yang paling mereka sukai. Sebenarnya bebijian ini baik hanya saja tak boleh diberikan terlalu sering sebab akan membuat mereka kegendutan. tapi, sebagai sogokan untuk merebuh hatinya, tak ada salahnya bukan?

Taruhlah beberapa biji bunga matahari di telapak tangan Anda dan masukkan tangan Anda ke dalam kandang. Diamkan di situ sampai si hamster mendatangi Anda dan mengambil biji kegemarannya. Jika ini kali pertama, bisa jadi ia masih sangat takut dan baru mulai membaui Anda. Jangan kapok jika Anda tergigit ya. Hal tersebut reaksi yang wajar. Di alam liar, mereka memang terlatih untuk mempertahankan diri dari predator. Ulangi langkah ini sampai ia benar-benar akrab dengan Anda.

Ada beberapa hal yang membuat hamster agresif. Boleh jadi karena perlakuan pemilik sebelumnya, bisa pula dikarenakan ia sering diserang oleh sesama hamster. Mereka binatang yang mudah stress. Cara menjinakkan hamster yang agresif karena stress memang membutuhkan waktu yang relatif lama. Yang diperlukan adalah ketelatenan Anda. Perhatikan juga lingkungan tempat Anda menaruh kandang hamster. Jangan di tempat yang bising dan terkena cahaya matahari penuh. Mereka hewan yang hidup dengan bersembunyi. Membuat mereka “terbuka” adalah cara terbaik untuk mengundang stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *